Ciri-Ciri Hamil Muda yang Harus Diketahui Pasangan Suami Istri

Kenali Tanda Awal Hamil Muda Sejak Dini

Hamil adalah momen yang membahagiakan bagi seorang wanita. Tak hanya memberikan pengalaman emosional, fase kehamilan juga bisa memberikan pengalaman spiritual yang tak akan terlupakan. Tidak heran jika masa kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan. Pasangan suami istri yang baru menikah tentu akan langsung menantikan fase ini. Oleh karena itu, baik suami maupun istri harus memahami tanda awal kehamilan agar bisa mempersiapkan yang terbaik bagi sang buah hati.

Tanda Awal Kehamilan yang Sering Terjadi

Apalagi gejala hamil setiap wanita berbeda-beda dan sulit untuk terdeteksi. Bahkan saat dicek menggunakan test pack saat sudah terlambat datang bulan, beberapa wanita mendapatkan tanda negatif sehingga tidak jarang ada wanita yang baru tahu bahwa dirinya hamil dan tetap melakukan aktivitas berat seperti biasa. Jadi, kenali ciri ciri hamil muda sejak awal agar Anda bisa menjaga sang buah hati. Berikut tanda-tanda yang perlu diperhatikan!

  1. Suhu Tubuh Tinggi seperti Mau Meriang

Jika Anda mendapati suhu tubuh meningkat saat baru saja bangun tidur, itu bisa menjadi pertanda awal kehamilan. Suhu tubuh memang akan meningkat saat terjadi ovulasi di dalam rahim. Bahkan peningkatan suhu tubuh ini bisa terjadi selama 2 minggu. Ini merupakan saat yang tepat menguji dengan test pack jika Anda tak kunjung mengalami menstruasi.

  1. Mood Swing

Pada beberapa orang yang mudah terpengaruh perubahan hormon biasanya akan terjadi perubahan mood secara mendadak. Wanita bisa saja tiba-tiba menangis karena hal sepele. Anda juga bisa lebih sensitif terhadap hal-hal lain. Bagi sang suami, kondisi seperti ini harus dimaklumi karena wanita sedang membutuhkan perhatian lebih.

  1. Kram Seperti Saat PMS

Ada yang beranggapan bahwa perut bagian bawah sakit tanda hamil. Tapi hal ini bukan berarti tanda kehamilan karena nyeri tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa menstruasi akan datang. Saat kram perut seperti ini terjadi, Anda hanya perlu menunggu apakah akhirnya mens atau justru hamil.

  1. Flek

Bercak darah bisa saja muncul dari vagina. Namun hal ini juga kerap dianggap sebagai tanda awal menstruasi. Secara medis, jika sel telur telah menempel pada dinding rahim dan sudah dibuahi, maka flek bisa terjadi sehingga keluar bercak darah dalam jumlah yang sedikit. Flek bisa terjadi berbarengan dengan keputihan di masa awal kehamilan. Anda tak perlu khawatir dengan kondisi ini karena keputihan merupakan proses alami untuk mencegah infeksi.

  1. Sensitif Terhadap Aroma dan Mual

Indra penciuman wanita biasanya lebih sensitif dari biasanya. Aroma tertentu bahkan kerap membuat wanita merasa enek dan mual. Jika Anda merasa mudah sekali terganggu dengan bau dan aroma padahal biasanya Anda toleran dengan aroma yang biasa di sekitar Anda, maka bisa dipastikan Anda sedang hamil muda.

  1. Sering Buang Air Kecil

Perubahan dan pembuahan yang terjadi di dalam rahim tidak hanya menimbulkan flek. Janin yang sudah mulai tumbuh dan menekan kandung kemih membuat sirkulasi darah meningkat. Sebagai akibatnya, kemih lebih cepat dipenuhi urine dan intensitas buang air kecil pun meningkat. Selain itu, perasaan ini juga bisa disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh. Saat ini terjadi ibu dianjurkan untuk tidak menahan rasa ingin buang air kecil terlalu lama.

  1. Susah BAB

Saat intensitas buang air kecil meningkat, wanita justru akan mengalami sambelit saat masa awal kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesterone. Hormon tersebut berfungsi untuk mengendurkan otot rahim sebagai tempat tinggal janin. Hal tersebut berdampak pada mengendurnya dinding usus sehingga menyebabkan susah BAB pada wanita.

  1. Ngidam

Jika biasanya Anda tidak memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu namun kini Anda punya tendensi untuk ingin sesuatu, maka bisa dipastikan hal tersebut menjadi tanda awal kehamilan. Menariknya, proses ngidam ini tidak hanya terjadi pada wanita saja karena pria juga bisa ngidam.

Baca juga : Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi

Jika Anda merasakan setidaknya 3 tanda kehamilan yang telah disebutkan di atas, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui kepastian hamil atau tidak. Mengetahui kehamilan lebih awal jauh lebih baik karena Anda memiliki persiapan yang cukup untuk menyambut sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *