Dampak Terlalu Banyak Menggunakan Smartphone

by Dokter Erika
0 comment

radiasi hp

Sakit kepala, stres, kegelisahan, penurunan ketajaman visual, dan lain lain merupakan dampak dari terlalu sering menggunakan smartphone. Menggunakan smartphone terlalu sering juga dapat merusak saraf yang ada di tangan. Dampak yang ditimbulkan jika dilakukan terus menerus dapat merusak saraf median yang bekerja mengkontrol gerakan jempol, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis.

Kerusakan terhadap saraf diatas akan menghasilkan ketidaknyamanan dalam menggerakan jari yang terhubung olehnya. Gejala awal yang biasa terjadi seperti kesemutan dan juga merasakan kaku pada jari. Jika dilanjutkan maka jari–jari tersebut tidak akan bisa digerakkan lagi.

Hal ini bisa terjadi karena di tangan kita terdapat suatu bagian atau biasa disebut terowongan, dimana saraf yang melewati “Tunnel” dilindungi oleh tulang karpal yang terletak di bagian bawah telapak tangan serta ligament yang bernama “transverse carpal ligament” di bagian atas. Selain saraf median, beberapa tendon juga melewati jalur ini.

Baca juga : Bagaimana Proses Kita Buang Angin?

Ketika terdapat banyak gerakan, maka akan menyebabkan penumpukan synovial fluid (suatu carian yang membantu melumasi tendon) dan berakhir menekan saraf median. Hal ini disebut “Carpal Tunnel Syndrome”. Hal yang sama juga bisa terjadi pada saraf ulnar kita dan akan menjadi Cubital Tunnel Syndrome. Pada kasus yang parah, terkadang menunjukan tanda klinis berupa Hands of Benedict atau Preachers hand, dan claw hand.

Jika belum terlalu parah, bisa diberikan obat oleh dokter atau suntikan, serta gerakan-gerakan spesifik untuk meringankan gejala. Jika sudah terlalu parah, maka operasi dibutuhkan untuk melepaskan tekanan pada saraf.

Related Posts

Leave a Comment