Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah Secara Alami dan Cepat

kulit berminyak dan berjerawat

Sebab kulit berminyak biasanya dari kelebihan produksi sebum oleh kelenjar sebaceus, kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit dan sebum merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak. Sebenarnya sebum bukan hal yang buruk karena dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, namun jika terlalu banyak sebum maka akan membuat kulit menjadi terlalu berminyak. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat pori-pori menjadi tersumbat, serta jerawat jadi mudah untuk timbul. Untuk mengatasi kulit yang berminyak secara berlebihan secara alami, anda bisa mecoba cara berikut.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

  • Bersihkan Wajah Secara Teratur

Cara paling efektif untuk membersihkan dan mengurangi kulit yang berminyak yaitu dengan membersihkan wajah. Bersihkan wajah pada waktu pagi dan malam hari setelah beraktifitas, anda juga harus memperhatikan jenis sabun pembersih yang anda gunakan, karena penggunaan sabun yang keras akan membuat kulit wajah semakin berminyak.

  • Madu

Madu merupakan salah satu bahan untuk perawatan kulit yang cukup efektif. untuk mengurangi kulit berminyak serta kulit berjerawat, anda dapat menggunakan madu karena madu memiliki kandungan anti bakteri serta antiseptik. Madu juga bahan alami dan dapat menjaga kelembapan kulit, menggunakan madu bisa dengan menjadikan madu sebagai masker wajah.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk kecantikan, salah satunya fungsi lidah buaya yaitu menyembuhkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah bahwa lidah buaya dapat membantu mengatasi kulit bekerut yang disebabkan oleh bercak berminyak. Untuk menggunakan lidah buaya, anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya secara tipis ke area wajah anda selama beberapa jam.

Baca juga : Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

  • Oatmeal

Mungkin anda sudah tidak asing ya dengan makanan satu ini, biasanya oatmeal ini memang sering dikonsumsi saat sarapan di pagi hari, oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang serta dapat menyerap minyak yang berlebih. Untuk mengurangi kulit yang berminyak, anda bisa menggunakan oatmeal sebagai masker dan juga bisa mencampurnya dengan madu, yogurt, hingga buah-buahan.

Selain mengatasi kulit berminyak, anda juga bisa mencegah kulit wajah menjadi berminyak. Yaitu dengan menghindari jenis makanan yang kurang sehat seperti makanan yang digoreng dan makanan dengan kadar gula tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *