Bahaya Karena Sering Tidur Berlebihan

cara mengatasi tidur yang berlebihan

Sebelumnya perlu diketahui, waktu tidur setiap hari akan berbeda-beda, hal tersebut tergantung dari tingkat usia hingga tingkat aktifitas. Namun bagi orang dewasa, waktu tidur ditetapkan selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Sesekali tidur berlebihan tidak bermasalah bagi kesehatan. Namun jika secara konsisten tidur berlebihan setiap hari, maka bisa jadi hal ini akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Kondisi tidur berlebihan ini juga disebut dengan Hypersomnia. Orang dengan Hypersomnia juga tidur berkali-kali sepanjang hari, misalnya saat siang hari setelah melakukan aktifitas.

Seseorang yang mengalami hypersomnia tidak merasakan kesegaran pada tubuhnya setelah bangun tidur. Berbeda dengan seseorang yang tidak mengalami hypersomnia yang merasa segar kembali setelah bangun tidur. Selain itu, tidur berlebihan atau hypersomnia ini juga disertai dengan gejala lain seperti merasa cemas, gelisah, kehilangan mafsu makan, hingga mengalami masalah memori.

Lalu apa yang menyebabkan seseorang dapat mengalami hypersomnia? Keadaan ini diakibatkan oleh berbagai macam hal, diantaranya disfungsi sistem saraf otonom, penyalahgunaan narkoba, konsumsi alkohol hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu kondisi kelebihan waktu tidur ini juga berkaitan dengan beberapa penyakit, diantaranya masalah tiroid, jantung, sleep apnea, dan depresi.

Tidur berlebihan juga memiliki dampak lain terhadap tubuh, seperti kegelisahan, energi berkurang, sakit kepala, kegemukan, diabetes hingga sakit punggung. Namun anda tidak perlu khawatir, masalah tidur yang berlebihan ini dapat ditangani dengan mencoba memperbaiki waktu tidur agar tidur anda menjadi lebih ideal dan sehat.

Cara untuk Mengatasi Tidur Berlebihan

  • Atur Jadwal Tidur

Anda bisa mengatur pukul berapa anda tidur dan pukul berapa anda bangun tidur, dan pastikan hal ini anda lakukan setiap hari. Cara yang dapat anda lakukan untuk bangun di waktu yang sama yaitu dengan memasang alarm didekat anda tidur.

  • Buat Kamar Tidur Nyaman

Kamar tidur yang nyaman bisa menjadi salah satu faktor mendapatkan kenyamanan saat tidur, dan pastikan kamar anda dalam keadaan sejuk, gelap, tenang, dan mungkin aroma therapy bisa membantu anda untuk relaksasi.

Baca juga : Ternyata Cara Berhenti Merokok Tidak Sesulit yang Dibayangkan

  • Tidak Menggunakan Perangkat Elektronik

Cahaya elektronik pada malam hari dapat memancarakan cahaya biru yang dapat mengganggu tidur anda. Dengan begitu sebaiknya batasi penggunaan alat elektronik seperti ponsel, televisi maupun komputer atau laptop.

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat

Untuk mendapatkan gaya hidup sehat, anda bisa berolahraga secara teratur dan sebaiknya hindari asupan kafein beberapa saat sebelum tidur, karena hal ini dapat mengganggu tidur anda bahkan membuat menjadi sulit terlelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *