Efek Penggunaan Headphone Berlebihan terhadap Pendengaran

bahaya menggunakan headset saat tidur

Banyak orang yang suka memaksimalkan volume musik mereka sambil menggunakan headphone karena suka dengan perasaan tenggelam di dalam musik tersebut, banyak juga yang sedikit khawatir karena takut merusak telinga. Sebenarnya, bagaimana cara headphone bisa merusak telinga kita?

Disaat gelombang suara mencapai telinga, maka gendang telinga kita akan bergetar dan getaran ini akan ditransmisikan ke bagian dalam telinga melalui beberapa tulang kecil agar mencapai koklea. Koklea merupakan suatu bilik berisi cairan yang didalamnya terdapat ribuan rambut kecil, disaat getaran suara mencapai koklea maka cairan di dalamnya akan ikut bergetar dan menyebabkan rambut-rambut tersebut bergerak.

Suara yang lebih besar akan menimbulkan getaran yang lebih besar juga, serta akan menyebabkan rambut-rambut pada koklea bergerak lebih banyak. Disaat kita mendengarkan suara yang terlalu besar dalam jangka waktu yang lama maka sel-sel rambut tersebut akan kehilangan sensitivitas terhadap getaran.

Banyaknya suara yang diterima oleh telinga akan menyebabkan sel-sel tersebut bengkok atau terlipat, ini yang menyebabkan sensasi kehilangan pendengaran untuk sementara dan akan butuh waktu bagi sel-sel rambut koklea pulih.

Dalam beberapa kasus, sel-sel yang terdapat didalam koklea tidak pernah pulih. Kerusakan yang terlalu berat akan mencegah sel-sel tersebut berfungsi secara normal kembali dan bahkan dapat berakhir menjadi kehilangan pendengaran yang permanen yang hampir tidak mungkin untuk disembuhkan, karena sampai sekarang belum ditemukan obat yang dapat memperbaiki kerusakan pada bagian dalam telinga.

Salah satu tanda bahwa anda telah mengalami pengurangan pendengaran adalah disaat kesusahan mendegar di situasi yang berisik seperti restoran, mall, atau keramaian. Dalam kasus ini anda juga akan meminta lawan bicara mengulangi kata-kata mereka.

Baca juga : Dampak dan Cara Mengatasi Insomnia Karena Handphone

Tidak butuh suara yang sangat keras untuk merusak telinga, karena penggunaan headphone berlebih walaupun dengan volume yang tidak terlalu keras juga bisa merusak pendengaran, durasi paparan juga salah satu faktor dari sebab rusaknya pendengaran kita.

Salah satu penelitian di Korea menunjukan terjadinya peningkatan kehilangan pendengaran sebanyak 1.19 kali lipat setiap menggunakan earphone selama satu jam, karena alasan ini maka banyak ahli yang menyarankan kita untuk menggunakan headphone yang menutupi telinga secara keseluruhan atau Over-the-Ear Headphones.

Jarak tambahan antara speaker dengan telinga  juga bisa mengurangi kekerasan suara dari headphone dan membantu mencegah kehilangan pendengaran. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan fitur “Noise Cancelling” pada headphone tertentu, kebanyakan orang memaksimalkan volume untuk menenggelamkan suara sekitar jika anda menggunakan fitur tersebut, jadi anda tidak perlu memaksimalkan volume untuk menghindari gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *