Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berolahraga?

Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat BerolahragaSaya sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman maupun dari pasien seperti ,“Dok, sebaiknya sebelum olahraga apakah saya boleh makan?”. Atau “Mana yang lebih baik? Saya makan sebelum olahraga atau setelah olahraga?”. Dan juga masih banyak pertanyaan lainnya seputar olahraga. Disini saya akan membahas hal-hal apa saja yang tidak boleh anda lakukan ketika akan mulai berolahraga.

Hindari Ini Saat Akan Memulai Olahraga

  • Jangan Makan Terlalu Kenyang

Jika anda makan terlalu kenyang ketika akan berolahraga, yang terjadi adalah perut anda terasa kram. Jadi, anda bisa cek dulu mau olahraga apa. Misalkan anda ingin lari. Pada saat anda makan terlalu kenyang, yang terjadi adalah organ pencernaananda aktif, dan akhirnya yang terjadi anda akan mengalami kram perut. Pada saat di tengah-tengah anda lari, perut anda terasa kram. Hal ini juga berlaku untuk olahraga-olahraga lain yang membutuhkan banyak tenaga fisik. Contohnya seperti lari, lompat, kemudian olahraga ngegym, misalnya. Jadi, anda boleh makan. Tetapi, lihat dulu jenis makanan anda dan lihat juga jumlah makanan anda. Terkecuali anda olahraga catur. Kalau main catur, anda tinggal duduk, buka papan, dan anda tinggal main. Walaupun perut anda kenyang, silahkan saja main catur. Tetapi kalau olahraga yang menggunakan fisik/menggunakan tenaga, maka anda harus membatasi jumlah makanan anda dan pemilihan jenis makanan anda. Lalu Bolehkah Makan Setelah Olahraga? Anda boleh makan setelah olahraga. Tetapi, jangan makan secara terburu-buru. Dan sebaiknya, isi dulu cairan tubuh anda, barulah anda makan.

  • Jangan Makan Makanan yang Pedas dan Gorengan

Jika anda makan makanan yang pedas dan gorengan tadi, maka hal ini akan membuat pencernaan anda bekerja lebih berat. Dan pada saat anda lari, bermain sepak bola atau bermain badminton, yang terjadi adalah penumpukan gas di dalam lambung anda. Kemudian gas ini terdorong ke atas. Akhirnya, anda mengalami heartburn. Jadi, dada akan terasa panas.

  • Tidak Boleh Mengkonsumsi Cairan Terlalu Banyak

Memang benar ketika kita melakukan olahraga, kita mengeluarkan keringat. Misalkan anda lari, anda bermain sepak bola, kemudian anda berkeringat, baju jadi basah dan perlu mengisi cairan yang sebelumnya hilang. Tetapi juga tidak boleh dalam jumlah yang berlebihan. Karena hal itu dapat membebani lambung anda pada saat lari nanti. Dan ginjal anda pun membutuhkan proses/membutuhkan waktu untuk mengeluarkan cairan tersebut. Sebaiknya, anda mengisi cairan 1 sampai 1,5 atau 2 gelas, tergantung kondisi tubuh anda masing-masing. Jika tubuh anda besar, mungkin kapasitas lambung anda lebih besar. Jadi, silahkan minum secukupnya.

Baca Juga : Apa Obat Alami Penurun Kolesterol?

  • Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Jangan sampai pada saat anda olahraga, anda sudah mabuk. Sehingga anda tidak bisa berkonsentrasi lagi untuk olahraga anda. Jadi walaupun tidak sampai mabuk, sebaiknya jangan mengkonsumsi alkohol. Karena hal ini dapat mengakibatkan tubuh anda cepat lelah.

  • Jangan Berhubungan Seks

Jadi, hal ini berlaku untuk anda semua yang sudah menikah. Bagi yang sudah punya pasangan, sebaiknya jika anda ingin berolahraga, terutama bagi anda yang ingin berolahraga dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Contohnya seperti gym, kemudian sepak bola. Lalu, mengapa tidak boleh melakukan hubungan seksual sebelum melakukan olahraga?. Hal ini kembali lagi pada olahraga jenis apa yang akan anda lakukan. Jika anda ingin melakukan olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra, menguras fisik berlebih,. maka sebaiknya anda tidak melakukan hubungan seksual. Karena pada saat anda melakukan hubungan seksual, otak anda akan me’release atau menghasilkan hormon-hormon yang membuat tubuh anda menjadi relaksasi. Akhirnya pada saat anda melakukan olahraga, energi anda tidak maksimal. Stamina anda tidak maksimal. Mungkin anda akan merasa lemas karena sebelumnya anda melakukan hubungan seksual.

Jadi, ada 5 hal yang tidak boleh anda lakukan saat anda akan memulai olahraga. Dan bagi anda yang akan memulai olahraga, lakukan pemanasan yang baik terlebih dahulu, dan pilihlah makanan yang baik. Bagi anda yang ingin melakukan olahraga dan aktivitas ini ‘baru’ untuk anda, sebaiknya anda ditemani trainer atau coach. karena saya tidak ingin anda semua mengalami cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *