4 Persiapan yang Harus Dilakukan Jika Ingin Melahirkan secara Normal

Proses Persalinan Normal Menjadi Pilihan Ibu Hamil

Hamil merupakan sebuah hal yang didambakan oleh pasangan yang sudah menikah. Setelah sah dalam sebuah ikatan rumah tangga, mendapatkan momongan akan menjadi anugerah yang sangat berharga. Wanita pun ingin menjadi ibu seutuhnya dengan memiliki anak. Seiring berkembangnya teknologi, proses kehamilan semakin mudah untuk diawasi. Begitu pula dengan proses melahirkan yang kini bisa dilakukan dengan cara sesar tanpa rasa sakit. Meski demikian, bagi seorang ibu yang sedang mengandung anak pertama, pengalaman melahirkan dengan normal masih diambil sebagai pilihan utama karena pengalaman tersebut dapat meningkatkan ikatan batin ibu, anak, serta sang ayah.

Tips Melahirkan Normal Anak Pertama

Tidak heran jika proses persalinan normal masih sering dipilih meski sesar jauh lebih mudah, singkat, dan aman. Bagi Anda yang berencana untuk melakukan proses melahirkan secara normal, berikut persiapan yang harus dilakukan menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL).

  1. Makanan Bergizi dan Suplemen

Ibu dan bayi harus tetap sehat di tri semester terakhir. Oleh karena itu Anda harus bisa menjaga kesehatan hingga proses melahirkan. Pastikan Anda mendapatkan makanan dengan asupan nutrisi yang cukup. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter kehamilan agar janin tetap sehat hingga menjelang lahir.

  1. Aktif Bergerak

Melahirkan secara normal akan menghabiskan tenaga calon ibu. Maka disarankan bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal untuk lebih aktif menjelang persalinan. Lakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga bisa memperbaiki mood sang ibu karena hormon endorfin akan keluar saat olahraga. Selain itu, olahraga akan membantu memperpanjang fisik dan tarikan nafas dalam proses persalinan. Lari dan renang merupakan olahraga yang dianjurkan menjelang HPL.

  1. Siapkan Mental

Selain persiapan fisik, calon ibu juga dianjurkan untuk mempersiapkan mental menjelang persalinan. Proses persalinan normal cukup menyakitkan, lama, dan terkadang melelahkan karena harus menunggu bukaan. Sang ibu harus sering berpikir positif agar tidak stress. Dianjurkan pula untuk memberikan afirmasi positif agar optimis bisa melahirkan secara normal dengan sehat dan selamat. Tentu saja, dukungan dari suami, keluarga, dan orang sekitar akan sangat membantu menjaga kondisi pikiran wanita.

  1. Periksa Kandungan Seminggu Sekali

Jika sebelumnya Anda hanya melakukan pemeriksaan kandungan selama sebulan sekali, dokter tentu akan menganjurkan Anda untuk melakukan check up minimal seminggu sekali. Tujuannya untuk memantau kondisi janin dalam kandungan. Jika ada tanda-tanda yang tidak beres, maka dokter bisa melakukan tindakan antisipatif yang lebih cepat untuk menyelamatkan ibu dan bayi.

Baca juga : Khasiat Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Menjelang Hari Perkiraan Lahir, tentu sang ibu harus yakin bahwa proses melahirkan normal akan berjalan lancar. Kemantapan hati akan menjadi kunci sukses dalam melahirkan sang buah hati dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *