Apa yang Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Vitamin B12?

Vitamin B12 capsule. Pill with cobalamin. Dietary supplements.

Tubuh membutuhkan nutrisi yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan organ di dalamnya. Salah satu zat yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatannya adalah vitamin. Zat ini bisa didapatkan dari sari makanan yang dikonsumsi. Vitamin sendiri akan bekerja sesuai tugasnya dalam memastikan tubuh mendapatkan jumlah yang dibutuhkan. Salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh adalah vitamin B12. Bagi Anda yang belum paham, fungsi vitamin B12 adalah membantu produksi sel darah merah sekaligus meningkatkan fungsi sistem saraf.

Dalam istilah lain, vitamin B12 juga dikenal dengan nama Kobalamin. Bagi orang yang sudah berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk memperhatikan kebutuhan vitamin B12 agar tidak terjadi masalah kesehatan. Darah merah merupakan kendaraan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jadi jika tubuh kita kekurangan darah merah, maka pasokan oksigen akan terhambat yang berakibat berkurangnya kerja organ tubuh kita.

6 Tanda Tubuh Kita Kekurangan Vitamin B12

Oleh karena itu, kita diwajibkan mendapatkan pasokan vitamin B12 yang cukup untuk menjaga seluruh kinerja organ tubuh. Sebagai orang awam, tentu kita sulit untuk mendeteksi jumlah vitamin B12 yang kita konsumsi. Cara paling mudah untuk mengetahui gejala kekurangan vitamin B12 adalah dengan memperhatikan tanda-tanda di bawah ini!

  1. Mudah Lelah

Saat tubuh kekurangan vitamin B12, maka produksi sel darah merah akan berkurang. Hasilnya kita bisa terkena anemia dan membuat kita gampang merasa lelah dan juga letih. Tidak peduli apakah Anda mendapatkan istirahat dan makanan yang cukup, Anda akan tetap merasa mudah lelah jika kekurangan darah.

  1. Keseimbangan yang Menurun

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa manfaat vitamin B12 adalah menjaga fungsi sistem saraf. Jika tubuh kekurangan Kobalamin maka fungsi saraf akan terganggu. Salah satu gejalanya adalah keseimbangan dan koordinasi anggota tubuh yang menurun. Bahkan pada beberapa kasus, penderitanya gampang jatuh hingga kehilangan kesadaran. Kasus ini sering terjadi pada lansia yang mengalami defisiensi vitamin B12.

  1. Pandangan yang Kabur

Ciri lain bahwa tubuh membutuhkan asupan vitamin B12 adalah pandangan yang kabur akibat keseimbangan saraf yang terganggu. Kerusakan sistem saraf optik bisa terjadi dan menyebabkan Anda kehilangan pandangan yang jelas. Jika gangguan saraf optik dibarengi dengan gangguan saraf lain maka akan sangat berbahaya bagi penderitanya.

  1. Sariawan

Kurangnya sel darah merah di dalam tubuh mengakibatkan beberapa peradangan di anggota tubuh yang lunak seperti lidah, gusi, dan juga bibir. Penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan sariawan, perubahan warna pada lidah, hingga terjadi pembengkakan di area mulut yang membuat penderitanya sulit untuk makan. Biasanya peradangan tersebut juga dibarengi dengan rasa nyeri.

  1. Kulit Pucat

Tanda lain yang sering terjadi saat seseorang kekurangan vitamin B12 adalah perubahan warna kulit. Jika sebelumnya Anda memiliki kulit yang cerah, maka kekurangan vitamin B12 bisa membuat warna kulit terlihat pucat akibat turunnya produksi sel darah merah. Beruntung jika Anda hanya mengalami kulit pucat karena gejala ini memiliki resiko yang paling minim saat tubuh kekurangan vitamin B12.

  1. Sering Kesemutan

Gejala lain yang biasanya terjadi adalah sering mengalami kesemutan di beberapa anggota tubuh seperti tangan atau kaki. Ini merupakan akibat lain dari gangguan sistem saraf akibat kekurangan vitamin B12.

Baca juga : Informasi Obat Ciprofloxacin; Dosis, Efek Samping, dan Penggunaan

Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B12

Jika Anda sudah mulai mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera cukupi kebutuhan vitamin B12 di dalam tubuh. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B12, antara lain:

  • Kerang dan Kepiting

Dua jenis makanan laut ini mengandung banyak vitamin B12. Selain itu, ada kandungan vitamin lain seperti vitamin A, B, C, dan juga magnesium.

  • Ikan Salmon dan Tuna

Alternatif lain untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 di dalam tubuh adalah dengan mengkoksumsi ikan salmon dan tuna. Dua jenis ikan ini kaya akan omega 3 yang menjaga sistem saraf dan membantu mencukupi kebutuhan vitamin B12 sehari-hari.

  • Susu atau Yogurt

Susu rendah lemak mengandung setidaknya 1,2 mcg vitamin B12 yang cukup untuk memenuhi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika bosan atau tidak suka dengan susu, Anda bisa memilih Yogurt aneka varian rasa yang lebih enak dikonsumsi secara rutin.

  • Ayam dan Telur

Cara paling mudah untuk mencukupi vitamin B12 kita dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengkonsumsi daging ayam atau cukup dengan telur. Ini merupakan pilihan paling realistis dan paling mudah karena harga ayam dan telur yang terjangkau.

Sebagai penutup, pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin B12 agar tidak menggangu produktivitas sel darah merah dan mengganggu sistem saraf. Dengan mencegah defisiensi vitamin B12 maka Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *