7 Manfaat Berenang ini Jarang Diketahui

manfaat renang gaya dada

Bagi anda yang sudah terbiasa dengan berenang secara teratur maka anda patut berbangga diri, karena banyak sekali manfaat baik dari berenang. Namun bagi anda yang belum terbiasa berenang secara teratur maka anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membiasakan diri berenang secara teratur untuk mendapatkan berbagai manfaat baik dari berenang. Berikut beberapa manfaat berenang bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Berenang akan membantu tidur anda menjadi lebih nyenyak pada malam hari. Dengan tidur yang berkualitas maka di pagi harinya anda akan merasakan tubuh menjadi lebih segar.

  • Membantu Mengelola Stres

Berenang merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stres yang sedang dirasakan. Ketika anda berenang biasanya anda akan merasakan rasa rileks pada tubuh, dengan itu maka biasanya stres akan berkurang,

  • Membantu Membakar Kalori

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kalori dalam tubuh, salah satunya dengan berenang. Seperti yang sudah diketahui, semakin cepat anda berenang maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

  • Untuk Penderita Radang Sendi dan Orang yang Sedang Cedera

Berenang merupakan pilihan olahraga yang cukup aman bagi orang yang sedang dalam masalah medis tertentu, seperti radang sendi atau dalam kondisi cedera. Dengan berenang, rasa sakit yang sedang dirasakan akan berkurang, sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami osteoarthritis akan semakin berkurang rasa nyerinya dan kekakuan sendinya setelah berenang.

Baca juga : Penyebab Penyakit TBC dan Proses Pengobatan TBC selama 6 Bulan

  • Bermanfaat bagi Seluruh Bagian Tubuh

Ketika berenang maka seluruh tubuh akan ikut bergerak, hal ini tentu akan memberikan dampak yang baik bagi seluruh tubuh anda. Berenang juga dampat meningkatkan detak jantung, mengencangkan otot, dan membangun daya tahan tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berenang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Bahkan dengan berenang secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah anda.

  • Olahraga yang Baik bagi Penderita Asma

Bagi anda yang memiliki penyakit asma, berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk anda lakukan, hal ini karena latihan pernapasan yang dilakukan ketika berenang dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu mengendalikan pernapasan anda. Namun dalam lain hal, pastikan anda memilih kolam renang yang tidak mengandung klorin, karena ini justru memberikan dampak negatif bagi tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *