Jenis Penyakit Meningitis Berdasarkan Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahannya

Meningitis Juga Dikenal dengan Penyakit Radang Selaput Otak

Meningitis adalah radang selaput otak yang terjadi pada bagian membran yang menyelubungi otak dan juga sumsum tulang belakang. Jika bagian tersebut mengalami peradangan yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun mikroorganisme lain, maka akan terjadi gangguan kesehatan yang cukup serius. Apalagi meningitis dikenal sebagai salah satu penyakit yang mematikan dan masuk dalam klasifikasi darurat medis. Jadi jika ada penderita yang terkena meningitis, maka harus segera mendapatkan perawatan dari dokter agar bisa diselamatkan. Artikel kali ini akan membahas informasi lengkap tentang penyakit meningitis dan penyebabnya sehingga kita bisa mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit ini.

Tanda gejala penyakit meningitis sulit dikenali secara detail karena penderita akan mengalami tanda-tanda penurunan kesehatan yang sangat umum. Jika terjadi pada bayi yang baru lahir ataupun anak-anak, meningitis akan muncul dengan tanda demam tinggi dan tubuh yang menggigil. Sedangkan pada orang dewasa bisa ditandai dengan perubahan kondisi mental secara drastis sehingga menjadi linglung dan bingung. Peradangan pada selaput otak juga membuat sakit kepala yang tak tertahankan. Bahkan penderita mulai sensitif dengan area yang terlalu banyak cahaya sehingga jika berada di tempat yang terang penderita akan terasa mual dan muntah. Gejala meningitis yang paling khas disertai dengan leher yang kaku dan sulit untuk digerakkan.

Meningitis sendiri bisa terjadi pada siapa saja dan tak peduli usia. Pada kasus bayi yang terkena meningitis biasanya berujung pada kematian karena penyakit ini sulit untuk dideteksi. Sedangkan pada orang dewasa biasanya meningitis terjadi akibat menurunnya daya kekebalan tubuh. Jadi, bisa dikatakan bahwa semua orang memiliki resiko yang sama untuk terkena penyakit radang selaput otak.

Penyebab Meningitis

Penyebab penyakit radang selaput otak atau meningitis bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung dengan sumber yang menyebabkan munculnya penyakit ini. Berikut informasi lengkap tentang penyebab meningitis berdasarkan sumber penyebabnya!

  • Meningitis Bakterialis

Sesuai dengan namanya, Mmeningitis Bakterialis disebabkan oleh bakteri yang memicu penyakit ini. Jenis penyakit ini merupakan penyakit menular sehingga Anda harus waspada dengan kondisi kesehatan orang di sekitar yang sedang terkena penyakit ini. Meningitis yang terjadi akibat bakteri bisa menyerang saluran pernaasan dan penyebarannya melalui media air liur ataupun lendir dari saluran pernafasan. Jenis bakteri Haemophilus Influenza sering menyerang anak-anak sehingga menyebabkan infeksi pada darah, tenggorokan, sendi, dan bahkan kulit. Anda juga harus mewaspadai bakteri Listeria Monocytogenes yang terkandung pada makanan.

  • Meningitis Virus

Kondisi ini sebenarnya tidak terlalu parah dan bisa hilang dengan sendirinya meski Anda tidak melakukan perawatan khusus. Sama seperti Meningitis Bakterialis, penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa menular dari satu orang ke orang lain. Jenis virus yang bisa menyebabkan meningitis yakni virus Herpes Simplex, HIV, West Nile dan Coltivirus. Penyebaran virus menggunakan media udara, penggunaan barang pribadi secara bersama-sama, dan bahkan bisa menyebar hanya karena menyentuh benda yang terkontaminasi virus penyebab meningitis.

  • Meningitis Jamur

Dari semua jenis penyakit meningitis, penyakit yang dikarenakan oleh jamur ini merupakan yang paling jarang terjadi. Biasanya hanya terjadi pada penderita Kanker dan AIDs yang memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jamur penyebab meningitis terdapat pada kotoran hewan, seperti kelelawar dan burung. Sedangkan penularan virus terjadi melalui media debu yang terhirup oleh penderita.

  • Meningitis Parasit

Parasit jenis tertentu juga bisa menjadi penyebab meningitis dan tidak menular atau menyebar melalui kontak langsung. Biasanya parasit bersemayam pada hasil bumi, kotoran, hewan, dan makanan yang jika masuk ke dalam tubuh manusia maka akan memicu terjadinya radang selaput otak.

Jadi jika Anda bertanya apakah meningitis menular? Ya, meningitis memang menular. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena meningitis bisa sembuh jika pasien mendapatkan pertolongan yang tepat dan tidak terlambat.

Faktor Lain Penyebab Meningitis

Selain karena faktor di atas, penyakit ini juga bisa timbul lantaran kondisi yang diderita oleh pasien membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Penggunaan obat tertentu dan pernah melakukan operasi otak juga bisa menjadi penyebab peradangan meski potensinya sangat kecil. Selain itu, tidak mendapatkan vaksin meningitis saat masih kecil juga membuat resiko terkena penyakit ini semakin besar karena tubuh tidak memiliki kekebalan untuk melawan bakteri, virus, ataupun parasit.

Usia juga menjadi faktor yang menentukan karena anak berusia kurang dari 5 tahun bisa terjangkit virus. Sedangkan meningitis bakterialis bisa menjangkit orang dewasa berusia kurang dari 20 tahun. Pada kasus ibu hamil, meningitis bisa berakhir pada gangguan kehamilan hingga keguguran. Jadi ibu hamil harus menjaga kesehatan dan lingkungan agar terhindar dari resiko meningitis.

Pengobatan Radang Selaput Otak

Setelah mengetahui penyebab dan faktor resiko lain yang menyebabkan meningitis, pengobatan penyakit ini juga harus disesuaikan dengan apa yang menjadi pemicu meningitis. Jika penyakit ini muncul karena bakteri di dalam tubuh, maka pemberian antibiotik akan membantu tubuh mengembalikan kekebalan dalam melawan bakteri yang menyerang selaput otak. Pemberian antibiotic juga meminimalisir terjadinya komplikasi yang membuat kondisi pasien semakin parah. Penderita meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa diobati dengan perawatan intensif di rumah sakit agar bisa dipantau oleh dokter dan perawat.

Sedangkan meningitis viral sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika kondisi pasien cukup parah maka dokter kerap memberikan obat golongan antiviral untuk membunuh virus. Dokter juga pasti akan menyarankan penderita untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi air putih yang banyak agar tubuh tidak kehilangan cairan. Dan jika meningitis disebabkan oleh jamur, maka pemberian obat antijamur sesuai dosis bisa menghalau jamur penyebab meningitis.

Meningitis Bisa Terjadi Akibat Konsumsi Alkohol

3 Kebiasaan yang Menyebabkan Meningitis

Untuk mencegah terjadinya penyakit meningitis, maka Anda harus bisa menghentikan kebiasaan buruk yang menjadi pemicu penyakit ini. Kami sudah merangkum kebiasaan buruk yang menjadi penyebab meningitis.

  1. Minuman Mengandung Alkohol

Bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh kita sudah sangat jelas. Namun banyak yang mengabaikannya sehingga membuat daya tahan tubuh rentan terhadap virus dan bakteri. Mereka yang sering mabuk berpotensi terkena penyakit ini.

  1. Malas Cuci Tangan

Tangan bisa menjadi sumber kuman dan penyakit mengingat fungsinya sebagai organ paling vital bagi manusia. Ada banyak benda yang diraba, dipegang, bahkan digenggam oleh tangan dimana setiap benda membawa bakteri ataupun virus penyakit yang berpotensi menyerang kesehatan tubuh. Mencuci tangan secara rutini bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit meningitis. Gunakan sabun anti bakteri dan membilas dengan air hangat agar kuman benar-benar mati.

  1. Penggunaan Alat Makan Komunal

Selain makanan, alat makan juga bisa menjadi media untuk menyebarkan virus dan bakteri. Penggunaan alat makan secara ramai-ramai (non keluarga) berpotensi menyebarkan penyakit dan kuman lebih banyak. Jika Anda makan di restoran, pastikan Anda memilih tempat makan yang bersih dan menyajikan makanan sehat.

Dengan menghindari ketiga kebiasaan buruk tersebut, kita sudah membantu diri kita sendiri dalam menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *