Apa Bedanya Pusing dan Sakit Kepala?

perbedaan pusing, sakit kepala, dan puyeng

Biasanya, orang awam tidak mengerti perbedaan antara pusing dengan sakit kepala. Jadi disini menurut pengertian dari dokter, pusing dan sakit kepala adalah dua hal yang berbeda. Mungkin yang anda maksud pusing dengan yang saya maksud pusing itu berbeda.

Sakit kepala seperti jika sedang bermain bola, kemudian kaki terkena tendangan atau sliding. Lalu, sakitnya yang dirasakan dipindah di kepala, itulah sakit kepala. Kemudian kalau pusing, coba berdiri dan tutup mata, kemudian berputar mungkin 20 kali atau 30 kali, lalu berhenti. Nah, apa yang anda rasakan? Rasanya pasti seperti melayang, kemudian keadaan di sekeliling anda berputar. Kurang lebih seperti itu. Atau dalam bahasa medisnya kita sebut dengan vertigo. Bahkan pada beberapa orang, ada yang sampai mual dan muntah. Itulah yang dimaksud dengan pusing.

Baca juga : Gejala Penyakit yang Menyebabkan Sakit Perut Sebelah Kiri

Kemudian ada satu kata lagi. Puyeng, mirip dengan pusing. Seperti melayang tetapi tidak ada sensasi berputar. Kalau dalam bahasa Inggris, disebut dengan dizziness, Dengan penjelasan diatas semoga anda bisa membedakan antara sakit kepala, pusing, dan puyeng. Kata ‘pusing’ ini juga sering dipakai oleh mereka yang tidak punya uang, atau habis diselingkuhin pacarnya, atau mungkin diputusin pacar. Pusing juga ‘kan? Jadi saran saya bagi anda semua yang mengalami entah itu pusing, sakit kepala, atau puyeng, sebaiknya anda pergi ke dokter. Karena penyebabnya bisa bermacam-macam. Mungkin ada yang kekurangan darah atau Hb’nya rendah dan kita sebut dengan anemia. Atau anda yang sedang stress, atau tekanan darah anda tinggi. Oleh sebab itu, anda wajib ke dokter supaya dapat diperiksa. Berbeda halnya jika anda sudah tahu penyebabnya. “Oh, saya sakit kepala/pusing/puyeng”. Yang mana yang anda maksudkan itu karena stress, maka anda bisa berelaksasi. Misalnya mendengarkan musik, anda hirup aroma terapi, atau roll on, atau essential oil dan lain-lain, ataupun anda bisa jalan-jalan ke pantai dan lain-lain. Jadi ketika stress anda turun, mungkin perasaan pusing tadi akan hilang. Tetapi jika memang penyebabnya adalah karena darah tinggi, karena anemia ataupun penyebab-penyebab lainnya, maka anda wajib ke dokter.

Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat. Saya harapkan anda bisa membedakan antara pusing, sakit kepala, dan puyeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *