Cara untuk Atasi Mual Saat Hamil dengan Mudah

cara mengatasi mual saat hamil 1 bulan

Morning sickness merupakan salah satu hal yang biasa dialami oleh wanita hamil pada awal kehamilannya, bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan atau sedang mengalami morning sickness, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani atau mengurangi morning sickness.

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang umumnya dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama kehamilan, beberapa wanita hamil mungkin mengalami morning sickness yang parah, sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa wanita juga mengalami morning sickness setiap hari, namun tidak semua wanita demikian.

Morning sickness biasanya dimulai sekitar minggu ke 6 kehamilan atau akan mulai menghilang pada minggu ke 12, namun hal tersebut bisa berbeda-beda untuk setiap orangnya. Morning sickness juga tidak memerlukan perawatan, kecuali dibarengi dengan beberapa kondisi lain seperti dehidrasi atau penurunan berat badan. Namun anda bisa mengurangi gejala morning sickness ini dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

  • Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Beberapa jenis makanan dan minuman yang anda konsumsi bisa memicu dan memperparah terjadinya morning sickness, beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari seperti makanan yang mengandung banyak lemak, serta minuman yang mengandung kafein. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, kentang, hingga nasi. Pastikan anda juga mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil serta jangan sampai perut anda kosong, karena perut yang kosong justru akan memperburuk rasa mual anda, serta juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein,

  • Pastikan Asupan Cairan Cukup

Sangat penting untuk anda yang sedang hamil memperhatikan asupan cairan setiap hari, tapi mungkin beberapa diantara anda akan sulit bagi anda untuk mengkonsumsi cairan yang cukup setiap harinya, namun asupan cairan yang kurang atau dehidrasi akan membuat rasa mual saat masa kehamilan dan akan menjadi bertambah parah.

  • Hindari Pemicu Mual

Mual yang terjadi pada masa kehamilan biasanya dipicu oleh bau yang tercium, bau ini biasanya berasal dari makanan. Untuk itu sebaiknya anda menghindari beberapa jenis makanan yang memiliki bau yang kurang sedap.

Baca juga : Mau Makan Banyak Tapi Berat Badan Tidak Naik? Konsumsi 7 Makanan Ini

  • Hindari Tempat yang Panas

Tempat yang panas juga dapat memicu timbulnya mual, oleh sebab itu sebaiknya anda menghindari tempat dengan suhu yang panas dan selain itu anda juga bisa menggunakan pendingin ruangan seperti kipas atau AC.

  • Olahraga

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, olahraga juga bisa membantu mengurangi mual yang terjadi ketika hamil.

Morning sickness juga dapat meningkat akibat beberapa faktor lain, diantaranya kehamilan sebelumnya yang juga mengalami morning sickness, memiliki riwayat mabuk perjalanan, usia ibu yang terlalu muda, kehamilan ganda atau kembar, kehamilan pertama kali, hingga akibat plasenta yang membesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *