Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Pipi

Jerawat dan flek hitam merupakan momok yang paling menakutkan bagi para wanita. Bagaimana tidak, meski mereka berhasil mengatasi jerawat membandel yang membuat penampilan terlihat kurang sempurna, tapi bekas noda jerawat yang memerah di area kulit terasa sangat menyiksa meski tidak menimbulkan rasa sakit. Hal sepele namun sulit diatasi seperti ini justru lebih menyebalkan daripada jerawat itu sendiri. Tidak heran jika banyak wanita yang mencari cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan flek hitam di pipi agar kulit nan mulus kembali mereka miliki. Dengan demikian wanita tidak perlu merasa kurang percaya diri dengan penampilan mereka setiap hari.

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat ataupun flek hitam di area pipi. Prosedur bedah merupakan cara paling instan dan bisa memberikan hasil yang memuaskan karena bekas jerawat dan flek hitam bisa hilang seketika. Alternatif lain adalah dengan menggunakan perawatan alami yang jauh lebih aman dan murah. Hanya saja banyak wanita yang tidak sabar dengan perawatan yang dijalani sehingga kerap tergoda menggunakan obat kimia. Memang penggunaan krim ataupun obat kimia bisa menghilangkan noda secara efektif. Tapi jika kulit kita sensitif terhadap zat aktif yang terkandung pada krim, maka iritasi dan gangguan kulit lain justru bisa memperparah keadaan.

Bekas Jerawat Bisa Hilang dengan Perawatan Khusus

Perawatan Kecantikan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara alami menghilangkan flek hitam di pipi dan bekas jerawat yang efektif melalui prosedur perawatan medis. Berikut ulasan lengkapnya!

  • Dermabrasi

Ini merupakan prosedur yang sering dilakukan di klinik kecantikan guna menghilangkan bekas jerawat ataupun flek hitam. Dermabrasi sendiri merupakan sebuah teknik untuk mengelupas kulit dengan alat khusus, biasanya berupa setengah lingkaran dan bisa berputar agar permukaan kulit mati bisa diangkat. Anda tidak perlu khawatir dengan prosedur ini meski kulit terasa panas dan memerah yang bertahan hingga 2 minggu. Selama dilakukan oleh profesional, Dermabrasi bisa menghilangkan flek hitam dan jerawat dengan cepat.

  • Dermal Fillers

Prosedur medis lain yang biasa dilakukan oleh dokter profesional spesialis kulit adalah Dermal Filler, yakni perawatan dengan memberikan suntikan ke wajah agar pipi tetap kenyal, menghilangkan kerutan dan lipatan pada kulit, serta menghilangkan noda bekas jerawat pada area wajah. Jika Anda berencana untuk melakukan prosedur ini, pastikan bahwa Anda memilih dokter yang tepat dan melakukan konsultasi rutin untuk mengetahui kondisi kulit wajah Anda. Dermal Fillers terbukti ampuh menghilangkan bekas jerawat dan tidak menimbulkan bekas luka suntikan ataupun sayatan pada wajah.

  • Laser Resurfacing

Perkembangan teknologi telah memungkinkan kita memperbaiki struktur kulit dengan bantuan sinar laser. Penggunaan laser bedah ini bisa menghilangkan noda bekas jerawat secara spesifik dan merata. Praktisi kesehatan biasanya membutuhkan waktu 2 jam untuk melakukan prosedur ini secara lengkap dan kulit akan terlihat seperti normal kembali. Diperlukan pula perawatan pasca perawatan sehingga kesehatan kulit tetap terjaga, salah satunya adalah Anda tidak boleh terkena sinar matahari langsung yang panas dan menyengat.

  • Intense Pulsed Light (IPL)

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan teknologi yang memanfaatkan sinar lampu Xenon dengan intensitas yang tinggi guna meremajakan kulit wajah. Tak hanya menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam pada pipi, terapi IPL ini juga bisa menghilangkan bekas luka, kerutan akibat penuaan dini, hingga berbagai jenis masalah kulit lain. Banyak yang salah kaprah tentang metode ini karena banyak yang menganggap teknik ini sama dengan Laser Resurfacing. Padahal IPL bekerja dengan memanfaatkan gelombang cahaya dan minim efek samping.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan salah satu perawatan medis di atas? Tentu saja Anda membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk sekali perawatan. Apalagi jika Anda juga berencana untuk mengulang salah satu perawatan tersebut. Namun bila Anda ingin menyimpan uang Anda dan memilih perawatan alami, cara di bawah ini layak untuk dicoba guna menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam di pipi!

Bekas Jerawat Hilang dengan Buttermilk Asli

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

  1. Kentang

Siapa sangka jika umbi yang satu ini juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat dan flek hitam di pipi? Kentang ternyata bisa digunakan sebagai pemutih alami karena mengandung zat tepung yang bisa mengurangi pigmentasi. Selain itu, enzim di dalamnya bisa menyehatkan kulit. Anda bisa mengolah kentang sebagai masker dan menggunakannya pada malam hari sebelum tidur.

  1. Lidah Buaya

Khasiat tanaman ini tidak seseram namanya. Ya, tanaman yang memiliki nama lain Aloe Vera ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Gel yang terkandung di dalamnya memiliki polisakarida yang bisa merangsang tumbuhnya sel kulit baru. Hal tersebut tentu bisa mengurangi flek hitam dan menghilangkan noda bekas jerawat. Bahkan penelitian telah menahbiskan bahwa lidah buaya punya khasiat yang lengkap untuk kesehatan kulit kita. Efek dingin juga memberikan perasaan nyaman dan rileks. Anda bisa menggunakan daging lidah buaya sebagai masker rutin untuk perawatan wajah.

  1. Kunyit

Tanaman sejenis temu yang punya bau dan rasa yang khas ini dikenal sebagai salah satu obat herbal alami. Hal tersebut membuat kunyit menjadi salah satu obat untuk menghilangkan bekas jerawat yang ampuh dan efektif. Zat antiseptiknya membuat kulit terhindar dari radikal bebas dan kuman penyebab infeksi. Selain itu, zat yang terkandung di dalam kunyit juga bisa mengurangi pigmentasi kulit. Anda bisa menggunakan masker kunyit yang dicampur dengan lemon agar kulit menerima nutrisi yang lebih lengkap.

  1. Oatmeal

Makanan yang kaya serat ini juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka dan noda jerawat. Bahkan oatmeal diyakini bisa mempercepat pengelupasan kulit. Kandungan saponin bekerja sebagai pembersih alami dan mengangkan kotoran pada permukaan kulit. Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai salah satu pilihan masker perawatan kulit dalam menghilangkan noda bekas jerawat di pipi.

  1. Buttermilk

Bahan makanan yang satu ini memiliki peran yang hampir sama dengan lemon untuk urusan membersihkan kulit wajah. Kandungan asam laktat pada Buttermilk akan mengurangi pigmentasi sekaligus mengembalikan warna kulit normal yang Anda miliki. Selain itu, penggunaan Buttermilk juga bisa mengurangi rasa panas seperti sensasi terbakar pada kulit.

Kini Anda memiliki dua alternatif pilihan untuk mengobati bekas luka jerawat dan flek hitam pada area wajah. Perawatan di klinik kecantikan tentu memberikan hasil instan yang memuaskan. Tapi tentu saja Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan salah satu treatment tersebut. Sedangkan cara alami memang tidak bisa memberikan efek secara langsung namun jika ditekuni secara rutin maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Jadi, perawatan mana yang akan Anda pilih untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *