Cara Menambah Berat Badan untuk Bentuk Tubuh Ideal

Selama ini kita sering mendengar banyak orang yang berjuang untuk menurunkan berat badan. Namun tahukah Anda jika tak sedikit pula yang barusaha mati-matian untuk menaikkan berat badan? Persepsi tentang berat badan ideal memang kerap membuat kita merasa tidak percaya diri dengan apa yang kita miliki. Tidak heran jika beberapa orang yang terlalu kurus mencari berbagai cara menambah berat badan dengan cepat. Bahkan tidak jarang mereka melakukan cara-cara instan yang justru bisa membahayakan kesehatan.

Cara yang instan tentu tidak direkomendasikan untuk dilakukan. Baik itu menambah berat badan atau mengurangi berat badan, cara instan justru bisa memberikan efek buruk bagi saluran pencernaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menambah berat badan secara alami bisa memulai untuk mengubah pola makan. Ini merupakan kunci dasar dalam menambah berat badan secara alami. Jika diperlukan, Anda bisa merancang menu harian untuk menambah berat badan sehingga ada rencana jelas selama satu minggu ke depan.

Cara Menambah Berat Badan agar Ideal

Tips Menambah Berat Badan yang Ampuh

Untuk menambah berat badan dengan cara yang alami dan efektif, Anda bisa mencoba tips di bawah ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

  1. Atur Jadwal Makan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menjaga jadwal makan. Tidak ada jadwal makan untuk menambah berat badan secara khusus, namun sebaiknya Anda tetap sarapan, makan siang, dan makan malam tepat waktu. Dengan cara ini tubuh mendapatkan asupan mendasar harian sehingga Anda mendapatkan tenaga untuk melakukan aktivitas rutin. Menambah jadwal makan di larut malam memang mengenyangkan, tapi justru ini berbahaya bagi kesehatan pencernaan karena organ tubuh juga butuh istiratah di malam hari.

  1. Pilih Camilan Sehat

Setelah makan tepat waktu, Anda juga harus mulai memikirkan camilan sebagai tambahan nutrisi yang diperlukan tubuh. Camilan bisa membuat perut tetap kenyang di sela-sela jadwal makan rutin. Namun Anda harus memilih camilan sehat yang mengandung protein, serat, dan kalori yang cukup. Jangan memilih camilan yang mengandung lemak, makanan yang digoreng, atau makanan instan yang justru akan menumpuk racun di dalam tubuh. Kacang-kacangan, oatmeal, yogurt, dan kentang direkomendasikan sebagai camilan sehat.

  1. Minum yang Cukup

Selain mengkonsumsi makanan tambahan, tubuh juga butuh cairan yang cukup. Pastikan Anda mengkonsumsi minimal 2 liter air setiap hari. Cara terbaik untuk memenuhi target ini adalah dengan membawa botol air minum berukuran 1 liter dan memastikan untuk menghabiskan setidaknya 2 botol air setiap hari.

  1. Rutin Olahraga

Siapa bilang olahraga hanya bisa menurunkan berat badan? Ada beberapa olahraga bagaimana cara menambah berat badan yang bisa dicoba. Jogging, gym, dan renang bisa membantu menghilangkan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga kita tetap sehat.

  1. Tidur yang Cukup

Terakhir, Anda harus memastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Waktu tidur yang direkomendasikan adalah 8 jam perhari. Kurangnya waktu tidur dan istirahat bisa mengganggu metabolisme tubuh sehingga Anda akan kesulitan untuk mengatur berat badan ideal.

Terlepas dari keinginan Anda untuk menambah berat badan, Anda juga harus realistis. Anda tidak akan bisa menambah berat badan secara signifikan jika Anda lahir dari keluarga yang kurus. Berat badan banyak dipengaruhi oleh gen keturunan. Jadi, realistislah dengan target berat badan yang Anda canangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *