Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal dan Tips Pencegahan

Ginjal yang Tidak Sehat Mengganggu Kesehatan

Ginjal punya peran yang sangat penting dalam sistem organ tubuh manusia. Kotoran yang masuk di dalam tubuh melalui makanan akan disaring oleh ginjal agar darah terbebas dari racun. Sedangkan kotoran ataupun racun yang telah disaring oleh ginjal akan dikeluarkan bersama dengan urin sehingga tubuh kita bebas dari ‘polusi’ yang bisa mengancam kesehatan. Melihat betapa pentingnya peran ginjal bagi kesehatan tubuh, kita harus mengenal tanda ginjal bermasalah agar bisa segera melakukan tindakan pencegahan untuk memastikan tidak ada masalah serius yang bisa mengancam fungsi ginjal.

Perlu diketahui bahwa jika ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka akan semakin banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh dan bisa menjadi munculnya berbagai penyakit berbahaya. Jika kita telah abai terhadap gejala gangguan ginjal dan membiarkan salah satu ginjal kita rusak, maka akan ada dampak jangka pendek dan jangka panjang yang bisa kita rasakan. Rasa nyeri pada punggung bawah sebelah kanan ataupun kiri merupakan sebuah konsekuensi jangka pendek. Jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan pengobatan, maka konsekuensi jangka panjang seperti penyakit gagal ginjal bisa mengancam keselamatan jiwa.

Ketidakmampuan ginjal menjalankan fungsinya bisa mengganggu irama jantung karena ginjal juga berperan dalam mengontrol tekanan darah. Tidak jarang jika terjadi kematian mendadak pada penderita penyakit ginjal. Walaupun kita masih bisa bertahan meski hanya dengan satu ginjal saja, namun hidup Anda tidak akan sama seperti sebelumnya. Oleh karena itu, kenali ciri ciri penyakit ginjal stadium awal dan obatnya sehingga kerusakan ginjal bisa dihentikan.

7 Tanda Ginjal Bermasalah dan Harus Segera Ditangani

  1. Mudah Lelah

Selain fungsi ginjal yang telah disebutkan, organ ini juga akan memproduksi hormon Eritropoietin yang membantu peningkatan produksi sel darah merah baru. Dengan demikian tubuh akan memiliki jumlah sel darah merah yang cukup. Namun saat ginjal mengalami masalah serius, produksi hormon ini akan menurun yang berakibat pula pada penurunan produksi sel darah merah pada tubuh. Dampaknya, peredaran oksigen melalui darah akan menurun sehingga kita mudah lelah akibat kekurangan tenaga.

  1. Pembengkakan di Beberapa Bagian Tubuh

Saat ginjal sudah tidak bisa menyaring racun yang ada di dalam tubuh kita, maka ada banyak protein yang terbuang melalui urin. Kurangnya kandungan protein pada tubuh bisa menjadi penyebab munculnya bengkak secara tiba-tiba di beberapa bagian tubuh seperti tangan ataupun kaki. Saat kondisinya sudah begitu parah, biasanya penderita juga akan mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata sehingga bola mata seakan keluar.

  1. Warna Urine Berubah

Gejala awal adanya masalah pada ginjal kita adalah perubahan warna urine yang lebih keruh dari biasanya. Penderita juga akan mengalami perubahan frekuensi buang air kecil, entah menjadi lebih sering atau justru jarang pipis pada saat malam tiba; frekuensi akan meningkat sehingga mengganggu tidur. Tanda kerusakan pada ginjal sudah pada tingkat yang parah akan ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil dan adanya bercak darah pada urine sebagai akibat gagal ginjal akut. Air kencing juga berubah dan agak berbusa jika terjadi masalah serius.

Baca juga : Khasiat Jus Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh Kita

  1. Gatal Tanpa Sebab

Biasanya penyakit gatal muncul akibat infeksi pada kulit. Namun jika rasa gatal terjadi tanpa sebab dan berlebihan maka itu juga bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah serius pada ginjal kita. Penumpukan kotoran bisa mengganggu metabolisme tubuh sehingga kulit mengalami iritasi. Biasanya rasa gatal juga disertai dengan pembengkakan dan kulit yang memerah pada tubuh penderita.

  1. Punggung Bawah Nyeri

Dua ginjal manusia terletak di bagian kanan dan kiri, dekat dengan punggung bagian bawah. Jika muncul rasa nyeri pada bagian tersebut, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya batu ginjal ataupun muncul infeksi pada saluran kencing. Ginjal yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya bisa mengalami peradangan yang menyebabkan nyeri.

  1. Mual & Muntah

Pada tahap yang sudah akut, sakit ginjal bisa menjadi silent killer karena beberapa gejalanya tidak bisa terdeteksi secara pasti. Mual & muntah yang terjadi kerap disepelekan karena tidak berkaitan dengan ginjal. Padahal faktor tersebut juga bisa menjadi pertanda awal penyakit ginjal namun tidak kita perhatikan sehingga saat kondisi ginjal sudah parah, penderita tidak bisa tertolong lagi.

  1. Kosentrasi Menurun

Saat ginjal tidak bekerja secara sempurna, peredaran oksigen dalam darah ke otak pun terhambat. Hal ini membuat penurunan fungsi otak, seperti sulit untuk kosentrasi. Minimnya suplai oksigen ke otak juga bisa memunculkan sakit kepala, daya ingat yang menurun, serta kepala terasa seperti berputar.

Ginjal Sehat Jika Tubuh Tidak Kekurangan Cairan

Tips Mencegah Penyakit Ginjal

Ada pepatah yang menyebut jika mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal tersebut memang benar karena ginjal adala salah satu organ paling berharga. Jadi sebelum terjadi masalah yang serius pada ginjal, alangkah baiknya jika kita melakukan langkah pencegahan yang mudah untuk dilakukan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Sebagaimana fungsi ginjal dalam meminimalisir racun dalam tubuh, kita bisa memilih makanan sehat yang kaya gizi dan minim zat yang tidak bermanfaat. Dengan cara tersebut, maka ginjal tidak perlu bekerja keras dalam membuang racun berlebihan di dalam tubuh. Mengkonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian bisa membantu menjaga kesehatan ginjal kita.

  1. Jangan Menahan Kencing

Ginjal membuang racun melalui air kencing. Namun sayangnya, banyak orang yang justru sering menahan kencing karena berbagai alasan. Padahal semakin lama menahan kencing maka semakin banyak cairan yang menumpuk. Hal tersebut bisa mengendurkan otot pada saluran kencing dan peradangan yang menyebabkan munculnya rasa sakit saat buang air kecil.

  1. Kurangi Garam

Membatasi penggunaan garam pada masakan juga bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Kandungan garam yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa meningkatkan tekanan darah yang justru bisa mengganggu organ di dalam tubuh, termasuk ginjal.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kita memerlukan setidaknya 2 liter air setiap hari; jumlah bisa lebih banyak jika diperlukan. Dengan demikian, tubuh tidak akan kekurangan cairan dan proses pembuangan racun di dalam ginjal menjadi lebih teratur. Jika kita kekurangan cairan maka akan semakin banyak racun yang mengendap dan menimbulkan kristal yang bisa menjadi batu ginjal.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga tekanan darah dalam kondisi normal bisa mengurangi resiko penyakit gagal ginjal. Penyumbatan pada pembuluh darah akibat tekanan yang meningkat bisa merusak pembuluh darah kecil di bagian ginjal yang berpotensi menjagi penyakit gagal ginjal.

Selain melakukan upaya pencegahan di atas, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara langsung dengan dokter. Apalagi jika Anda juga sedang berjuang melawan penyakit lain seperti diabetes, darah tinggi, atau punya riwayat penyakit ginjal dalam silsilah keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *