Fungsi Tramadol, Dosis yang Direkomendasikan, dan Efek Samping Obat

Gambar Tramadol

Nama Tramadol sempat menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Hal tersebut sebagai akibat dari terjadinya penggerebegan anak muda yang mengkonsumsi obat ini dalam jumlah yang tidak wajar. Tramadol merupakan sebuah jenis obat untuk mengatasi rasa sakit, nyeri, dan membantu mengurangi rasa sakit akibat operai terbuka. Itulah fungsi Tramadol yang sesungguhnya. Obat ini memang mirip dengan analgesik narkotika dengan mengubah cara otak kita bekerja dalam menerima rasa sakit.

Cara Mengkonsumsi Tramadol

Obat ini dikonsumsi secara langsung dengan cara ditelan langsung menggunakan air atau buah pisang. Dokter biasanya memberikan anjuran khusus agar pasien mendapatkan dosis yang tepat. Biasanya dosis tersebut disesuaikan dengan kondisi dan keadaan pasien dalam masa penyembuhan. Dokter biasanya akan menyarankan untuk mengkonsumsi Tramadol dalam dosis yang rendah guna mengetahui apakah Anda merasakan efek samping obat ini. Namun jika tidak maka biasanya dokter akan memberikan dosis yang pas.

Biasanya pasien akan dianjurkan dokter untuk mengkonsumsi 50 hingga 10 mg Tramadol setiap 4 atau 6 jam sekali, tergantung rasa sakit yang dialami. Pada pasien yang baru saja menjalani operasi terbuka biasanya Tramadol akan diberikan setiap 4 jam sekali agar rasa nyeri bekas jahitan tidak terasa menyakitkan. Sedangkan bagi anak di bawah usia 12 tahun maka dokter akan memberikan pertimbangannya sendiri terhadap pemberian obat ini. Jika tidak terlalu diperlukan maka dokter akan merekomendasikan obat penghilang rasa sakit non-narkotik lain seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Pada pasien yang berusia lebih dari 75 tahun, maka dosis maksimal yang direkomendasikan setiap hari adalah 300 mg. Itupun jeda waktu mengkonsumsi obat ini harus dijaga secara ketat agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Sedangkan pada kondisi normal, dosis maksimum yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 400 mg per hari.

Efek Samping Obat Tramadol

Sama seperti obat lain, efek samping obat Tramadol juga bisa dirasakan oleh pasien. Biasanya pasien akan merasakan jantung yang beretak lebih cepat. Mereka juga mengalami rasa tidak nyaman di saluran pencernaan hingga terjadi diare, mual, muntah, dan perut terasa seperti bergejolak. Pada kasus yang lebih serius lagi Tramadol bisa menyebabkan kejang-kejang dan munculnya ruam pada kulit.

Oleh karena itu penggunaan Tramadol harus disesuaikan dengan resep dokter. Obat ini juga memiliki efek samping lain yang tidak terlalu serius, seperti mengantuk, pusing ringan, merasa cemas, dan mulut yang terasa kering.

Cara Penyimpanan Obat Tramadol

Tramadol bisa disimpan di lemari es dan terhindar dari matahari secara langsung. Bagi Anda yang sudah selesai menggunakan obat ini bisa membuang Tramadol dan menghancurkannya agar tidak disalahgunakan. Pastikan Anda mengkonsumsi Tramadol sesuai dengan resep dokter agar Anda mendapatkan khasiat yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *