Gejala dan Cara Mengatasi Menopause

ciri ciri menopause pada wanita

Ketika wanita mengalami menopause, maka ia tidak akan mengalami menstruasi selama 1 tahun. Usia terjadinya menopause juga bervariasi, biasanya terjadi pada usia 40 hingga awal 50 tahun.

Menopause juga menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, gejala tersebut disebabkan dari penurunan produksi estrogen dan progesteron didalam indung telur. Gejala lain juga adanya kenaikan berat badan dan penipisan jaringan vagina, menopause juga dapat meningkatkan resiko osteoporosis.

Hal Apa yang Perlu Diketahui Tentang Menopause?

  • Usia Menopause

usia rata-rata seseorang mengalami menopause yaitu 51 tahun atau setidaknya dalam rentang usia 45 hingga 55 tahun, namun tahap awal penurunan fungsi ovarium sendiri sudah terjadi beberapa tahun sebelum menopause. Ada hal-hal yang membuat anda mengalami menopause lebih cepat atau menopause dini, diataranya yaitu disebabkan oleh kemoterapi atau merokok.

  • Perimenopause

perimenopause merupakan masa transisi menuju menopause, keadaan ini akan menyebabkan produksi hormon dari indung telur mulai menurun, tanda dari perimenopause adalah siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

  • Hot Flashes

hot flashes merupakan suatu perasaan panas di beberapa bagian tubuh dan biasanya perasaan panas ini terjadi di leher, wajah, hingga dada. Hot flashes sendiri bisa saja terjadi pada siang atau malam hari, hotflashes dapat diketahui dari gejala yang ditimbulkan. Beberapa diantaranya seperti kulit berubah menjadi warna merah atau timbul bercak-bercak merah.

Hot flashes dapat dihindari dengan beberapa cara seperti menghindari konsumsi alkohol, makanan pedas, stres, tempat yang panas, berat badan berlebih hingga merokok. Untuk menghindari hot flashes, anda sebaiknya menggunakan pakaian yang tipis serta melakukan latihan pernapasan.

Baca juga : Dampak Buruk Stres yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

  • Menopause dapat Mempengaruhi Kesehatan Tulang

Penurunan produksi hormon estrogen ketika menopause dapat mempengaruhi jumlah kalsium dalam tulang anda, keadaan ini juga dapat menurunkan kepadatan tulang secara signifikan hingga dapat mengakibatkan osteoporosis.

  • Osteoporosis yang Berdampak Terhadap Berat Badan

Perubahan kadar hormon saat menopause dapat menyebabkan anda bertambah gemuk, dengan begitu hal yang bisa anda lakukan diantaranya dengan mempertahankan berat badan seimbang serta olahraga yang teratur. Menopause merupakan gejala alami setiap wanita yang sudah mulai berusia lanjut, jika anda memang merasakan gejala yang kurang baik atau kurang nyaman maka anda dapat berkonsultasi kepada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *