Gejala Penyakit Tipes dan Makanan untuk Mengobati Tipes secara Alami

Tipes Bisa Terjadi pada Anak dan Orang Dewasa

Demam merupakan jenis penyakit yang paling umum terjadi di Indonesia. Tapi dari sekian banyak jenis demam yang terjadi di kalangan masyarakat, demam tifoid adalah jenis yang cukup serius. Tifoid atau yang dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan penyakit tipes adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi bakteri di salah satu organ tubuh kita. Parahnya, infeksi tersebut bisa mempengaruhi beberapa organ sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jangan heran kalau ada penderita yang mengalami komplikasi serius yang berakibat fatal karena tidak mendapatkan penanganan khusus. Kita harus mengetahui penyakit tipes dan gejalanya agar bisa mengenali sejak dini dan memberikan perawatan yang tepat jika infeksi mulai menyerang tubuh.

Tipes adalah penyakit yang disebaban karena bakteri Salmonella Typhi. Penyakit tipes bisa ditularkan dari seseorang ke orang lain. Bakteri menggunakan feses dan urin sebagai media untuk mencari mangsa baru. Pada beberapa kasus juga ditemukan penderita yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri juga bisa tertular secara langsung. Dengan kata lain, lingkungan yang tidak bersih dan sehat membuat resiko untuk terkena penyakit tipes semakin tinggi. Apalagi penyakit tipes merupakan jenis demam yang paling umum sehingga tidak ada batasan umur untuk terkena resiko penyakit tipes. Jika kekebalan tubuh menurun, maka seseorang berpotensi terinfeksi bakteri penyebab tipes.

Ciri Ciri Gejala Types

Meski bukan merupakan penyakit kronis, tapi penanganan yang telat bisa mengancam jiwa sang penderita. Oleh karena itu sudah sepantasnya jika kita mengetahui ciri ciri gejala types yang umum terjadi. Apa saja?

  1. Demam Tinggi

Ini merupakan gejala yang paling umum terjadi saat seseorang terinfeksi bakteri Salmonella Typhi. Demam menjadi awal mula tanda bahwa penyakit mulai menggerogoti sistem kekebalan tubuh. Biasanya demam akan berlangsung beberapa hari, bahkan bisa terjadi lebih dari 7 hari. Tak hanya itu saja, demam tinggi bisa mencapai 40-derajat Celsius yang membuat sang pasien merasa tidak nyaman. Demam akan membuat penderita merasa lemas, lelah, dan menggigil di malam ataupun siang hari.

  1. Batuk Kering

Pada satu minggu pertama kemunculan penyakit ini, penderita akan mengalami batuk kering. Batuk biasanya akan membuat nyeri di dada karena terjadi secara terus menerus. Kondisi tersebut membuat penderita merasa tidak memiliki nafsu makan sehingga tubuh mulai kehilangan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat imunitas. Cara terbaik untuk meredakan batuk adalah dengan memperbanyak istirahat. Penderita juga diharuskan mendapatkan konsumsi air putih yang cukup agar tidak dehidrasi dan terus merasa lemas.

  1. Diare

Bakteri Salmonella merupakan jenis yang sering mengganggu sistem pencernaan. Jadi tidak heran jika penderita tipes juga menunjukan gejala gangguan pencernaan seperti diare. Perut terasa kembung dan keras, yang biasanya dialami oleh pasien dewasa. Rasa sesak, begah, dan tidak nyaman pun mengiringi gejala lain seperti demam. Jika hal ini terjadi, segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mencegah hal buruk yang bisa terjadi seperti pendarahan pada usus.

  1. Mual dan Muntah

Gangguan pencernaan lain yang sering muncul saat penyakit ini menyerang adalah mual dan muntah. Perasaan tersebut memperparah kondis pasien karena sulit mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika penderita sampai kesulitan untuk makan, ada baiknya untuk langsung opname agar mendapatkan cairan tubuh tambahan melalui saluran infus. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya penderitaan yang lebih menyakitkan.

Itulah empat gejala yang sering ditunjukkan oleh penderita penyakit tipes. Biasanya gejala tersebut muncul tak kurang dari 3 hari dan bisa berlangsung hingga 1 minggu.

Mendapatkan penanganan dari dokter merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan penyakit tipes. Dokter tentu akan memberikan antibiotik sebagai cara untuk membunuh bakteri yang menginfeksi organ tubuh kita. Antibiotik ini harus dihabiskan agar bakteri benar-benar mati dan tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Tipes merupakan jenis penyakit rekuren, artinya penyakit ini bisa kambuh meski penderita telah dinyatakan sembuh.

Tipes Disebabkan oleh Bakteri Salmonella Typhi

Makanan untuk Penderita Penyakit Tipes

Selain mendapatkan perawatan dan penanganan dari dokter, masyarakat Indonesia telah mengenal beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa menjadi obat alami untuk penyakit tipes. Berikut daftar obat tipes alami yang bisa Anda konsumsi.

  • Bawang Putih

Tanaman yang dikenal sebagai salah satu bumbu masakan ini juga terbukti ampuh untuk menjadi obat pendamping penyakit tipes. Anda bisa mengkonsumsi 2 siung bawang putih mentah karena senyawa yang terkandung pada bawang putih bersifat anti bakteri. Alternatif lain, Anda bisa menghancurkan bawang putih untuk dicampur dengan susu lalu direbus untuk diminum 3 kali sehari. Akan tetapi penggunaan bawang putih untuk mengobati penyakit tipes ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, ataupun pada balita.

  • Cengkeh

Cengkeh mengandung minyak esensial yang bersifat anti bakteri, hampir sama dengan bawang putih. Tidak heran jika bahan yang satu ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tipes. Cengkeh bahkan jauh lebih enak dikonsumsi karena memiliki aroma khas yang menenangkan. Selain mengobati tipes, cengkeh juga bisa meringankan gejala lain yang menyertai seperti diare, mual, dan juga muntah. Anda bisa merebus cengkeh hingga mendidih, lalu mengkonsumsi larutan tersebut ketika sudah dingin. Minum dengan rutin selama 1 minggu untuk mendapatkan efeknya.

  • Daun Basil

Di Indonesia, daun basil juga dikenal dengan sebutan daun selasih. Daun ini ternyata memiliki sifat antibiotik dan anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella Typhi di dalam tubuh kita. Selain itu, khasiat lain dari daun basil adalah meringankan demam sembari meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pengolahan daun basil untuk mengobati tipes pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan minimal 20 helai daun selasih yang dicampur pada wedang jahe hangat. Jika ingin mendapatkan rasa manis, gunakan madu dalam larutan tersebut.

  • Pisang

Buah yang paling cocok untuk penderita penyakit tipes adalah pisang. Penderita tipes sering kesulitan untuk makan karena kehilangan nafsu dan selera makan. Pisang menjadi makanan alternatif yang bisa mengenyangkan dan juga tidak perlu terlalu lama dikunyah sehingga tidak memberikan efek mual ataupun muntah. Buah sejuta umat ini juga mudah dicerna di dalam usus sehingga tidak membuat kerja sistem pencernaan tambah berat. Selain itu, kandungan kalium pada pisang juga bisa menggantikan peran elektrolit dalam mengembalikan cairan tubuh. Untuk variasi Anda bisa mencampurkan pisang dengan yogurt atau madu sehingga penderita penyakit tipes lebih berselera.

Demikian informasi lengkap tentang gejala tipes pada orang dewasa dan pengobatannya. Melakukan pemeriksaan dengan dokter merupakan sebuah hal yang wajib agar bakteri tersebut tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain. Jangan lupa juga untuk mencoba makanan untuk mengobati tipes agar Anda bisa menyembuhkan penyakit ini dengan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *