Efek Hipertensi Pada Tubuh yang Sering Diabaikan

penyebab hipertensi

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata-kata hipertensi? Hipertensi merupakan nama lain dari tekanan darah tinggi, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi parah serta dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke hingga menyebabkan kematian.

Dikutip dari American Heart Association, seseorang dikatakan mengalami hipertensi ketika tekanan darah melebihi 130/80, dan tekanan darah tinggi ini tidak memiliki gejala. Seseorang baru mengetahui dirinya mengalami darah tinggi ketika ia mengalami komplikasi akibat darah tinggi, hipertensi ini dapat menimbulkan sejumlah masalah yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Masalah Hipertensi yang Berbahaya bagi Tubuh

  • Mempengaruhi Sistem Syaraf

Hipertensi berperan untuk penyakit demensia. Efek samping penyakit ini memungkinkan anda mengalami kesulitan mengingat atau memahami hal tertentu, anda juga dapat kehilangan fokus saat berbicara, pembuluh darah di mata anda juga bisa rusak, dan jika tekanan darah anda terlalu parah maka akan berdampak terhadap penglihatan anda seperti timbulnya masalah kebutaan.

  • Masalah pada Sistem Pernapasan

Keadaan ini membuat otak, jantung, arteri, dan paru-paru bisa rusak maupun tersumbat. ketika arteri yang membawa darah ke paru-paru tersumbat, ini bisa mengakibatkan emboli paru-paru. Orang dengan darah tinggi juga bisa menimbulkan sleep apnea yang menyebabkan dengkuran keras saat tidur dan gangguan pernapasan ketika tidur, seorang yang mengalami sleep apnea merasa biasanya merasa tidak segar saat bangun pagi.

  • Masalah Saluran Kencing

Tugas ginjal adalah membantu darah untuk membuang kotoran, mengatur volume dan tekanan darah, serta menyaring limbah melalui urin. Untuk melakkan beberapa tersebut maka dibutuhkan aliran darah yang normal dan sehat, tekanan darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah besar yang mengalir ke ginjal, serta pembuluh darah kecil yang didalam ginjal anda.

Seiring berjalan waktu, hal ini akan membuat ginjal mengalami sakit yang dapat membuat anda mengalami gagal ginjal, orang dengan gagal ginjal tidak lagi memiliki kemampuan untuk membuang limbah dari tubuh mereka. Jika sudah parah, keadaan ini akan membuat tubuh anda membutuhkan transplantasi ginjal.

Baca juga : Dampak Kerja Shift Bagi Pola Tidur dan Kesehatan

  • Timbul Masalah pada Sistem Rangka atau Tulang

tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah pada tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis, keadaan ini lebih beresiko terhadap wanita yang sudah menopause.

  • Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Sistem sirkulasi pembuluh darah atau arteri utama akan membawa darah ke seluruh tubuh dan menyuplai ke organ serta jaringan vital, ketika tekanan darah mulai meningkat maka hal ini dapat merusak dinding arteri anda. Kerusakan dinding arteri juga dapat menimbulkan  terjadinya penumpukan kolesterol, sehingga hal ini akan membuat arteri menyempit dan  hasilnya akan membuat seseorang mengalami serangan jantung. Hipertensi atau darah tinggi ini cukup berbahaya karena tidak menimbulkan gejala apapun.

Dengan penjelasan diatas maka sebaiknya anda rutin untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala dan teratur, dan jika anda mengetahui bahwa terdapat tekanan darah yang tinggi pada tubuh, maka anda bisa secara cepat menanganinya sebelum timbul komplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *