Dampak Buruk Gula Bagi Tubuh Perlu Diwaspadai

akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula untuk tubuh

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan tentu saja akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh serta dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas, Kanker Pankreas, tekanan darah tinggi, jantung, hingga asam urat. Lalu apa saja dampak buruk konsumsi gula pada tubuh?

Dampak Buruk Gula Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Fakta menunjukkan bahwa mengkonsumsi gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan serta meningkatkan gula darah hingga tekanan darah anda, dan tentu beberapa hal tersebut akan menjadi pemicu penyakit jantung, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 17-21% kalori dari gula tambahan memiliki resiko sebanyak 38% lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung.

  • Meningkatkan Resiko Munculnya Jerawat

Mungkin beberapa orang telah mengetahui bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman manis dapat meningkatkan resiko munculnya jerawat.

  • Mengakitbatkan Resiko Depresi

Mengkonsumsi makanan olahan dengan rasa yang manis seperti kue dan minuman yang manis memang seelalu berkaitan dengan meningkatnya resiko depresi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi gula lebih dari 67 gram setiap harinya lebih beresiko mengalami depresi dibandingkan dengan pria yang mengkonsumsi gula lebih sedikit daripada itu.

Baca juga : Ngantuk Saat Siang Hari dan Menganggu Aktivitas? Coba Lakukan Cara Ini

  • Mempercepat Proses Penuaan Kulit

Bagi anda yang sangat peduli dengan kesehatan kulit, tentu saja harus memperhatikan hal ini. Faktanya bahwa memang mengkonsusmi makanan yang buruk akan mempercepat proses penuaan kulit, mengkonsumsi gula yang tinggi dapat meningkatkankan produksi AGE atau senyawa yang dibentuk oleh protein dan gula dalam tubuh yang berperan dalam proses penuaan kulit. AGE sendiri merusak kolagen dan elastin yang merupakan protein yang membantu meregangkan kulit dan menjaga kulit anda agar tetap kencang. Ketika kolagen dan elastin rusak, maka tentu saja hal ini berkaitan dengan kelangsungan dan penuaan kulit yang menjadi lebih cepat keriput.

  • Menguras Energi

Makanan dengan gula yang tinggi dapat meningkatkan gula darah,insulin, dan juga dapat meningkatkan energi. Namun peningkatan energi ini tidak berlangsung lama, makanan atau minuman yang tinggi gula tetapi kurang mengandung protein, serat atau lemak, mengakibatkan peningkatakn energi yang drastis dan selanjutnya diikuti oleh penurunan gula yang drastis pula. Tentu hal ini akan membuat energi menjadi tidak stabil, agar energi anda tetap stabil saat mengkonsumsi makanan manis, pastikan memilih makanan yang juga mengandung karbohidrat, protein maupun lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *