Bahaya Penyakit Kolesterol Tinggi dan Obat Penurun Kolesterol Terbaik

Lakukan Cek Kolesterol secara Rutin

Pola makan yang tidak sehat kerap menjadi pemicu utama masalah kesehatan manusia. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berminyak, kaya akan penyedap rasa, ataupun makanan dengan kandungan gula yang tinggi memang sulit untuk dihindari. Rasa manis maupun asin dari penyedap seolah menjadi candu yang membuat kita ingin mencoba lagi dan lagi. Hingga akhirnya, kita tidak menyadari bahwa apa yang sering kita makan berkembang menjadi penyakit berbahaya di dalam tubuh seperti kolesterol, gula, ataupun gangguan pada hati.

Dari sekian banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh makanan, kolesterol menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami manusia. Kolesterol merupakan sejenis lemak yang berbentuk seperti lilin yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi yang cukup. Kolesterol sendiri beredar ke seluruh tubuh melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Nama terakhir merupakan gabungan dari lemak yang ada di bagian dalam dan kaya akan protein di bagian luar. Oleh karena itu, selama ini kita mengenal dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh kita.

High Density Lipoprotein (HDL) dikenal sebagai kolesterol baik yang mudah dicerna oleh hati. Jumlah HDL yang lebih tinggi merupakan sebuah pertanda bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang baik karena kolesterol normal. Sedangkan yang kedua adalah Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang disebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol jenis inilah yang kerap menyumbat pembuluh darah karena sulit untuk dicerna dengan sempurna. Sebagai akibatnya, tubuh kita akan mengalami masalah kesehatan yang memberikan dampak besar.

4 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Sebenarnya, tidak ada gejala kolesterol yang pasti karena ciri ciri kolesterol sulit terdeteksi. Oleh karena itu, terkadang kita baru merasakan dampaknya ketika sudah terjadi komplikasi dan menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Beberapa penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi antara lain:

  1. Jantung Koroner

Kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah bisa menyebabkan penyumbatan berupa plak yang disebut aterosklerosis. Akibatnya, pembuluh darah menjadi sempit dan mengganggu proses peredaran darah ke jantung. Penderita akan merasakan nyeri di dada yang sangat sakit. Apalagi jika pembuluh darah sudah semakin menyempit karena bertumpuknya kolesterol di pembuluh arteri.

  1. Stroke

Jika Jantung Koroner terjadi karena adanya penyumbatan darah di pembuluh, Stroke bisa saja terjadi jika penyumbatan berlangsung di salah satu bagian otak. Penyumbatan ini bisa menyebabkan matinya sel saraf otak sehingga sensor pada otak terganggu dan penderita mengalami lumpuh sebagian atau bahkan semuanya.

  1. Diabetes

Kolesterol juga berhubungan erat dengan penyakit diabetes yang diakibatkan karena tingginya kandungan gula di dalam darah. Kombinasi keduanya bisa berubah menjadi penyakit yang sangat mematikan dan sulit untuk disembuhkan.

  1. Hipertensi

Penyempitan pada pembuluh darah yang semakin menyempit membuat jantung harus bekerja kerasa saat memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan yang dilakukan jantung pun meningkat sehingga membuat tekanan darah juga naik yang berakibat pada Hipertensi atau darah tinggi.

Baca juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa dan Anak Kecil

Dengan melihat betapa bahayanya masalah kesehatan yang satu ini, ada baiknya untuk menjaga asupan yang kita makan. Ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama adalah memilih makanan penurun kolesterol yang akan menjadi cara alami. Sedangkan yang kedua Anda memerlukan obat kolesterol jika masalah ini berkembang menjadi masalah kesehatan lain.

Makanan Penurun Kolesterol Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Alami dengan Makanan Sehat

Bagi Anda yang ingin memulai pola hidup sehat dan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, Anda bisa mencoba untuk mengganti pola makan yang lebih sehat. Pastikan Anda rajin mengkonsumsi makanan penurun kolesterol di bawah ini:

  1. Minyak Zaitun

Mulailah dengan mengganti minyak goreng Anda dengan minyak Zaitun yang tidak mengandung kolesterol tinggi. Terbuat dari buah Zaitun, minyak ini justru kaya akan vitamin E dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Minyak Zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

  1. Ikan Salmon

Ikan yang satu ini dikenal memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi dan berguna dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, Salmon juga kaya akan EPA dan DHA yang berguna bagi kesehatan otak dan jantung. Riset menunjukkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi ikan Salmon seminggu sekali bisa mengurangi kolesterol di dalam tubuh secara efektif.

  1. Buah Alpukat

Kandungan beta-sistosterol pada Alpukat berfungsi untuk mengurangi lemak jahat pada makanan. Alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh yang akan membantu meningkatkan HDL di dalam tubuh.

  1. Kacang-Kacangan

Anda bisa memilih berbagai jenis kacang seperti Almond, Kacang Merah, Kacang Hijau, atau jenis lain sebagai camilan sehat. Kacang-kacangan mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, hingga anti-oksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Dengan rajin mengkonsumsi beberapa makanan dan buah penurun kolesterol di atas, maka produksi lemak jahat pada tubuh bisa ditekan.

Obat Kolesterol di Apotek

Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi, ada baiknya untuk memulai mengkonsumsi obat kolesterol agar bisa menurunkan kadar tersebut secara signifikan. Beberapa jenis obat untuk kolesterol yang kerap diresepkan oleh dokter antara lain:

  1. Obat dengan Kandungan Niasin

Beberapa obat yang mengandung Niasin seperti Niaspan atau Nicoar kerap diresepkan sebagai obat penurun kolesterol oleh dokter. Obat ini mengandung vitamin B3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Akan tetapi, waspadai gejala efek samping obat seperti kesemutan, sakit kepala, hingga gatal-gatal.

  1. Obat dengan Kandungan Fibrate

Penderita yang punya kadar trigliserida tinggi biasanya akan direkomendasikan untuk rajin mengkonsumsi Fenofibrate dan Gemfibrozil. Obat jenis ini akan membantu untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

  1. Obat Jenis Statin

Obat ini dikenal sejak lama sebagai penurun kolesterol yang ampuh, aman, dan juga efektif. Beberapa obat jenis Statin seperti Fluvastatin, Pravastatin, Atorvastatin, dan lain sebagainya kerap menjadi obat pertama yang direkomendasikan dokter. Namun perlu diketahui pula beberapa efek samping obat ini.

  1. PCSK9 Inhibitors

Sebagai obat penurun kolesterol jenis baru, obat ini akan membantu mengeluarkan LDL dari dalam darah. Karena obat jenis baru, Anda pun harus mencari tahu lebih banyak tentang efek samping obat ini.

  1. Obat Pengikat Asam Empedu

Pilihan lain untuk menurunkan kolesterol adalah obat pengikat asam empedu. Cara kerja obat ini adalah mengikat asam empedu agar tidak terserap kembali oleh darah. Dengan demikian, kolesterol pada darah bisa diminimalisir.

Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi obat penurun kolesterol di apotek, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui obat jenis apa yang tepat dan minim efek samping. Mengatasi penyakit kolesterol dibutuhkan kesabaran dan ketelitian agar masalah ini tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *