Bahaya dan Penyebab Makan Sabun dan Tanah

apa yang terjadi jika meminum sabun

Pernahkah anda melihat atau mendengar seseorang mengkonsumsi sesuatu yang tidak lazim dikonsumsi? Misalnya seperti sabun, kotoran atau cat. Hal ini memang terdengar tidak lazim, namun nyatanya ada beberapa orang yang terbiasa mengkonsumsi beberapa jenis benda yang tidak boleh dikonsumsi. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Apa yang membuat seseorang bisa memakannya?

Orang-orang dengan kelainan PICA, secara kompulsif memakan makanan yang tidak memiliki nilai gizi bahkan mengkonsumsi sesuatu yang bisa membahayakan tubuh mereka. Gangguan ini biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak atau wanita hamil, selain itu gangguan ini juga biasanya bersifat sementara. Pica juga bisa dialami oleh seseorang dengan masalah intelektual. Orang dengan PICA akan mengkonsumsi non makanan secara teratur, perilaku ini setidaknya harus berlangsung selama satu bulan untuk dikatakan mengalami PICA.

Orang dengan kelainan PICA akan mengkonsusmi benda yang tidak lazim seperti sabun mandi, cat, tanah liat, rambut, pasir, abu rokok, lem, kapur, serta beberapa jenis non makanan lainnya. Lalu apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami hal ini? Sebenarnya tidak ada satupun yang menyebabkan seseorang mengalami pica, namun beberapa kasus dikaitkan dengan kekurangan zat besi atau nutrisi lainnya, selain itu hal ini juga akibat dari ibu hamil yang sedang mengalami ngidam.

Baca juga : 7 Manfaat Berenang ini Jarang Diketahui

Pica juga dapat dialami oleh seseorang dengan skizofrenia atau dengan masalah obsessive kompulsif, beberpa orang yang mengkonsumsi barang non makanan ini terkadang menikmati rasa serta teksturnya. Seseorang dengan kelainan pica juga bisa mengalami komplikasi atau masalah medis lain seperti keracunan, infeksi parasit, dan penyumbatan pada usus.

Cara untuk mengobati pica biasanya dokter akan terlebih dahulu mengobati komplikasi yang dialami penderita, mengingat benda-benda yang dikonsumsi merupakan non makanan yang tidak layak masuk ke dalam tubuh manusia, selanjutnya dokter juga akan melakukan evaluasi psikologis apakah pasien memiliki masalah mental tertentu atau gangguan jiwa lain. Untuk mencegah anak anda mengalami PICA sebaiknya anda sebagai orang tua mengawasi setiap makanan yang akan dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *