Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

cemilan penambah berat badan

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang, mungkin lebih banyak dari anda yang ingin menurunkan berat badan, namun mungkin ada juga dari anda yang ingin menaikkan berat badan. Bagi yang sejak kecil memiliki tubuh lebih kurus tentu akan sedikit sulit ketika ingin menaikkan berat badan.

Memiliki berat badan yang terlalu kurus memang tidak baik bagi kesehatan, hal ini bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Beberapa contoh masalah kesehatan yang bisa terjadi diantaranya infertilitas sistem kekebalan tubuh melemah, osteoporosis hingga kekurangan gizi. Menaikkan berat badan dengan cepat dan aman bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang menyehatkan.

Makanan untuk Menambah Berat Badan

  • Kacang

Mengkonsumsi kacang secara teratur dapat membantu menaikkan berat badan, selain mengkonsumsi kacang secara utuh, anda juga bisa mengkonsumsi makanan berbahan dasar kacang, misalnya seperti selai. Anda bisa mengkonsumsinya bersama dengan roti atau beberapa makanan lain.

  • Susu

Protein membantu seseorang untuk menaikkan berat badan dengan mudah dan efektif, selain protein, susu juga mengandung lemak dan karbohidrat serta kalsium, dan susu merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Bagi anda yang ingin menambah berat badan dengan cepat dan aman, cobalah untuk mengkonsumsi susu secara rutin setiap harinya.

  • Roti Gandum

Roti jenis ini mengandung karbohidrat kompleks yang akan membantu menaikkan berat badan, beberapa roti gandum juga biasanya mengandung biji-bijian yang akan memberikan manfaat yang lebih baik lagi.

  • Makanan yang Lebih Banyak Mengandung Protein

Nutrisi yang paling penting untuk menaikkan berat badan secara sehat adalah protein, ketika anda ingin menaikkan berat badan, cobalah untuk menargetkan asupan protein yang cukup setiap harinya. Beberpa makanan yang berprotein tinggi diantaranya adalah daging, telur, susu, dan  kacang-kacangan.

Baca juga : Bahaya dan Penyebab Makan Sabun dan Tanah

Alternatif untuk Menaikkan Berat Badan

  • Tidak Minum Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan akan membuat anda merasa kenyang lebih cepat meskipun anda tidak makan banyak.

  • Gunakan Piring yang Lebih Besar

Menggunakan piring yang lebih besar terkadang juga akan menaikkan porsi makan anda, coba gunakan strategi ini untuk meningkatkan porsi makan setiap harinya.

  • Waktu Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas juga berdampak dan membantu anda untuk menaikkan berat badan, patikan juga untuk tidur selama 7 hingga 9 jam pada malam hari.

Perlu anda ketahui bahwa badan yang terlalu kurus atau kekurangan berat badan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, beberapa diantaranya karena kondisi medis seperti gangguan makan, masalah tiroid atau tiroid yang terlalu aktif, diabetes, infeksi hingga kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *