Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa dan Anak Kecil

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat di Rumah

Saat musim penghujan tiba, ada banyak penyakit musiman yang datang dan menyerang. Salah satu penyakit yang sering mewabah saat musim hujan tiba adalah flu. Dikenal dengan sebutan Influenza dalam dunia medis, penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan kita. Jadi saat kita terserang flu, ada banyak organ tubuh yang terkena dampaknya, seperti hidung tersumbat, tenggorokan gatal, dan batuk karena virus menyerang paru-paru. Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala yang paling sering terjadi saat kita terkena flu. Jadi Anda harus tahu cara mengatasi hidung tersumbat yang benar agar bisa meringankan gejala penyakit ini.

Memang hidung tersumbat merupakan soal yang sepele. Akan tetapi jika dibiarkan begitu saja masalah ini justru akan mengganggu aktivitas kita. Kita akan mengalami kesulitan dalam bernafas karena salah satu lubang hidung kita tertutup lendir. Hal tersebug juga berakibat pada rasa lelah hingga pusing akibat pembuluh darah sinus mengalami peradangan. Kondisi ini bahkan bisa semakin parah jika kita sering terpapar polusi udara yang membuat penderita semakin tersiksa. Jadi Anda harus benar-benar mengatasi masalah hidung tersumbat dengan cara yang efektif.

Tips Meringankan Hidung Tersumbat

  1. Konsumsi Air yang Cukup

Flu terjadi karena daya tahan tubuh kita lemah terhadap serangan virus. Gejala lain seperti batuk, pilek, hingga demam bisa memperparah kondisi tubuh. Pastikan Anda mengkonsumsi air yang cukup agar kebutuhan tubuh akan air tercukupi. Cara ini juga bisa mengencerkan lendir pada hidung sehingga mudah keluar dan tidak menyumbat pembuluh darah sinus.

  1. Istirahat yang Cukup

Hidung tersumbat dan gejala flu lain sebenarnya bisa segera diredakan selama Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Tidurlah lebih awal di malam hari jika Anda harus bekerja di siang hari dan tidak memiliki waktu istirahat. Tidur bisa membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh dan penyerapan nutrisi maupun obat flu yang dikonsumsi sehingga flu dan pilek bisa segera hilang.

  1. Aroma Terapi Alami

Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan terapi hidung tersumbat. Anda bisa menghirup uap air panas yang dituang ke dalam sebuah baskom kecil. Untuk memberikan aroma yang melegakan, Anda bisa menuang sedikit minyak kayu putih untuk membantu meringankan hidung tersumbat. Jika tidak suka dengan aroma minyak kayu putih, maka Anda bisa menggunakan campuran aroma therapy yang disukai. Cara ini bisa membantu kita merasa rileks karena wangi dari uap air panas yang dihirup bisa melegakan hidung.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengatasi virus di dalam tubuh kita. Tidak heran jika bawang putih merupakan salah satu obat tradisional untuk hidung tersumbat. Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya.

Jika keempat di atas belum bisa mengatasi gejala flu yang dialami, maka Anda bisa mengkonsumsi obat dekongestan yang dijual di apotek untuk meredakan hidung tersumbat. Namun perlu  diketahui bahwa penggunaan obat tidak dianjurkan diberikan pada anak dibawah 12 tahun ataupun bayi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Dibutuhkan perawatan khusus untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak ataupun bayi. Berikut beberapa cara perawatan hidung tersumbat untuk anak yang bisa dilakukan di rumah.

  • Ambil Cairan dengan Pipet

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak, Anda bisa memasukan pipet kecil ke dalam hidung anak secara perlahan. Lalu pencet tuas pipet agar cairan tersedot ke dalamnya untuk dibuang di luar. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Ajak Anak untuk Membuang Ingus

Jika anak sudah mengerti, maka Anda bisa mengajarinya untuk membuang ingus sendiri dengan selembar tissue. Ini merupakan cara aman yang bisa dilakukan dan efektif mengeluarkan lendir di saluran hidung.

Jika hidung tersumbat dan flu tidak hilang selama 3 hari serta terjadi demam tinggi, ada baiknya Anda membawa anak ke dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat dan diberi resep obat yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *