Cara Cek Gula Darah dan Batas Normal Kadar Gula Darah

Cara Cek Gula Darah di Dalam Tubuh

Fakta menunjukan bahwa negara kita dikenal memiliki jumlah penderita diabetes terbanak nomer 4 di dunia. Tentu saja ini bukan sebuah prestasi yang bisa dibanggakan karena diabetes sendiri dikenal sebagai salah satu penyebab penyakit berbahaya yang kerap merenggut nyawa penderitanya. Diabetes sendiri terjadi karena kadar gula yang berada di atas normal. Sebagai akibat penimbunan glukosa di dalam tubuh terlalu banyak hingga akhirnya bercampur dengan darah, kombinasi tersebut bisa menimbulkan berbagai jenis gangguan organ tubuh. Oleh karena itu, kita harus mengetahui batas normal gula darah kolesterol dan asam urat, serta berbagai kadar kandungan senyawa lain di dalam tubuh kita sebagai tolak ukur kesehatan.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengupas tentang kadar gula darah normal dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan tubuh kita. Pada dasarnya, glukosa menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Kadar gula darah dikendalikan oleh insulin agar bisa diserap oleh tubuh secara normal. Diabetes terjadi sebagai akibat pankreas yang tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai kadar kebutuhan tubuh sehingga penyerapan glukosa terganggu. Kadar gula darah yang tinggi akhirnya mengganggu kesehatan dan menjadi pintu gerbang bagi penyakit lain yang sering menjadi komplikasi diabetes.

Kadar Gula Darah Normal

Untuk mengetahui kadar gula darah di dalam tubuh, maka Anda harus melakukan cek gula darah untuk mengetahuinya. Hanya dengan cara itulah Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya. Pengukuran kadar gula darah disesuaikan dengan jenis tes yang dilakukan, seperti:

  • Gula Darah Puasa (GDP)

Tes ini dilakukan dengan mengukur kadar gula darah seseorang yang melakukan puasa selama 8 jam. Saat puasa sebelum tes GDP biasanya Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi air putih. Menurut indeks ini, kadar gula normal berada di angka 108mg/dl. Jika kadar gula darah berada di atas 125 mg/dl, maka Anda bisa dikategorikan menderita diabetes.

  • Gula Darah 2 jam Postprandial (GD2PP)

Metode pengukuran ini dilakukan 2 jam setelah makan. Tes dilakukan guna melihat apakah penderita diabetes telah memilih asupan makanan yang tepat. Mengatur asupan makan bertujuan untuk menjaga kadar insulin di dalam tubuh. Dalam tes GD2PP ini, kadar gula darah normal berada di angka kurang dari 140 mg/dl. Jika hasil tes menunjukan di atas angka tersebut maka masuk dalam kategori Pre-Diabetes atau bahkan Diabetes jika melebihi 200 mg/dl.

  • Gula Darah Sewaktu (GDS)

Ini merupakan tes yang bisa dilakukan kapan saja dan tidak berdasar kegiatan tertentu. Tes acak ini bisa menunjukan apakah seseorang berpotensi terkena diabetes atau tidak. Berdasarkan indeks GDS, kadar gula darah normal adalah di bawah 200 mg/dl.

  • Hemoglobin A1c (HbA1c)

Terakhir, tes ini dilakukan guna melihat seberapa banyak kandungan gula pada sel darah Anda. Biasanya dilakukan pada seseorang yang sudah terkena diabetes dengan cek rutin selama 3 bulan terakhir.

Itulah beberapa metode yang bisa dilakukan sebagai cara mengukur gula darah normal di dalam tubuh kita. Perlu diketahui bahwa kadar gula darah bisa berubah sepanjang waktu tergantung dengan apa yang Anda makan.

Tips Mencegah Gula Darah Naik

Jika Anda memiliki potensi untuk terkena diabetes, maka Anda harus benar-benar menjaga asupan makanan dan aktivitas yang rutin dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dipilih guna mencegah kadar gula darah naik secara tiba-tiba.

  1. Pola Makan

Pola makan menjadi faktor utama yang bisa membuat kadar gula darah naik. Anda harus mengurangi makanan manis dan yang mengandung banyak gula agar mencegah naiknya gula darah.

  1. Olahraga

Anda juga harus mulai rutin melakukan olahraga agar metabolism tubuh tetap terjaga. Olahraga bisa membantu membakar lemak dan meminimalisir naiknya gula darah tiba-tiba.

  1. Hindari Stress

Stress juga bisa menjadi penyebab naiknya kadar gula darah di dalam tubuh. Pastikan Anda tidak memiliki banyak beban pikiran yang berujung pada stress berkelanjutan.

Demikain informasi tentang kadar gula darah dan bagaimana cara melakukan cek darah sesuai dengan metode yang dilakukan. Jaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes yang mematikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *