Ciri Ciri Hamil Muda dan Apa yang Harus Anda Lakukan

Morning Sick Menjadi Salah Satu Tanda Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh pasangan yang telah menikah. Setelah ditahbiskan sebagai sepasang suami dan istri yang sah, hamil akan menjadi kado pernikahan terindah karena akhirnya mereka akan segera mendapatkan momongan. Oleh karena itu, banyak pasangan yang langsung merencanakan kehamilan setelah pernikahan. Ciri ciri hamil harus dipahami betul karena terkadang banyak pasangan suami istri yang terbawa euforia dan mengkaitkan segala gejala tubuh dengan kehamilan.

Padahal perlu diketahui bahwa beberapa tanda kehamilan sulit untuk ditebak dengan tepat. Bahkan seorang istri yang telat datang bulan belum bisa secara langsung divonis hamil. Masih ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk memastikan apakah sang istri benar-benar hamil atau hanya telat datang bulan biasa. Bagi seorang wanita, telat datang bulan merupakan sebuah siklus yang normal. Apalagi jika wanita tersebut memang memiliki siklus mens yang tidak teratur. Bahkan pada kasus wanita yang memiliki siklus mens yang reguler, telat datang bulan bisa saja terjadi dan bukan menjadi pertanda kehamilan.

5 Ciri Ciri Hamil Muda

Jadi, bagi pasangan suami istri yang sedang menanti kehamilan anak pertama ada baiknya untuk mengetahui beberapa ciri ciri hamil muda. Di bawah ini kami sudah merangkum daftar ciri ciri wanita hamil yang biasa terjadi!

  1. Suhu Tubuh yang Meningkat

Salah satu ciri wanita hamil muda adalah meningkatnya suhu tubuh. Biasanya, wanita akan merasa tidak enak badan seperti sedang terkena demam. Peningkatan suhu tubuh ini bisa terjadi selama beberapa hari dan cukup mengganggu aktivitas. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena naiknya temperatur terjadi akibat pembuahan yang sedang berlangsung. Proses ovulasi (pembuahan) setiap wanita pun berbeda-beda sehingga tidak bisa dipastikan seberapa lama demam akan menyerang. Saat masa ini terjadi, Anda pun tidak perlu mengkonsumsi obat penurun panas karena ini merupakan mekanisme tubuh yang normal terjadi.

  1. Nyeri Payudara

Selain demam dan meningkatnya suhu tubuh, tanda kehamilan selanjutnya adalah nyeri pada payudara. Biasanya wanita akan merasakan nyeri karena payudara terasa padat, sesak, dan sedikit agak berat. Bahkan payudara mulai sensitif dan sakit saat disentuh. Proses pembengkakan ini pun bisa berlangsung lama sebagai akibat dari meningkatnya hormon progesteron guna mendukung proses kehamilan. Bahkan pada beberapa kasus, rasa nyeri pada payudara ini bisa berlangsung selama masa kehamilan. Namun jika nyeri payudara menghilang dan Anda mengalami menstruasi, maka tanda kehamilan pun dipastikan sirna.

  1. Kram Perut Seperti Mau Mens

Kita memang tidak bisa memastikan ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan karena ada banyak hal yang harus diperiksa. Salah satu ciri hamil yang sering terjadi adalah kram perut seperti ketika wanita akan mengalami datang bulan. Namun jika diperhatikan lebih dalam, kram perut yang terjadi memiliki intensitas nyeri yang lebih ringan daripada kram perut ketika mau menstruasi. Lokasi kram perut ini pun beragam, ada yang terjadi di dinding kanan perut dan ada pula yang terjadi di dinding kiri perut. Pada dasarnya, hal tersebut dipengaruhi dan diakibatkan oleh implantasi embrio pada rahim.

  1. Keputihan

Banyak orang yang tidak percaya bahwa keputihan tanda hamil yang biasa terjadi. Tapi fakta memang berbicara demikian. Keputihan bisa saja terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Sebagai akibatnya, vagina akan lebih lembap dari biasanya dan mengeluarkan cairan putih yang kerap membuat wanita merasa risih dan kurang nyaman. Bahkan beberapa wanita mengalami peningkatan volume lendir yang lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini bisa berlangsung selama masa kehamilan hingga mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL). Jika Anda mengalami keputihan saat hamil, Anda tidak perlu khawatir selama keputihan tersebut tidak mengganggu kesehatan. Yang terpenting, jagalah kesehatan organ vital agar tidak terjadi infeksi yang bisa mengganggu janin dalam kandungan.

  1. Morning Sickness

Salah satu ciri ciri hamil yang paling populer adalah morning sickness. Perasaan mual dan bahkan hingga muntah di pagi hari bisa menjadi pertanda bahwa Anda akan segera memiliki momongan. Hal ini sangat menyiksa karena wanita akan mengalami penurunan nafsu makan. Jika ini terjadi, Anda harus bisa menjaga asupan makan agar gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan anak terpenuhi. Akan tetapi, tidak semua wanita hamil mengalami morning sickness yang menyiksa. Jadi beruntunglah Anda jika tidak mengalami fase ini.

Itulah 5 tanda kehamilan yang sering terjadi pada wanita dan bagaimana cara mengatasi ciri kehamilan yang kerap membuat wanita kurang nyaman.

Baca juga : Jenis Penyakit Bronkitis, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Setelah mengerti tanda kehamilan secara umum, kini saatnya Anda mengenali ciri ciri hamil anak laki laki dan perempuan. Meski keduanya terlihat sama, namun ada beberapa tanda yang membedakan hamil anak laki laki dan perempuan.

5 Ciri Ciri Hamil yang Sering Terjadi

Ciri Ciri Hamil Anak Laki Laki

Bentuk Perut

Ciri hamil anak laki laki adalah bentuk perut yang bulat sempurna dan cenderung turun. Akan tetapi, rumus ini tidak pasti karena bentuk perut setiap wanita berbeda.

– Linea Nigra

Linea Nigra merupakan garis hitam pada parut wanita hamil. Banyak yang beranggapan bahwa jika garis hitam tersebut tidak tegak lurus dan putus-putus, maka sang ibu sedang mengandung anak laki laki.

– Warna Urine Pekat

Warna urine yang pekat dipercaya sebagai tanda bahwa seorang wanita tengah mengandung anak laki laki. Namun sulit untuk melihat perbedaan warna urine karena warna tersebut juga dipengaruhi oleh apa yang diminum oleh sang ibu.

Ciri Ciri Hamil Anak Perempuan

– Bentuk Perut

Bentuk perut wanita yang sedang mengandung anak perempuan cenderung agak buncit dan tinggi. Namun sekali lagi, bentuk perut ini tidak menjamin jenis kelamin janin yang dikandung.

– Ukuran Payudara Besar Sebelah

Banyak orang yang percaya bahwa jika payudara sebelah kiri lebih besar daripada sebelah kanan, maka janin yang dikandung adalah bayi perempuan.

– Rambut Kusam

Ciri ciri hamil anak perempuan yang lain adalah kondisi rambut selama kehamilan. Jika mengandung bayi perempuan, rambut sang ibu cenderung lebih kusam dari biasanya.

Perlu diketahui bahwa ciri tersebut tidak bisa dipastikan kebenarannya karena setiap wanita mengalami dan memiliki proses kehamilan yang berbeda-beda. Jika ingin mengetahui jenis kelamin bayi secara pasti, kami menyarankan Anda untuk melakukan USG dengan dokter kandungan yang telah dipilih. Alat kelamin pada janin biasanya sudah mulai terbentuk sejak usia kehamilan menginjak 4 minggu. Akan tetapi, jenis kelamin janin baru bisa diketahui setelah usia kehamilan mencapai 14 minggu.

Terlepas dari jenis kelamin jabang bayi, kehamilan harus diiringi dengan rasa syukur karena masih banyak pasangan di luar sana yang belum dikaruniai momongan. Selama masa kehamilan, kesehatan ibu dan bayi jauh lebih penting daripada aspek lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *