Cara Mengatasi Perut yang Sering Kembung

cara mengatasi perut kembung pada anak

Perut kembung menjadi salah satu masalah yang cukup sering dialami dan sangat membuat kita merasa tidak nyaman. Perut kembung adalah ketika perut terasa penuh dan kencang, hal ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan gas di saluran gastrointestinal. Ketika kembung, perut menjadi lebih besar keras dan terasa sakit. Perut yang kembung juga biasanya disertai dengan sendawa, pemicu umum terjadinya kembung diakibatkan oleh beberapa macam faktor. Diantaranya sembelit, alergi makanan, terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung garam dan gula, serta kurangnya asupan serat. Untuk meringankan dan menghilangkan kembung ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual

  • Tingkatkan Asupan Serat

Asupan serat yang cukup dapat mengurangi dan mencegah kembung, namun juga harus memperhatikan jumlah serat yang akan dikonsumsi. Pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena berlebihan mengkonsumsi serat akan memicu perut menjadi kembung.

  • Olahraga Secara Rutin

Selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga juga dapat membuat pencernaan dan usus menjadi lebih sehat. Dengan begitu, kembung tidak mudah terjadi.

  • Yoga

Beberapa gerakan yoga dapat memposisikan otot-otot di perut dengan cara mendorong pelepasan gas berlebih, sehingga otot perut dapat terelaksasi secara otomatis.

  • Hindari Minum Soda

Minuman bersoda mengandung gas yang dapat menumpuk di perut, karbon dioksida yang terkandung dalam minuman bersoda dapat menjadi pemicu perut kembung, untuk itu agar perut tidak mudah kembung atau kembung yang sedang dirasakan tidak bertambah parah. Hindari untuk mengkonsumsi minuman bersoda.

Baca juga : Jenis Penyakit Meningitis Berdasarkan Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahannya

  • Pastikan Untuk Makan Secara Teratur

Banyak orang mengalami kembung setelah makan berlebihan, untuk menjaga sistem pencernaan berjalan dengan lancar maka pastikan makan dengan porsi yang kecil.

  • Kurangi Asupan Garam

Kelebihan natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air, hal ini dapat menyebabkan perasaan bengkak dan kembung. Pastikan juga untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.

  • Berjalan

Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur, hal ini dapat membantu untuk melepaskan kelebihan gas didalam perut, sehingga usus dapat mencerna makanan dengan lebih cepat.

Apabila kembung pada perut hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu menandakan adanya masalah kesehatan pada tubuh. Ini tentu membutuhkan penanganan medis. Untuk itu jika kembung yang dirasakan sudah terlalu lama, segera periksakan kondisi tersebut ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *