Apakah Makanan yang Anda Anggap Sehat itu Sehat?

bisnis katering makanan sehat peminatnya kian meningkat

beberapa dari kita apabila pergi ke restoran atau memasak sendiri, kalau ditanya : “menu makanan apa yang anda masak?”. “Saya memasak makanan sehat”. Atau “Saya mau pergi ke restoran makanan sehat”. Biasanya, apa yang terpikirkan di pikiran anda ketika ingin makan makanan sehat atau minum minuman sehat?. Yang pertama mungkin adalah salad, dan yang kedua jus. Sekarang kita bahas ya. Yang pertama adalah salad. Jika salad tersebut hanya berisi buah dan sayuran, memang sehat untuk tubuh anda. Kalorinya juga rendah, terutama untuk anda yang melakukan program diet. Namun kebanyakan di restoran atau di tempat-tempat makan, ataupun anda buat sendiri, biasanya anda beri sayuran mentah seperti seledri, timun, tomat, dan berbagai macam buah-buahan lain. Tetapi, ada satu yang membuatnya menjadi tidak sehat. Bukan cuma satu, tapi ada beberapa. Yaitu topping’nya. Siapa disini yang ketika makan atau membuat salad diberi topping macam-macam?. Ada keju, ada daging asap, ada susu kental manis, atau anda tambahkan sirup. Sebenarnya hal inilah yang membuat makanan tersebut menjadi tidak sehat lagi.

Jadi apabila kita hitung secara kalori, kalori rata-rata orang di Indonesia itu kalau wanita sekitar 1500. Sedangkan pria sekitar 2000 sampai 2500. Jika anda makan dalam porsi yang besar, lalu anda beri full topping keju, susu kental manis, ditambah lagi mayonaisse, maupun daging asap, dan berapa jumlah kalorinya? Kurang lebih sekitar 1000 kalori. Jadi, salad itu sudah menghabiskan separuh jatah makanan anda, bagi anda yang memiliki jatah 2000 kalori. Apabila jatah kalori anda 1500, maka sudah menghabiskan 2/3’nya. Jadi apabila sudah makan sebanyak itu dan ditambah lagi yang lainnya, maka anda akan kelebihan kalori dalam satu hari.

Kemudian yang kedua adalah jus. Biasanya, anda mengejar lemak baik dari jus alpukat. Namun anda tambah lagi dengan susu cokelat, susu kental manis, maupun dengan gula. Akhirnya, jumlah kalorinya naik dan konsumsi gula anda akan berlebihan. Jadi akhirnya, makanan-makanan yang seharusnya baik tadi jika kelebihan gula atau kelebihan lemak, maka menjadi tidak baik. Kebanyakan bukan lemaknya yang kelebihan, tetapi gulanya. Kalorinya bersumber dari gula.

Baca juga : Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berolahraga?

Sebenarnya, tubuh kita tidak membutuhkan gula dalam jumlah yang sangat besar. Namun, terkadang orang tidak suka makan sayuran atau salad jika tidak ada rasa gulanya. Atau misalkan minum susu soya, atau susu apapun. Biasanya ditambahkan gula lagi supaya terasa lebih nikmat. Jadi, gula ini sebenarnya sudah tidak ada manfaatnya lagi. Apalagi gula yang direfinasi itu hanya memberikan rasa saja. Hanya memberikan rasa dan tidak ada manfaat lainnya. Jika anda membeli makanan kemasan, coba anda cek dulu. Anda bisa lihat berapa kadar gulanya. Anda bisa hitung sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *