Cara Kurangi Porsi Makan Untuk Diet Tanpa Lapar

cara menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang berusaha untuk diet, mungkin berbagai cara telah anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan, mungkin juga salah satu cara yang anda lakukan yaitu dengan mengurangi porsi makan setiap harinya. Mengurangi porsi makan setiap hari secara teratur tentu akan membuat rasa lapar anda justru meningkat, namun anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi porsi makan tanpa meningkatkan rasa lapar. Bagaimana caranya?

Rasa lapar mungkin akan meningkat ketika anda mengurangi porsi makan, namun kali ini saya akan memberikan tips agar rasa lapar anda tidak meningkat meskipun anda mengurangi porsi makan anda.

Diet Tanpa Lapar dan Lemas

  • Selingi Makan dengan Minum Air

Bagi anda yang jarang sekali minum ketika makan atau mungkin bagi anda yang hanya minum ketika telah selesai makan, pastikan anda mengubah kebiasaan tersebut, karena selain minum air saat makan, minum air sebelum makan juga bisa mengurangi porsi makan anda.

  • Makanlah dengan Fokus

Mungkin ada dari anda yang makan sambil melakukan kegiatan lain seperti main handphone, menonton film atau bekerja. Hal ini ternyata kurang baik bagi tubuh, bahkan ketika anda makan dalam keadaan tidak fokus maka akan membuat porsi anda menjadi bertambah, tetapi ketika anda makan dengan fokus, ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memberikan isyarat dan waktu yang tepat kapan sebaiknya berhenti makan sehingga anda bisa berhenti ketika telah merasakan kenyang.

  • Konsumsi Lebih Banyak Serat Larut Air

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat akan membantu tubuh untuk merasa cepat kenyang. Dalam saluran pencernaan, serat larut memiliki gel tebal yang mampu memperlambat pencernaan serta membuat rasa kenyang menjadi lebih lama. Beberapa makanan yang mengandung serat larut diantaranya seperti oatmeal, pear, kacang-kacangan, biji chia dan biji rami. Untuk mengkonsumsi jenis biji–bijian, anda bisa menambahkan kedalam makanan atau minuman, seperti smoothies atau yogurt.

Baca juga : Gejala dan Cara Mengatasi Menopause

  • Konsumsi Lebih Banyak Sayuran

Sayuran lebih banyak mengandung air dan serat daripada kalori, dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran maka anda bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih cepat.

  • Gunakan Alat Makan yang Lebih Kecil

Mungkin ini terdengar aneh, namun tahukah anda bahwa menggunakan peralatan makan yang lebih kecil akan mempengaruhi seberapa banyak porsi makan anda, untuk itu anda bisa memanfaatkan dan mencoba salah satu cara ini untuk mengurangi porsi makan anda.

  • Selalu Pilih Makanan yang Mengandung Protein

Ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, ini dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang lebih lama, sebaiknya anda juga memilih makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Beberapa contoh makanan tersebut diantaranya telur, susu, makanan laut, ikan, kacang, dan tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *