Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dalam Semalam

Jerawat Kemerahan pada Kulit Wajah

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang bisa menyerang baik pria ataupun wanita. Ini merupakan masalah kulit yang umum di Indonesia, bahkan dunia. Seorang peneliti jerawat bernama Kligmann mengungkapkan bahwa tidak ada satu orang pun di dunia yang tidak pernah mengalami masalah ini. Oleh karena itu Anda harus tahu cara menghilangkan bekas jerawat merah meradang. Jerawat terjadi karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menyebabkan radang yang biasanya disertai dengan nanah. Selain itu, berikut beberapa penyebab jerawat yang paling umum.

5 Penyebab Jerawat

  1. Sel Kulit Mati

Selain faktor produksi minyak yang berlebihan, jerawat juga bisa disebabkan karena adanya sel kulit mati. Kelenjar minyak yang terlalu banyak bisa bercampur dengan sel kulit mati. Apabila keduanya bercampur dengan debu dan kotoran yang menempel di wajah, maka campuran tersebut bisa menyumbat pori-pori dan membuat bintik hitam pada wajah.

  1. Kosmetik

Bagi setiap wanita, kosmetik merupakan senjata yang wajib dimiliki untuk bersolek. Akan tetapi wanita kerap lupa bahwa kosmetik juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Penyumbatan pori-pori kulit bisa terjadi karena proses pembersihan kosmetik yang tidak sempurna. Bedak maupun foundation yang berada di sela pori-pori bisa tertinggal dan menimbulkan jerawat.

  1. Bakteri

Bakteri yang disebut P. Acne ini bisa berkembang biak pada kelenjar yang tersumbat sehingga menimbulkan iritasi di sekitar kulit. Kelenjar pun bisa membengkak dan menyebabkan peradangan di sekitarnya.

  1. Obat-Obatan

Beberapa orang yang memiliki alergi bisa mengalami jerawat yang dikarenakan efek samping obat. Obat jenis kortikosteroid, baik oral maupun topical bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

  1. Stress

Terakhir, jerawat juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami stress. Saat seseorang mengalami stress, terjadi perubahan hormon secara drastis yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Maskes Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Warna merah dan pembengkakan pada kulit wajah sering membuat kita tidak percaya diri. Kita pun dituntut untuk tahu cara menghilangkan jerawat secara alami dalam semalam agar kita terbebas dari masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan kita. Berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari yang bisa dicoba.

  1. Es Batu

Peradangan dan pendarahan yang kerap terjadi pada jerawat bisa diatasi dengan menempelkan es batu pada bagian wajah yang berjerawat. Tempel es batu selama beberapa menit hingga pendarahan dan peradangan berkurang. Lakukan dengan hati-hati agar tidak membuat luka tambahan di sekitar jerawat.

  1. Pasta Gigi

Alternatif lain untuk menghilangkan jerawat dalam semalam adalah dengan menggunakan pasta gigi tanpa menthol atau flouride. Kandungan silica pada pasta gigi bisa membantu proses pengeringan jerawat lebih cepat.

  1. Aspirin

Untuk mengobati jerawat kemerahan, Anda juga bisa menggunakan aspirin. Kandungan asam salisilat bisa meredakan radang dan membantu proses penyembuhan luka. Anda tidak perlu meminum aspirin, melainkan menghaluskan setengah butir aspirin, mencampurnya dengan air hangat, dan mengoleskannya di area yang merah.

Baca juga : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan untuk Penderita Virus Rubella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *