Gejala Penyakit yang Menyebabkan Sakit Perut Sebelah Kiri

Nyeri perut sebelah kiri bawah

Artikel Kesehatan – Pernahkah Anda merasakan nyeri yang menyiksa di bagian perut? Berdasarkan anatomi tubuh manusia, perut merupakan bagian yang sangat rentan karena dibalik lapisan kulit perut tidak ada tulang yang melindungi organ di dalam tubuh. Berbeda dengan bagian dada yang dilindungi tulang rusuk, bagian perut bisa terasa sangat nyeri jika dipukul dari luar. Namun jika tiba-tiba Anda merasakan sakit perut sebelah kiri tanpa pernah kena hantaman dari luar, maka hal tersebut bisa menjadi sebuah pertanda ada sesuatu yang tidak beres di dalam organ tubuh.

Di bagian perut merupakan tempat bagi beberapa organ tubuh seperti lambung, usus, hati, pankreas, hingga janin pada wanita. Oleh karena itu, rasa nyeri yang dirasakan bisa menjadi pertanda bahwa salah satu organ tubuh kita sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Sakit perut juga merupakan salah satu gejala yang paling umum. Tapi jika rasa sakit terasa spesifik di bagian kiri saja, maka ada beberapa penyakit yang mungkin terjadi dalam tubuh Anda. Berikut ini kami rangkum penyebab nyeri di perut bagian kiri yang juga merupakan pertanda suatu penyakit.

Arti Sakit Perut Bagian Kiri Atas

  1. Gastiris

Infeksi yang terjadi pada lambung yang dikarenakan bakteri H. Pylori bisa menyebabkan iritasi hingga luka infeksi. Perasaan seperti terbakar atau perih, rasa ingin mual hingga muntah, atau perut terasa kaku setelah makan merupakan gejala umum penyakit gastiris. Biasanya penyakit ini disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dan alkohol. Meski gastiris bisa sembuh dengan sendirinya, namun diperlukan konsultasi dengan dokter jika rasa nyeri tersebut kembali terjadi.

  1. Pankreatitis Akut

Sisi kiri perut bagian atas merupakan tempat pankreas berada sehingga jika terjadi nyeri di bagian tersebut, maka bisa menjadi pertanda ada masalah dengan pankreas Anda. Jika pankreas mengalami masalah, maka Anda akan merasa nyeri di bagian perut atas yang bisa menjalar ke bagian punggung belakang.

  1. Angina

Ini merupakan istilah nyeri dada yang dikarenakan berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina juga merupakan gejala dari penakit jantung koroner. Jika nyeri di perut menjalar ke bagian dada yang diiringi dengan perasaan sesak, nyeri, dan tersengal, maka disarankan untuk segera bertemu dengan dokter untuk melakukan observasi lanjutan.

Ketiga masalah tersebut merupakan beberapa gejala yang merupakan pertanda penyakit saat bagian perut atas Anda terasa nyeri. Namun jika yang terasa nyeri justru bagian bawah, maka ada beberapa prediksi gejala penyakit di bawah ini.

Arti Sakit Perut Bagian Kiri Bawah

  1. Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun di dalam tubuh. Jika Anda kurang minum, maka ginjal akan bekerja ekstra keras dan bisa terganggu aktivitasnya. Penyakit ginjal seperti batu ginjal, infeksi ginjal, hingga gagal ginjal bisa terjadi jika ginjal Anda telah rusak. Biasanya penyakit ginjal ditandai dengan rasa nyeri di bagian perut kiri bawah.

  1. Hernia

Nyeri perut sebelah kiri bawah juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda terkena hernia. Saat jaringan ikat mengendur, jaringan lunak seperti usus bisa mencuat dan menembus bagian ikat yang kendur. Akibatnya dorongan tersebut menyebabkan tonjolan yang menyebabkan nyeri. Tonjolan akan terasa nyeri ketika Anda sedang mengangkat beban berat, membungkuk, hingga mengejan.

  1. Gangguan Pencernaan

Penyakit gangguan pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang menyerang usus besar biasanya menimbulkan kram dan nyeri di perut bagian kiri bawah. Selain rasa nyeri, penderita juga kerap merasa mual, sambelit, hingga demam tinggi.

  1. Divertikulitis

Ini merupakan kondisi dimana kantung kecil membuncit yang muncul di lapisan sistem pencernaan, tepatnya di bagian bawah usus besar. Masalah ini biasanya terjadi pada manula berusia di atas 40 tahun. Jika pelipatan itu terjadi, maka rasa nyeri akan mulai terasa apalagi saat terjadi peradangan dan infeksi.

  1. Kista

Pada wanita, rasa nyeri di bagian kiri bawah tidak boleh disepelekan begitu saja. Kista atau tumor jinak berupa cairan yang tumbuh pada indung rahim bisa menyebabkan nyeri di bagian perut kiri bawah. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan guna mencegah pertumbuhan benjolan tersebut. Bahkan pada kasus kista yang sudah akut, dibutuhkan operasi untuk mengangkat benjolan.

Baca juga : Kebiasaan yang Bikin Susah Tidur dan Cara Mengatasi Insomnia

Tips Mengatasi Nyeri Perut Sebelah Kiri

Jika rasa nyeri terjadi, disarankan untuk mengidentifikasi gejala lain yang timbul saat nyeri. Ingat-ingat kapan rasa nyeri muncul dan jika rasa nyeri tidak muncul setelah 2 hari, maka Anda tidak perlu khawatir. Saat rasa nyeri itu tiba, perbanyak istirahat dan tempelkan handuk hangat untuk meringankan rasa nyeri.

Namun bila rasa nyeri terus terjadi selama lebih dari 4 hari dan muncul gejala lain yang mengganggu kesehatan, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *