Dampak Kerja Shift Bagi Pola Tidur dan Kesehatan

alasan tidak mau kerja shift

Seseorang yang bekerja secara shift akan berdampak terhadap tidurnya dan akan mengalami gangguan tidur karena bekerja shift. Gangguan tidur kerja shift ini menyebabkan kesulitan menyesuaikan diri dengan jadwal tidur atau bangun yang berbeda, seseorang yang mengalami gangguan tidur ini akan mengantuk berlebihan, hal ini tentunya akan mempengaruhi waktu kerja dan juga kegiatan yang lainnya. Namun tidak semua orang yang bekerja secara shift akan mengalami gangguan ini.

Gangguan tidur karena kerja shift merupakan gangguan kronis yang akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang, gejala gangguan ini dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Beberapa gejalanya yaitu, konsentrasi yang berkurang, kekurangan energi, insomnia, dan tidur yang kurang berkualitas. Sehingga ketika anda bangun tidur anda tidak merasa cukup segar, depresi, murung dan dapat menurunkan kinerja anda di kantor.

Keadaan ini sangat buruk bagi jantung dan mengganggu fungsi pencernaananda. Untuk itu anda perlu melakukan beberapa hal yang dapat membantu mengurangi efek buruk dari gangguan tidur kerja akibat shift ini.

Baca juga : Penyebab dan Obat Asam Urat Tradisional yang Ampuh

  1. Usahakan untuk menjaga jadwal tidur secara teratur.
  2. Tidurlah di waktu senggang saat bekerja, misalnya ketika anda istirahat.
  3. Batasi konsumsi kafein, terutama 4 jam sebelum tidur.
  4. Pertahankan pola makan yang sehat, pastikan untuk cukup mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  5. ketika anda memiliki waktu tidur, pastikan anda tidur di kamar atau ruangan yang gelap, dan pastikan sinar matahari tidak dapat masuk ke kamar anda.
  6. Tidur selama 1 jam sebelum berangkat bekerja shift.

Jika anda merasakan gangguan tidur ini sudah parah, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *