Jenis Penyakit Ginjal dan Metode Pengobatan Gangguan Ginjal

Tubuh manusia memiliki organ yang bekerja sesuai dengan fungsinya dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan. Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kita. Organ yang terletak di kedua sisi tubuh, tepatnya di bawah tulang rusuk dan berbentuk seperti kacang merah ini bertugas untuk mencuci darah yang beredar dari jantung ke seluruh tubuh. Selain itu, ginjal juga akan menyaring racun yang terkandung dalam darah dan membuangnya melalui urine. Melihat betapa pentingnya peran ginjal bagi kesehatan, kita harus menjaga ginjal agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal. Jika terkena penyakit ginjal, maka memperbaiki fungsi ginjal yang rusak akan sangat sulit untuk dilakukan sehingga kesehatan akan terus terganggu.

Jika terjadi gangguan pada ginjal, maka racun akan terus menumpuk di dalam darah. Ketidakmampuan ginjal dalam menyaring racun akhirnya menimbulkan berbagai jenis penyakit lain yang bisa mengganggu kesehatan. Gejala yang sering muncul saat ginjal kita mengalami masalah antara lain seperti mual disertai muntah, hilangnya selera makan, jumlah urine terus berkurang dan ada perubahan warna urin. Dalam beberapa kasus, urin bisa berwarna merah karena tercampur darah sebagai akibat adanya infeksi. Selain itu, seseorang yang menderita masalah ginjal juga sering mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki. Muncul pula beberapa gejala lain yang mengganggu kesehatan tubuh.

Gagal Ginjal Bisa Dicegah dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Jenis Gangguan pada Ginjal dan Cara Mengatasinya

Dalam dunia medis, ada beberapa jenis gangguan penyakit ginjal yang sering terjadi dan mengganggu kesehatan. Sebelum mengetahui bagaimana mengetahui cara mengatasinya, mari kita mengenal jenis penyakit ginjal.

  • Infeksi Ginjal

Ginjal bisa mengalami infeksi jika ada bakteri yang terdapat pada kandung kemih naik dan menyebar ke salah satu ginjal atau bahkan keduanya. Umumnya masalah ini muncul akibat adanya komplikasi dari saluran kandung kemih.

  • Batu Ginjal

Selain menyaring darah, ginjal juga berfungsi untuk menyaring racun yang masuk melalui makanan. Garam dan mineral yang seharusnya disaring oleh ginjal bisa menumpuk di salah satu ginjal dan membentuk kristal yang sering disebut dengan batu ginjal. Umumnya gejala ini muncul karena urine berwarna pekat sehingga garam dan mineral mengalmai kristalisasi.

  • Ginjal Polikistik

Kista tidak hanya muncul pada rahim saja, tetapi juga bisa muncul pada gijal kita. Ini merupakan jenis penyakit ‘warisan’ dari keluarga. Penyakit ginjal polikistik memang tidak berbahaya, tapi adanya kista bisa mengganggu fungsi ginjal dalam menjaga keseimbangan tubuh.

  • Gagal Ginjal Akut

Ini merupakan masalah dimana ginjal sudah tidak bisa berfungsi secara normal. Apabila tidak segera mendapatkan pertolongan medis yang tepat, racun pada tubuh pasien bisa terus menumpuk dan mempengaruhi organ tubuh yang lain.

  • Penyakit Ginjal Kronis

Penyebab penyakit ginjal kronis adalah gaya hidup yang buruk karena sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Ginjal kronis baru akan divonis jika terjadi penurunan fungsi ginjal selama 3 bulan. Akan tetapi, masalah ini sering tidak dirasakan oleh pasien dan baru ditangani saat kondisi sudah cukup parah.

Ginjal yang Sehat Bisa Menyaring Racun di Dalam Tubuh

Pengobatan Penyakit Ginjal

Melihat bagaimana penyakit ginjal menyerang dan mengganggu kesehatan tubuh kita, alangkah lebih baik jika kita segera mengatasi masalah ginnjal dengan cepat agar tidak terlambat. Ada beberapa cara mengobati penyakit ginjal secara medis yang sering dilakukan oleh dokter. Di bawah ini merupakan metode pengobatan penyakit ginjal, antara lain:

  1. Obat-obatan

Dokter sering memberikan obat darah tinggi golongan ACE inhibitors untuk mengontrol tekanan darah. Jenis obat ini juga bisa mempengaruhi kadar protein dalam urin. Jika pasien mengalami infeksi gijal, dokter akan memberikan antibiotik selama satu atau dua minggu tergantung kondisi pasien.

  1. Terapi Batu Ginjal

Batu ginjal yang masih kecil tidak perlu dilakukan tindakan operasi karena ada terapi untuk mengatasi masalah ini. Biasanya pasien dianjurkan minum air sebanyak 3 liter per hari untuk membersihkan saluran kandung kemih. Obat penghilang rasa sakit pun diberikan untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung belakang.

Selain itu, ada beberapa jenis terapi untuk menghancurkan batu ginjal yang cukup besar, mulai dari terapi menggunakan gelombang suara, tindakan operasi ringan, hingga PCNL yang merupakan operasi dengan mengeluarkan ginjal melalui punggung dengan anestesi total.

  1. Diet

Diet merupakan salah satu obat alami penyakit ginjal yang cukup efektif. Jika terjadi penurunan fungsi ginjal, maka Anda diharuskan menjalani diet rendah protein dan mineral. Pasien juga diharuskan membatasi asupan cairan agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

  1. Terapi Pengganti Ginjal

Jika terjadi gagal ginjal, maka cara penyembuhan gagal ginjal adalah dengan melakukan terapi pengganti ginjal. Yakni sebuah metode menggunakan bantuan alat untuk menggantikan tugas ginjal untuk sementara. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Cuci darah

Pembuluh darah pada bagian lengan akan dihubungkan dengan sebuah mesin khusus untuk membuang zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Biasanya penderita gagal ginjal harus sering melakukan cuci darah mengingat ginjal sudah tidak bisa bekerja secara sempurna.

  • CAPD

Berbeda dengan cuci darah, CAPD menggunakan selaput pada dinding perut untuk proses cuci darah. Biasanya dipasang selang pada dinding perut untuk membuang racun di dalam tubuh pasien.

  • Cangkok Ginjal

Jika ginjal sudah tidak bisa berfungsi secara sempurna, maka pasien bisa menjalani proses transplantasi ginjal. Dokter akan mencari donor ginjal yang cocok dengan tubuh pasien untuk selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. Jika proses transplantasi sukses, maka pasien tidak perlu menjalani terapi ginjal lainnya.

Keempat pengobatan tersebut menunjukkan kepada kita betapa bahayanya penyakit ginjal. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika kita menjaga kesehatan agar terhindar dari gangguan fungsi pada ginjal. Sebelum terjadi hal yang bisa mengganggu kesehatan ginjal, beberapa tips di bawah ini bisa membantu mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal.

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Ginjal

Cara paling mudah adalah dengan menjaga gaya hidup sehat. Anda bisa memulainya dengan membuat daftar tentang kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan berpotensi mengganggu kesehatan. Dengan demikian Anda bisa menghindari hal yang membahayakan organ tubuh, terutama ginjal. Selain gaya hidup, pola makan juga harus diatur agar tubuh mendapatkan asupan yang seimbang. Kurangi makanan atau minuman yang banyak mengandung penyedap ataupun racun yang bisa memperberat kerja ginjal.

Perlu diketahui pula bahwa penyakit gagal ginjal juga bisa disebabkan karena adanya penyakit lain, seperti hipertensi dan diabetes. Pasein yang memiliki riwayat salah satu penyakit tersebut berpotensi mengalami gagal ginjal. Jika diperlukan, lakukan tes darah untuk mengetahui kondisi kesehatan ginjal Anda. Dengan demikian Anda tahu kondisi kesehatan dan jika ada masalah serius, maka bisa dilakukan tindakan pencegahan dini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi serta mengancam kesehatan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *