5 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh untuk Menangkal Penyakit

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang masuk dalam kategori Zingiberaceae. Tanaman ini masih ‘saudara’ dengan gingseng dan juga kunyit. Bahkan berkat manfaat temulawak sebagai obat tradisional yang telah dipercaya turun temurun, tanaman ini juga kerap disebut sebagai The Java Ginger yang tak kalah mujarab dengan gingseng Korea. Tak hanya terkenal di Indonesia, tumbuhan khas pulau Jawa ini pun sudah dikenal hingga mancanegara. Ini berkat kandungan nutrisi yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita.

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Jika Anda sedang memulai gaya hidup sehat, maka Anda bisa memasukkan temulawak ke dalam menu harian. Selama ini, banyak orang mengolah temulawak sebagai minuman hangat yang kerap dicampur dengan jahe, kunyit, kayu manis, dan berbagai jenis rempah lain. Lalu apa kegunaan temulawak untuk kesehatan tubuh kita?

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Tak perlu mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang mengandung bahan campuran. Hanya dengan rutin mengkonsumsi temulawak, maka sistem imun tubuh tidak akan rentan dari berbagai ancaman penyakit. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Melindungi Hati

Bukan, temulawak tidak akan mengobati sakit hati akibat diputus pacar. Temulawak justru memberikan efek yang lebih besar, yakni melindungi hati agar bisa bekerja sesuai fungsinya. Kurkumin, Tumerol, dan Karbinol bisa meningkatkan sekresi empedu sehingga kerja hati lebih ringan dalam menyaring racun di dalam tubuh.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami maagh, temulawak akan membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan. Tak hanya itu saja, temulawak juga bisa mengurangi diare pada anak.

  1. Obat Masuk Angin

Saat anak demam karena masuk angin, temulawak akan menghangatkan tubuh dari dalam sehingga suhu tubuh akan kembali netral. Di saat yang bersamaan, senyawa aktif pada temulawak akan mengatasi perut kembung saat demam.

  1. Mencegah Mutasi Sel Kanker

Sel kanker bisa bermutasi dan menyerang salah satu organ tubuh kita. Dengan mengkonsumsi temulawak yang kaya akan antioksidan, mutasi sel kanker bisa dicegah.

Baca juga : Pengobatan Asam Urat secara Medis dan Obat Tradisional

Itulah 5 khasiat temulawak bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan memanfaatkan tanaman obat, kita bisa menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *