Dokter Spesialis Masalah Kesehatan Gigi yang Tepat untuk Penanganan Terbaik

Mengenal Spesialisasi Dokter Gigi

Kesehatan gigi harus kita jaga dengan menggosok gigi setiap hari dan melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan demikian, masalah gigi bisa diantisipasi lebih cepat dan ditangani dengan baik. Jangan sampai kita menyesal karena tidak merawat gigi secara rutin yang berakibat pada kerusakan gigi. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi terpercaya setahun sekali. Jika perlu, kita perlu berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis ortodonti untuk memberikan perawatan gigi lanjutan.

Beda Dokter Gigi dan Spesialis Ortodonti

Mungkin Anda pernah melihat plang penunjuk dokter gigi dan dokter spesialis ortodonti tanpa pernah tahu apa maksud dari kata tersebut. Dokter gigi tentu saja seorang dokter yang tahu tentang masalah gigi. Sedangkan dokter spesialis ortodonti merupakan sosok yang mendalami ilmu khusus, yakni bidang ortodonti. Ini merupakan bidang kedokteran gigi yang mempelajari tak hanya kesehatan gigi saja, tetapi juga estetika posisi gigi, rahang, dan juga bentuk wajah.

Tugas utama dokter gigi spesialis ortodonti adalah memperbaiki postur gigi yang tidak teratur dan segala hal yang berkaitan dengan estetika gigi seperti pemasangan kawat gigi, pemasangan gigi palsu, hingga operasi rahang yang berkaitan dengan masalah kesehatan gigi. Namun jika Anda ingin berkonsultasi tentang cara perawatan gigi dan bagaimana cara mempertahankan keutuhan gigi, maka Anda perlu menghubungi dokter gigi dengan spesialisasi lain.

Jika Anda ingin merawat gigi berlubang, melakukan penambalan, perawatan saraf gigi yang mati, hingga informasi pencegahan gigi dan konservasi gigi, maka Anda bisa mencari dokter spesialis konservasi gigi atau yang biasa disebut Endodontis. Mereka adalah dokter yang bertugas untuk merawat dan menyelamatkan gigi yang sudah rusak agar bisa dipertahankan selama mungkin di dalam rongga mulut dan menjaganya agar bisa menjalankan fungsinya.

Baca juga : Gejala Penyakit Kista dan Cara Mengatasi Penyakit Kista

Jadi, jika Anda sedang mengalamai masalah kesehatan gigi, ada baiknya untuk mencari tahu informasi tentang spesialisasi dokter gigi yang tepat agar Anda bisa mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan ditangani oleh ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *