Apakah yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa?

manfaat puasa diantaranya adalah mencegah kanker dan menyembuhkan masalah pencernaan

Secara umum, puasa itu adalah tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jangka waktu tertentu. Jadi, ada rentang waktunya. Dan puasa ini sudah dilakukan dari ribuan tahun yang lalu dari berbagai negara dan berbagai teritorial. Untuk berpuasa sendiri, setiap orang menjalankan puasa dengan berbagai macam alasan. Ada yang alasannya untuk diet, membentuk tubuh supaya lebih ramping, dengan alasan agama, dan spiritual.

Puasa sendiri sebenarnya mempunyai banyak manfaat. Jadi mungkin bagi anda yang punya masalah pencernaan, kemudian ingin mencegah kanker. Jadi, puasa adalah salah satu teknik yang dapat anda gunakan. Untuk berpuasa, banyak orang yang bertanya ,“Dok, apa yang tidak boleh saya lakukan saat saya berpuasa?”. Atau “Dok, saya harus buka dengan apa?”. Jadi, apa saja yang tidak boleh kita lakukan saat berpuasa? Jika anda mencari di internet, jawabannya adalah tidak boleh bohong, tidak boleh makan, tidak boleh minum, tidak boleh memfitnah orang, tidak boleh menonton pornografi. Wait, Itu semua untuk alasan spiritual atau untuk alasan agama. Tapi yang kita bahas kali ini adalah alasan kesehatan.

Hindari Hal Ini Saat Sedang Berpuasa

  • Jangan Melakukan Olahraga Ekstrim

Jadi untuk sahabat zona sehat yang suka dengan olahraga ekstrim, misalnya triathlon atau marathon, olahraga menggunakan pakaian double, pakaiannya rangkap,  dan pakai jas hujan dari plastik supaya cairan dari tubuh keluar lebih banyak. Pada saat berpuasa, jangan lakukan hal demikian. Mengapa? Jadi pada saat berpuasa, anda tidak makan dan tidak minum. Terkecuali anda masih minum, maka silahkan lakukan itu. Namun, saran saya jangan olahraga terlalu ekstrim pada saat anda tidak minum. Jadi pada saat keluar keringat terlalu banyak karena olahraga ekstrim tadi, akhirnya anda tidak bisa mengganti cairan tubuh anda yang hilang karena anda sedang berpuasa. Lebih baik, anda mengurangi tingkat olahraga anda. Mungkin bagi yang suka lari puluhan kilometer, bisa anda ubah menjadi lebih sedikit. Atau mungkin bisa dikurangi.

  • Jangan Bekerja di Bawah Terik Matahari

Jadi bagi anda yang bekerja di outdoor, yang seharian harus dijemur di terik matahari, sebaiknya anda pikirkan dulu. Apakah anda harus mencari pekerjaan yang lain di dalam kantor yang tidak terlalu lama terkena sinar matahari, atau sebaiknya anda tidak berpuasa dulu sampai anda menemukan pekerjaan yang tadi saya sarankan. Mengapa demikian? Alasannya sama. Dihawatirkan anda mengalami dehidrasi. Walaupun anda kerjanya tidak terlalu ekstra, tetapi ketika dijemur matahari, ketika terkena terik matahari, cairan akan menguap melalui kulit anda. Melalui nafas dan melalui kulit sehingga anda akan merasa lebih haus, kemudian anda harus minum. Jadi untuk kasus ini, sebaiknya anda ganti pekerjaan dulu jika ingin puasa.

  • Jangan Mengkonsumsi Kafein

Hindarilah makanan-makanan yang mengandung kafein tinggi atau minuman yang tinggi kafein. Mengapa?. Karena kafein mempunyai efek diuretik. Misalkan anda habis nongkrong dengan teman anda di cafe, tidak lama kemudian anda harus ke kamar mandi. Bahkan ada yang bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Itulah efek diuretik. Efek diuretik itu adalah tubuh anda akan membuang cairan lewat urine. Ketika anda puasa, misalkan pagi anda minum kopi, lalu anda puasa. Akhirnya, anda bolak balik buang air kecil dan tubuh anda akan kekurangan cairan. Maka, anda harus mengisinya kembali. Saran saya kurangi atau berhentilah mengkonsumsi kafein ketika anda puasa.

  • Tidak Semua Makanan atau Minuman Manis Boleh Dikonsumsi

Sebaiknya anda memilih makanan yang indeks glikemiknya rendah, bukan yang tinggi. Yang tinggi itu seperti sirup atau permen. Sehingga tubuh anda mudah sekali menyerapnya. Jadi ketika anda ingin buka puasa, saran saya adalah minum dulu air hangat satu atau dua gelas. Kemudian anda boleh makan makanan yang manis, tetapi mengandung serat supaya tubuh anda tidak menyerap terlalu cepat. ketika anda puasa seharian, otomatis pankreas anda tidak menghasilkan insulin. Namun tiba-tiba anda isi cairan yang manis, yang kadar gulanya tinggi. Akhirnya, pankreas anda akan kaget dan akhirnya menghasilkan insulin dalam jumlah besar. Yang diharapkan dengan anda mengkonsumsi makanan yang GI atau indeks glikemiknya rendah adalah agar penyerapan gulanya terjadi secara perlahan-lahan. Akhirnya, pankreas anda akan melepaskan insulin secara bertahap dan tidak kaget.

Baca juga : Fungsi Tramadol, Dosis yang Direkomendasikan, dan Efek Samping Obat

  • Makan Gorengan

konsumsi air terlebih dulu, barulah anda makan gorengan. Jika anda ingin makan gorengan, silahkan. Tetapi, jangan terlalu banyak. Biasanya mereka mengkonsumsi gorengan dan sambalnya atau cabe. Ada yang dicocol dan ada yang digigit. Mengapa tidak boleh? Yang pertama, hal ini bisa menyebabkan anda radang tenggorokan. Yang kedua untuk anda yang sakit maag, hal ini bisa memperparah sakit maag anda atau sakit lambung. Saran saya, kurangi pedasnya dan kurangi jumlah gorengannya. Namun bukannya mutlak tidak boleh. Tetapi harus anda kurangi.

  • Setelah Makan Kenyang Langsung Tidur

Mungkin anda berpikir, “Saya sudah berpuasa seharian. Sekarang sudah waktunya buka, saya mau balas dendam. Makan, setelah itu langsung tidur!” Istirahat supaya besok bisa puasa lagi. Jadi bagi anda yang habis makan dan masih kenyang, sebaiknya jangan tidur dulu. Mengapa? Ketika anda dalam posisi duduk atau berdiri, maka makanan mengikuti hukum gravitasi, yaitu makanan akan turun ke bawah.

Ketika berbaring, makanan itu akan kembali ke atas. Dan hal ini dapat menyebabkan bagian dada anda panas atau kita sebut dengan GERD. Terutama pada mereka-mereka yang katup LES’nya lemah. LES itu apa? Lower esophageal sphincter. Terdapat katup di antara tenggorokan anda dan lambung anda. Jadi ketika anda makan, katup itu akan terbuka. Kemudian makanan akan masuk. Jadi pada saat anda makan, katup itu akan terbuka. Lalu ketika anda selesai makan, katupnya akan tertutup kembali. Ketika anda tidur, katup ini akan terdesak. Akhirnya, makanan yang anda makan tadi akan naik kembali ke atas. Apalagi jika anda terlalu kenyang. Jadi, makan itu jangan sampai terlalu kenyang. Kalau bisa 70% saja. Berhentilah sebelum anda kenyang.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada anda semua yang sedang berpuasa atau yang sekarang sedang bersiap-siap untuk nantinya berpuasa. Siapkan diri anda. Semoga anda bisa menjalankan puasa dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *