Fakta Bahwa Kurang Tidur Ternyata Berbahaya

pola tidur yang baik

Tidur setidaknya harus dilakukan selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya, hal ini agar menjaga kebugaran tubuh saat beraktifitas pada keesokan harinya. Tidur yang yang rutin dilakukan selama 7 hingga 9 jam merupakan waktu tidur yang sangat ideal bagi anda. Berikut beberapa tanda anda apabila kurang tidur.

Dampak Kurang Istirahat Bagi Tubuh

  • Berat Badan Naik

Ketika seseorang kurang tidur dan merasa lelah biasanya mereka tidak memperhatikan apa yang dikonsumsinya. Akibatnya berat badan menjadi naik.

  • Mata Tampak Kurang Segar

Mungkin anda sudah tahu tentang hal ini. ketika kurang tidur,  mata menjadi terlihat sayu atau kurang segar. Selain itu mata juga menjadi berwarna kemerahan dan bengkak, hingga muncul lingkaran hitam. Tidur dengan nyenyak dapat memperbaiki sel kulit yang rusak. Jadi ketika anda kurang tidur akan mengganggu proses perbaikan kulit, kurang tidur juga membuat kulit menjadi tidak sehat serta membuat kerutan pada kulit mudah muncul. Dengan begitu pastikan anda untuk cukup tidur setiap malamnya

  • Rasa Lapar Meningkat

Ketika waktu tidur berkurang, produksi hormon ghrelinakan meningkat, hormon ghrelin merupakan hormon yang meningkatkan rasa lapar. Selain itu, ketika jadwal tidur yang tidak teratur akan mengacaukan hormon leptin, yaitu hormon kenyang dalam tubuh. Akibatnya anda akan merasa lebih sering merasa lapar ketika kurang tidur.

  • Sulit Sembuh Dari Penyakit

Pada saat tidur, sistem kekebalan tubuh menghasilkan zat pelindung untuk membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Kurang tidur dapat mencegah sistem kekebalan tubuh membangun kekuatannya, dan kurang tidur juga memungkinkan tubuh menjadi lebih lama untuk pulih dari sakit.

Baca juga : Penyebab Cacar Air dan Cara Perawatan Cacar Air di Rumah

  • Meningkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

Apabila anda kurang tidur, maka tubuh akan memproduksi tingkat insulin yang lebih tinggi setelah tidur. Insulin ini mengontrol gula darah, ketika kadar insulin lebih tinggi maka akan meningkatkan penyimpanan lemak serta meningkatkan resiko diabetes tipe 2

  • Meningkatkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke

Tidur membuat jantung dan pembuluh darah tetap sehat. Termasuk didalamnya gula darah, tekanan darah hingga tingkat peradangan. Seseorang yang tidak cukup tidur lebih mungkin terkena peyakit kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *