Ciri Orang yang Introvert dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Introvert Merupakan Salah Satu Jenis Kepribadian Manusia

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang dimiliki oleh manusia dimana seseorang lebih memilih untuk menjaga diri dari lingkungannya. Hal tersebut dilakukan bukan semata-mata karena orang tersebut benci dengan lingkungan sekitar, melainkan orang tersebut merasa lebih nyaman jika jauh dari orang lain. Orang introvert juga biasanya lebih sering bergumul dengan pikirannya sendiri sehingga akan merasa kehilangan energi saat berada di kerumunan bersama banyak orang. Ada dua faktor penyebab seseorang menjadi introvert, yakni keturunan dan juga lingkungan. Artinya kepribadian seseorang memang bisa dibentuk tergantung dengan lingkungan di sekitarnya.

Keluarga yang merupakan lingkungan primer seorang anak menjadi lahan belajar pertama sebelum bersentuhan dengan dunia luar. Jika dalam lingkungan keluarga tersebut seorang anak diasuh tanpa interaksi yang cukup, maka ada kemungkinan sang anak akan menjadi sosok yang introvert. Apalagi jika pada saat proses sosialisasi dengan lingkungan sekitar sang anak tidak bisa menyatu, maka sang anak akan menjadi orang yang pendiam dan cenderung introvert. Lalu, apakah Anda adalah tipe orang yang introvert?

Ciri Ciri Orang Introvert berdasarkan Ilmu Psikologi

Dalam ilmu psikologi karakter seseorang memang dibagi menjadi dua, yakni introvert dan ekstrovert. Meski ada pula tipe orang yang merupakan kombinasi keduanya, tapi hanya sedikit orang yang memiliki gabungan kedua sifat tersebut atau yang biasa disebut dengan ambivert. Kembali ke topik utama, berikut ciri ciri orang introvert berdasarkan ilmu psikologi.

  1. Sering Menyendiri

Ciri yang paling kentara dari orang introvert adalah suka menyendiri. Saat menyendiri inilah seseorang merasa bebas dengan dunianya tanpa gangguan dari orang lain. Meski demikian, kesendirian itu tidak berkonotasi negatif. Justru seorang introvert bisa lebih produktif karena lebih fokus dalam bekerja sendiri. Beberapa orang yang memiliki sifat introvert juga sering menghabiskan waktunya untuk melakukan hal positif seperti menulis, memasak, membaca buku, dan aktivitas positif lain.

  1. To the Point

Orang introvert tidak suka bertele-tele dan basa basi. Jika seseorang tidak memiliki urusan penting yang perlu dibahas, maka seorang introvert biasanya akan meminta izin untuk pergi karena memang tidak ada sesuatu yang penting. Sikap to the point ini sering dilakukan saat bertemu dengan orang lain atau kerumunan orang yang dikenalnya. Tapi jangan salah, meski memiliki sifat introvert, ia tetap akan membantu orang lain jika memang diperlukan.

  1. Punya Lingkungan Pertemanan yang Kecil

Berkaitan dengan dua poin sebelumnya, orang introvert jarang membuka diri dan menjalin koneksi pertemanan dengan orang lain di lingkungan yang baru. Mereka cenderung pasif. Bahkan jika tidak didekati lebih dulu, mereka tetap baik-baik saja dengan dunianya. Orang yang introvert biasanya memiliki lingkungan pertemanan yang kecil. Mereka selektif dalam memilih siapa yang akan dianggapnya sebagai teman. Sisi positifnya, orang introvert biasanya setia terhadap sahabatnya.

  1. Merasa Lelah jika Berada di Kerumunan

Ada kalanya seseorang harus bertemu banyak orang dalam suatu kegiatan. Dan saat seperti inilah yang paling dibenci oleh orang introvert. Mereka selalu merasa gugup saat akan bertemu dengan banyak orang meski kumpulan orang tersebut mengenal satu sama lain. Percaya atau tidak, orang introvert justru sering merasa lelah saat harus berkumpul dengan banyak orang. Bercerita, mendengarkan orang lain, mencerna informasi yang masuk, ternyata sangat menguras energi orang introvert sehingga tidak heran jika mereka sering menghindari acara kumpul-kumpul.

  1. Sering Self-Talking

Mungkin terdengar aneh. Tapi inilah yang terjadi. Orang yang introvert sering melakukan self-talking atau berbicara dengan dirinya sendiri. Misalnya saat seseorang sedang menonton atau membaca komik, orang introvert akan merespon dan menanggapi sendiri pikiran mereka. Monolog tersebut dilakukan karena mereka nyaman dengan isi pikirannya sendiri. Namun sisi negatifnya, ini bisa menjadi sesuatu yang bahaya jika orang introvert memiliki masalah besar. Karena tidak mengungkapkan masalahnya kepada orang lain, mereka cenderung sulit keluar dari masalah tersebut.

Cara Menghadapi Orang Introvert

  • Jadilah Sahabat yang Baik

Jika Anda memiliki teman yang introvert, cobalah untuk menjagi sahabat yang baik karena orang introvert kesulitan dalam menjalin konseksi dan membangun pertemanan baru. Mereka hanya memiliki segelintir teman saja. Dan ini kesempatan yang baik untuk menjadi sahabat setianya.

  • Hargai Waktunya

Perlu diketahui bahwa orang introvert memiliki dua dunia. Dunia nyata dan dunia mereka sendiri. Jika ia memang sedang ingin sendiri, maka biarkan saja. Sendiri merupakan cara terbaik bagi orang introvert karena mereka akan bahagia dengan isi pikirannya. Berikan waktu dan mendekatlah jika memang sangat diperlukan.

Itulah cara menghadapi orang introvert tanpa mengganggu kehidupannya. Orang introvert memang memiliki kepribadian mereka sendiri dan sebagai sesama manusia, sudah sewajarnya jika kita menghormati sikap mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *