Efek Samping dan Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Daun Sirsak Memiliki Efek Samping dan Manfaat untuk Kesehatan

Sirsak atau yang juga dikenal dengan sebutan nangka Belanda ini bisa ditemukan di negara yang memiliki iklim tropis. Tanaman ini biasanya diambil buahnya karena daging buah sirsak memiliki rasa yang enak meski sedikit asam. Akan tetapi, nenek moyang kita juga ternyata memanfaatkan daun sirsak sebagai salah satu ramuan obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan. Ya, ada banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan. Apalagi buah sirsak juga mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, hingga karbohidrat dan fruktosa.

Efek Samping Daun Sirsak

Namun sebelum membahas tentang khasiat daun sirsak, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui efek samping penggunaan daun sirsak sebagai obat. Sama seperti dengan obat herbal lain, daun sirsak juga memiliki resiko efek samping yang bisa menimbulkan masalah kesehatan baru. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, hal tersebut ternyata bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal dan hati. Apalagi kini tersedia ekstrak daun sirsak dalam bentuk suplemen yang jika dikonsumsi juga bisa menimbulkan resiko gangguan pada saraf otak. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang diperbolehkan mengkonsumsi daun sirsak. Orang yang tengah menjalani pengobatan diabetes, hipertensi, dan memiliki riwayat penyakig ginjal dan hati dilarang mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat.

Manfaat Daun Sirsak

Nah, setelah membahas tentang efek samping yang mungkin terjadi jika mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan, berikut beberapa manfaat minum daun sirsak yang sudah direbus hingga matang.

  1. Obat Asam Urat Alami

Daun sirsak berguna sebagai ramuan untuk mengobati asam urat secara alami. Cara mengkonsumsi daun sirsak untuk mengobati asam urat cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil 8 lembar daun yang sudah tua untuk dicuci bersih. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan ramuan tersebut bisa diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

  1. Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Kanker dikenal sebagai salah satu penyakit ganas yang belum ada obatnya hingga saat ini. Penggunaan obat herbal ataupun terapi hanya memperlambat penyebaran sel kanker agar tidak menjalar ke organ lain. Daun sirsak dipercaya bisa membantu mengurangi gejala yang timbul akibat kanker prostat, paru-paru, dan kanker payudara. Proses pembuatan ramuan ini sama, yakni dengan cara merebus daun sirsak untuk diminum secara rutin.

  1. Mengobati Sakit Punggung

Punggung bisa terasa nyeri akibat dari trauma benturan benda tumpul atau karena menurunnya ketahanan otot dan tulang. Untuk mengatasi sakit punggung yang sering dirasakan, Anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak untuk diminum sarinya.

  1. Obat Eksim

Selain direbus dan diminum sarinya, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati eksim sebagai obat topikal oles. Jika eksim muncul di area kulit, maka Anda bisa menggunakan pasta daun sirsak sebagai obat luar alami. Anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun sirsak hingga halus lalu membalurkan pasta tersebut ke area yang sakit. Oleskan dua kali sehari secara teratur untuk mempercepat penyembuhan eksim.

  1. Menyembuhkan Bisul

Pasta dari daun sirsak yang sudah ditumbuk halus juga bisa digunakan untuk mengobati bisul yang sering muncul di area pantat. Bisul terjadi akibat adanya infeksi pada kulit sehingga muncul benjolan dengan nanah sebagai ujungnya. Benjolan ini menimbulkan rasa sakit dan bekas lukanya juga akan terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, coba gunakan ramuan daun sirsak yang ditumbuk halus sebagai obat oles.

Baca juga : Tips Mengatasi Cegukan secara Alami pada Bayi dan Orang Dewasa

  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Manfaat lain dari daun sirsak adalah membantu menghilangkan kutu pada rambut. Kutu merupakan hewan kecil yang mudah berkembang pada kulit rambut yang kotor. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirsak yang sudah dingin untuk mencuci rambut sebagai pengganti shampoo saat keramas. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Namun jangan lupa untuk mencuci dan membilas dengan air bersih hingga tidak ada sisa potongan daun yang menempel pada rambut.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Satu lagi khasiat yang bisa kita dapatkan dari air rebusan daun sirsak, yakni untuk menjaga kesehatan mata. Anda boleh sesekali mengkonsumsi air rebusan tersebut karena berdasarkan National Eye Institute, anti oksidan yang terkandung pada daun sirsak bisa membantu menjaga kesehatan mata dan meminimalisir resiko terkena katarak hingga mencapai 25%.

  1. Menghambat Tumbuhnya Tumor

Meski belum ada penelitian yang mendukung pernyataan ini, namun banyak yang percaya bahwa daun sirsak juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit, hingga perkembangan tumor yang merusak jaringan tubuh. Senyawa anti oksidan akan membantu tubuh melawan bibit penyakit yang mencoba untuk melemahkan sistem pertahanan tubuh kita.

  1. Mengobati Wasir

Penderita wasir pasti tahu betapa menyakitkannya masalah kesehatan yang satu ini. Selain bisa menyebabkan sambelit, wasir juga membuat kita sulit dalam buang air besar. Alhasil wasir bisa menjadi semakin parah jika tidak langsung diobati dan dirawat. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan daun sirsak yang dipercaya bisa menghentikan pendarahan pada rektum sekaligus membuat otot di sekitarnya menjadi lebih rileks.

Itulah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang efek samping dan manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh kita. Perlu diketahui bahwa obat herbal digunakan sebagai pendamping perawatan yang dilakukan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *