Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Pagi Hari

mual di pagi hari asam lambung

Mual adalah perasaan ingin muntah, biasanya mual juga disertai dengan gejala lain Seperti diare, berkeringat, hingga kram pada perut. Mual saat pagi hari memang lebih banyak dirasakan oleh wanita hamil yang sedang merasakan morning sickness, namun nyatanya tidak hanya wanita hamil saja yang merasakan mual saat pagi hari.

Faktor Pemicu Mual

  • Sembelit

Sembelit dapat memperlambat fungsi pencernaan didalam tubuh, akibatnya akan merasakan mual akibat hal ini.

  • Infeksi Telinga Bagian Dalam

Ketika mengalami infeksi telinga bagian dalam, maka hal tersebut bisa membuat anda merasa pusing juga disertai dengan gejala lain yaitu mual.

  • Batu Empedu

Batu empedu terjadi pada kantung empedu ketika kolesterol mengeras. Hal ini tentu akan mengimbulkan rasa sakit, selain itu rasa mual atau muntah juga mungkin akan terjadi.

  • Asam Lambung atau GERD

GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan tenggorokan, penderita akan merasakan asam ketika mengalami hal ini, gejala lainnya muncul seperti batuk dan sendawa, keadaan ini juga bisa mengakibatkan mual. Asam lambung bisa menjadi lebih buruk saat pagi hari, Sehingga rasa mual yang dirasakan juga lebih kuat pada saat pagi hari.

  • Gula Darah Rendah

Tingkat glukosa yang rendah dalam darah akan membuat anda merasa pusing, mual, hingga ingin muntah. Keadaan ini bisa semakin parah ketika anda melewatkan sarapan pada pagi hari, untuk itu pastikan anda menyantap makanan atau minuman saat pagi hari agar gula darah anda kembali normal.

  • Kelelahan dan Tidur yang Bermasalah

Hal ini biasanya terjadi ketika anda sedang jetlag, insomnia atau sulit tidur,  dan bangun tidur yang lebih cepat dari seharusnya. Perubahan pola tidur juga terkadang bisa menimbulkan rasa mual saat pagi hari. Untuk itu pastikan istirahat yang cukup untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk sebelum melakukan aktivitas.

Baca juga : Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

  • Keracunan Makanan

Keracunana makanan bisa menimbulkan rasa mual. Tidak hanya mual, keracunan makanan ini juga biasanya dibarengi dengan gejala lain seperti diare, sakit perut, dan kram perut. Jika anda mengalami keracunan makanan dan merasa mual saat pagi hari, mungkin bisa karena faktor makanan yang anda konsumsi saat malam hari.

  • Gastroenteritis

Kondisi ini memiliki gejala yang hampir sama dengan seseorang yang mengalami keracunan makanan, namun hal ini tentu berbeda. Gastroenteritis disebabkan oleh bakteri, parasit serta virus yang ditransfer dari satu orang ke orang lain melalui makanan, kotoran, hingga air minum yang terkontaminasi.

Ada beberapa cara untuk menangani mual saat pagi hari, namun hal ini tentu berbeda-beda tergantung apa yang menjadi penyebab dari mual yang anda rasakan. Jika mual yang anda rasakan akibat gaya hidup atau pola makan, ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya mual, diataranya seperti tidur yang teratur, hindari mengonsumsi makanan berat dan berlemak sebelum tidur,  dan sering melakukan relaksasi untuk mengurangi tingkat stres yang sering anda alami. Namun jika kondisi medis atau penyakit yang mendasarinya maka anda bisa segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *