Dampak Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia Bagi Tubuh

penyebab gula darah rendah

Konidisi gula darah yang rendah disebut juga dengan hipoglikemia, gula darah diangap rendah jika kurang dari 70ml/dL. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan energi yang cukup dan sumber energi dalam tubuh yaitu gula. Gula darah sangat penting bagi otak, jantung, untuk menjaga kulit dan juga penglihatan.

Apa Penyebab Seseorang Mengalami Hipoglikemia?

Ada banyak faktor pemicu gula darah rendah, diantaranya  yaitu tidak makan dalam waktu yang lama, makan lebih sedikit dari biasanya, dan olahraga yang berlebihan. Meskipun gula darah rendah ini terjadi akibat dari tidak makan dalam jangka waktu yang lama, namun tidak semuanya mengalami hal ini, karena seseorang juga terkadang mengalami hipoglikemia setelah makan.

Penyebab selanjutnya dari gula darah rendah yaitu karena beberapa penyakit. Diantaranya adalah gangguan ginjal, hepatitis, penyakit hati, anoreksia nervosa, tumor pankreas, dan kelainan kelenjar adrenal. Ketika gula darah anda terlalu rendah maka sel-sel anda menjadi kekurangan energi, akibatnya anda akan merasa sangat lapar serta terkadang sakit kepala, dan keadaan lain yang berpengaruh dengan rendahnya gula darah yaitu sistem saraf pusat.

Setelah anda makan, glukosa akan langsung diserap kedalam aliran darah yang kemudian akan mengalir ke sel-sel tubuh. Ketika anda mengkonsumsi glukosa yang lebih banyak dari yang dibutuhkan, maka glukosa akan tersimpan di hati dan otot atau akan dirubah dalam bentuk lemak.

Baca juga : Jenis Sakit Kepala dan Cara Pengobatan Alami yang Ampuh

Tanpa glukosa yang cukup, tubuh tidak akan dapat melakukan fungsinya dengan normal. Oleh sebab itu, untuk memastikan tubuh berfungsi dengan normal tentu anda perlu mengetahui apakah gula darah anda sedang turun atau tidak. Cara mengetahui gula darah anda sedang turun atau tidak dapat dilihat dari gejala yang tampak atau dirasakan oleh tubuh. Diantaranya adalah irama jantung yang tidak teratur, kelelahan, wajah pucat, berkeringat, rasa lapar meningkat, hingga sensasi kesemutan di sekitar mulut. Jika hipoglikemia semakin memburuk maka gejala yang ditimbulkan juga akan semakin memburuk. Diantaranya yaitu gangguan visual seperti penglihatan mulai kabur dan bahkan hingga hilangnya kesadaran.

Ketika anda menyadari bahwa gula darah anda sedang turun, sebaiknya segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter, karena penanganan gula darah rendah yang terlambat akan membuat anda hilang kesadaran karena otak membutuhkan glukosa agar bisa berfungsi dengan baik. Anda juga bisa melakukan beberapa hal ini di rumah.

  1. Mengkonsumsi jus sebanyak 4 ons, atau setara dengan setengah gelas jus.
  2. Mengkonsumsi gula atau madu sebanyak 1 sendok.
  3. Mengkonsumsi permen biasa atau permen karet.

Namun selain dengan cara diatas, anda juga harus tetap mengontrol jumlah asupan makanan anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah kenaikan gula darah yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *