3 Penyebab Pusing Setelah Makan

cara menghilangkan sakit kepala

Rasa pusing dapat terjadi kapan saja dan ini juga bisa dialami oleh siapa saja, namun pernahkah anda mengalami pusing sesaat setelah makan? Apa ya yang menyebabkan pusing setelah makan? Apakah ini terkait dengan penyakit tertentu?

Pusing bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya karena anda yang terlalu cepat berdiri serta duduk terlalu lama, selain itu ada beberapa faktor lain yang juga mendasarinya.

Faktor Penyebab Sakit Kepala Setelah Makan

  • Hipoglikemi Non Diabetes

Hipoglikemi non diabetes merupakan kondisi langka yang menyebabkan pusing setelah makan karena penurunan gula darah yang tiba-tiba, seseorang yang mengalami hipoglikemi non diabetes akan juga mengalami penurunan gula darah setelah makan karena normalnya gula darah akan naik setelah makan, keadaan ini disebabkan karena tubuh seseorang mengaluarkan insulin terlalu banyak.

Insulin merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk memproses gula darah dan menurunkan kadar glukosa, sehingga ketika kadar glukosa seseorang turun terlalu cepat maka bisa menyebabkan pusing.

  • Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Selain penyakit, ada juga beberapa makanan yang bisa menyebabkan anda merasa pusing, diantaranya seperti makanan yang mengandung alkohol, cokelat, makanan yang mengandung monosodium glutamat, hingga minuman yang mengandung kafein, namun biasanya hal ini dialami oleh seseorang yang tidak cocok mengkonsumsi kafein.

Baca juga : Dampak Terlalu Banyak Menggunakan Smartphone

  • Hipotensi Postprandial

Hipotensi postprandial dapat menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah ke lambung dan usus, dengan begitu maka detak jantung akan berdetak lebih cepat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Umumnya kondisi ini lebih banyak dialami oleh seseorang dengan usia lanjut.

Jika anda mengalami pusing setelah makan dan disertai dengan gejala lain seperti cemas dan sakit dada, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *