Bahaya Penyakit Ruam Merah pada Tubuh

ruam pada kulit dewasa

Ruam merupakan perubahan tekstur dan warna yang terjadi pada kulit, ruam di tubuh bisa terjadi pada sebagian kecil bagian tubuh saja dan bisa juga meluas ke beberapa bagian tubuh yang lain. Ruam bisa berwarna merah, bersisik, bergelombang, halus, retak, melepuh, gatal, hingga sakit.

Ruam pada kulit bisa terjadi pada siapa saja dan juga biasanya bukan merupakan kondisi yang serius sehingga tidak membutuhkan perawatan serta akan hilang dengan sendirinya. Ruam juga dapat mengindikasikan bahwa keadaan tersebut merupakan kondisi yang serius sehingga membutuhkan perawatan yang serius juga.

Penyebab Seseorang Bisa Mengalami Ruam

  • Kondisi Autoimun

Kondisi ini terjadi ketika kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan yang sehat, penyakit autoimun ini memiliki beberapa jenis, diantaranya bisa menimbulkan ruam pada kulit. Misalnya penyakit lupus, seseorang yang menderita penyakit autoimun seperti lupus akan muncul ruam berbentuk kupu-kupu di wajah.

  • Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan peradangan yang menimbulkan ruam pada kulit dan diakibatkan oleh adanya kontak langsung dengan zat atau benda tertentu. Zat atau benda tertentu yang biasa menjadi penyebab terjadinya dermatitis kontak seperti pewarna pakaian, produk kecantikan hingga bahan kimia seperti karet atau latex. Dermatitis kontak dapat sembuh atau hilang dengan sendirinya serta penyakit ini tidak menular.

  • Infeksi

Infeksi dapat disebabkan oleh virus, bakteri hingga jamur. Infeksi menimbulkan ruam yang bervariasi tergantung pada jenis infeksinya. Misalnya kandidiasis, yaitu infeksi jamur umum yang biasanya menyebabkan ruam gatal dan umumnya muncul pada daerah lipatan kulit. Jika anda mengalami hal ini, sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan cepat.

Baca juga : Ubah Kebiasaan Pagi untuk Menurunkan Berat Badan secara Instan

  • Impetigo

Impetigo merupakan infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuh berisi cairan, hal ini lebih umum terjadi pada anak-anak atau bayi, keadaan ini juga biasanya terjadi pada daerah mulut, dagu, dan hidung.

  • Ruam Popok

Ruam popok terjadi pada bayi yang secara teratur menggunakan popok. Ruam ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada kulit, seperti rasa terbakar dan kemerahan pada daerah kulit yang bersentuhan langsung dengan popok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *