Cara Menurunkan Berat Badan Cepat, Sehat, dan Hidup Tetap Nikmat

Cara Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Sehat

Tubuh ideal menjadi impian semua orang. Namun sayangnya impian tersebut tidak dibarengi dengan kesadaran diri yang tinggi. Meski ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, tapi banyak dari mereka yang tidak menerapkan gaya hidup yang sehat. Kondisi tersebut membuat impian memiliki bentuk tubuh yang ideal pun urung tercapai. Bahkan berat badan bisa meningkat secara drastis akibat gaya hidup yang salah dan pola makan yang tidak teratur. Jika Anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal, maka setidaknya Anda harus tahu tips menurunkan berat badan yang efektif tanpa perlu mengubah gaya hidup terlalu drastis.

Tips Menurunkan Berat Badan Efektif

Cara cepat menurunkan berat badan sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menerapkannya dengan benar agar bisa mendapatkan nutrisi yang cukup tanpa perlu kelaparan. Di bawah ini, kami telah merangkum beberapa tips sehat untuk menurunkan berat badan yang efektif!

  1. Gunakan Piring Kecil

Ya, ini mungkin terdengar aneh tapi mengganti piring Anda dengan ukuran yang lebih kecil ternyata bisa membantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Piring dengan ukuran kecil akan terlihat penuh dan memberikan sugesti seolah Anda sudah mengambil makanan dalam porsi yang banyak. Dan sebaliknya, jika Anda menggunakan piring berukuran besar biasanya Anda cenderung mengambil lebih banyak makanan yang berdampak dengan pola makan yang tidak terkontrol.

  1. Tinggalkan Makanan Manis

Cara kedua untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat adalah dengan mengurangi makanan manis. Selama ini gula merupakan salah satu bahan yang bisa membantu meningkatkan berat badan secara drastis. Gula ini terkandung dalam banyak makanan yang kita konsumsi setiap hari, termasuk nasi. Ini berbahaya karena kandungan gula pada nasi tidak kita sadari sehingga kita sering menumpuk gula berlebihan di dalam tubuh. Akibatnya kita memiliki resiko terkena diabetes lebih besar. Untuk itu, cara terbaik adalah dengan mengurangi porsi nasi dan meninggalkan makanan yang terlalu banyak mengandung gula.

  1. Pilih Makanan Tinggi Protein

Jika tubuh sudah terlalu banyak mengandung lemak, maka Anda perlu memilih makanan yang minim lemak dan kaya akan protein. Protein akan membantu dalam membangun masa otot tubuh dan mengurangi lemak. Anda perlu banyak mengkonsumsi daging merah, ayam, susu, dan whey protein yang bisa mempertahankan massa otot dan mengurangi lemak secara bersamaan.

  1. Atur Waktu Makan

Dalam upaya memiliki berat badan ideal, Anda justru harus lebih sering makan. Jika biasanya hanya makan 3 kali sehari, kini Anda justru harus makan dalam 3 hingga 4 jam sekali. Hal ini bisa berdampak positif terhadap tubuh karena bisa menjaga tekanan gula darah. Hanya saja Anda perlu mengatur apa yang perlu dikonsumsi dalam 3 hingga 4 jam sekali sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang memang benar-benar diperlukan. Ingat, yang diperbanyak adalah frekuensinya, bukan jumlahnya!

  1. Olahraga

Cara menurunkan berat badan secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga akan membantu proses pembakaran lemak lebih cepak. Semakin Anda sering bergerak, semakin besar pula lemak yang akan dibakar oleh tubuh dan semakin baik massa otot Anda. Jadi sediakan waktu minimal 7 jam per minggu untuk melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga Anda juga bisa membuat Anda lebih bahagia.

  1. Tidur yang Cukup

Satu hal yang sering dilupakan oleh orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal adalah waktu tidur yang cukup. Jika selama ini Anda sering begadang hingga larut malam, maka Anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut. Seperti halnya smartphone yang Anda gunakan, tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Tidur merupakan cara tubuh untuk mengisi daya yang hilang selama beraktivitas. Tidur yang cukup membuat penyerapan nutrisi di dalam tubuh lebih efektif. Praktisi menyarankan setidaknya kita mendapatkan waktu tidur 7 jam per malam.

  1. Target dan Evaluasi

Cara terakhir untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah dengan memiliki target yang jelas. Pastikan bahwa program diet yang Anda kerjakan bekerja secara efektif. Anda bisa menimbang badan secara rutin untuk mengetahui apakah berat badan menurun atau justru bertambah. Hal tersebut akan membuat Anda mau tidak mau harus melakukan evaluasi dan introspeksi. Hanya dengan cara inilah Anda akan tahu sejauh mana keseriusan Anda dalam memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Ketujuh cara sehat menurunkan berat badan tersebut dijamin bisa membantu Anda dalam memiliki bentuk tubuh yang ideal. Perlu Anda ketahui bahwa memiliki tubuh yang proporsional membutuhkan dedikasi, mental, dan perjuangan yang tidak sedikit. Jadi Anda juga harus realistis dalam menurunkan berat badan sehingga tidak terbebani dengan target bentuk tubuh yang ideal yang justru bisa membuat stress dan mengganggu kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *