Cegah Jerawat Ternyata Sangat Mudah! Hanya Perlu Hindari Ini

obat jerawat paling ampuh dan cepat hilang

Jerawat memang menjadi salah satu masalah pada kulit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat, bahkan jerawat di area wajah bisa membuat seseorang menjadi percaya diri. Untuk itu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mencegah jerawat agar tidak mudah muncul.

Jerawat merupakan salah satu masalah yang biasa terjadi di area kulit wajah. Penyebab timbulnya jerawat ini akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak, bakteri, sel kulit mati, hingga kotoran. Meskipun jerawat bukan kondisi yang bisa mengancam jiwa, namun jerawat yang banyak dan meradang juga dapat membuat kulit wajah terasa sakit. Tidak hanya itu, jerawat juga dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Namun anda tidak perlu khawatir, bagi anda yang sering memiliki jerawat tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk menyembukannya. Untuk mencegah atau mengurangi timbulnya jerawat salah satu cara pencergahan yang dapat anda lakukan yaitu dengan menghindari atau mengurangi beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan jerawat.

Fakta Makanan Penyebab Jerawat

  • Junk Food atau Makanan Cepat Saji

Tahukah anda bahwa jerawat sangat berkaitan dengan konsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji seperti burger, nugget, hotdog, kentang goreng hingga soda merupakan jenis makanan dan minuman cepat saji yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Konsumsi makanan cepat saji terhadap timbulnya jerawat dikarenakan hal tersebut dapat mempengaruhi ekspresi gen serta mengubah tingkat hormon yang dapat mendorong perkembangan jerawat, namun hal ini tidak sepenuhnya menajdi penyebab.

  • Cokelat

Mungkin beberapa dari anda bertanya, Mengapa cokelat menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat? Karena cokelat mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi. Nah ketika mengkonsumsi cokelat terlalu banyak, maka kulit akan menghasilkan lebih banyak sebum atau minyak. Minyak ini kemudian akan menyumbat dengan mudah di pori – pori yang akhirnya dapat menimbulkan jerawat.

Baca juga : Mengenal Organ, Sistem Peredaran Darah, dan Ancaman Resiko Penyakit

  • Gula dan Karbohidrat Olahan

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi gula tambahan memiliki resiko 30% lebih besar akan timbulnya jerawat. Beberapa contoh makanan dan minuman yang cukup mengandung gula yang cukup tinggi seperti sirup atau gula tebu. Karbohidrat olahan dapat diserap cepat ke dalam aliran darah, sehingga akan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Ketika kadar gula darah naik, maka kadar insulin juga akan naik dengan tujuan membantu memindahkan gula darah dari aliran darah ke sel-sel anda. Saat kadar insulin terlalu tinggi maka akan berkontribusi terhadap perkembangan jerawat serta meningkatkan produksi sebum atau minyak.

  • Mengkonsumsi Susu

Mungkin anda mengetahui bahwa susu memiliki kandungan lemak hawani yang baik. Namun sejumlah produk susu jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan masalah bagi kulit. Menurut American Academy of Dermatology, susu sebenarnya dapat menyebabkan masalah pada kulit yaitu jerawat. Lalu Mengapa susu dapat menimbulkan jerawat? ketika anda mengkonsumsi produk susu yang terlalu banyak dan berlebihan maka tubuh juga akan lebih banyak mangambil hormon tertentu yang dapat memicu timbulnya jerawat. Susu memang penting untuk dikonsumsi namun anda juga sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *