Fobia Lubang (trypophobia) dan Cara Mengatasinya

test trypophobia

Trypophobia merupakan rasa takut atau jijik pada lubang yang padat, bahkan seseorang bisa sampai merasa mual ketika melihat lubang yang berkumpul berdekatan, sebagai contoh adalah bintik-bintik pada strawberry. Keadaan ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan bahkan sangat terganggu.

Banyak faktor yang dapat memicu trypophobia, diantaranya dari sarang lebah, biji- bijian, batu karang, gelembung dan hewan tertentu. Beberapa gejala yang akan dirasakan oleh seseorang dengan trypophobia ini seperti merinding, merasa jijik, merasa tidak nyaman, berkeringat, mual, hingga tubuh menjadi bergetar.

Trypophobia dapat diatasi dengan beberapa cara dan salah satu cara yang paling efektif yaitu terapi eksposure, dimana psikoterapi akan berfokus untuk mengubah respons pasien terhadap objek atau situasi yang menyebabkan pasien merasa takut atau jijik. Terapi lain yang bisa dilakukan yaitu dengan perilaku kognitif, terapi ini merupakan gabungan dari terapi kesposure dan terapi lain, terapi ini hanya membantu anda untuk mengelola kecemasan serta menjaga pikiran.

Baca juga : Gangguan Psikologi OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

Selain mengkonsumsi obat dan mengikuti terapi, anda juga bisa melakukan beberapa hal di rumah, yaitu dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat, hindari konsumsi kafein atau zat lain yang dapat memperburuk rasa cemas, dan lakukan olahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *