Jenis Sakit Kepala dan Cara Pengobatan Alami yang Ampuh

Sakit Kepala Bisa Diatasi dengan Cara Alami

Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala, baik itu sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit ataupun sakit kepala karena terlalu banyak pikiran. Tentu saja kedua jenis sakit kepala tersebut berbeda karena otak memiliki ribuan saraf yang memberikan respon berbeda. Bahkan tension headache, atau sakit kepala yang disertai dengan otot leher yang kaku, ini terjadi karena adanya otot kepala, pundak, leher, dan rahang yang tegang. Jadi ada banyak penyebab sakit kepala dan cara mengatasinya pun berbeda tergantung jenis sakit kepala tersebut. Tiap sakit kepala pun memiliki frekuensi yang berbeda, ada yang bisa reda dalam waktu beberapa jam saja, ada pula yang terjadi selama beberapa hari.

Jenis Sakit Kepala

Bagi Anda yang ingin mempraktekkan cara menghilangkan sakit kepala alami, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu jenis sakit kepala yang dihadapi. Berikut beberapa jenis sakit kepala yang sering terjadi:

  • Sakit kepala tegang kronis

Ini merupakan jenis yang paling sering terjadi dengan intensitas yang ringan. Biasanya rasa nyeri terjadi pada kedua sisi kepala secara bersamaan sehingga kulit kepala menjadi lebih sensitif jika disentuh.

  • Migrain

Migrain dikenal sebagai sakit kepala sebelah dengan rasa yang menusuk dan penderitanya mengalami sensasi seperti berdenyut. Pada kasus tertentu, sakit kepala sebelah terasa sangat menyakitkan sehingga menyebabkan gejala lain seperti mual, muntah, hingga gangguan aktivitas.

  • Hemicrania Continua

Ini merupakan sakit kepala di salah satu sisi yang terjadi secara terus menerus dengan intensitas yang tidak menentu, kadang muncul kadang tidak. Tanda lain masalah ini adalah mata yang merah dan berair, terutama jika sakit kepala terjadi hanya di satu sisi saja.

  • Sakit Kepala Berulang

Efek samping obat juga bisa menyebabkan nyeri pada kepala secara berlebihan, apalagi jika Anda harus mengkonsumsi obat pereda nyeri dalam waktu lama. Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang rutin mengkonsumsi obat tertentu.

  • Sindrom Pasca Trauma

Sakit kepala jenis ini terjadi pada penderita yang pernah mengalami trauma kepala, seperti kecelakaan. Jenis sakit kepala ini sering terjadi berulang dan tidak menentu.

  • Glaukoma

Sakit kepala ini hanya terjadi pada seseorang yang berusia lebih dari 60 tahun dan terjadi akibat tekanan bola mata yang meningkat. Penderitanya kerap diberi obat-obatan tertentu untuk meringankan rasa sakit.

Cara Mudah Menghilangkan Sakit Kepala

Setelah mengetahui jenis sakit kepala yang sering terjadi, kini saatnya untuk mengetahui cara mudah menghilangkan sakit kepala secara alami. Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis obat sakit kepala tradisional yang bisa ditemukan di sekitar rumah Anda.

  1. Istirahat

Istirahat merupakan cara paling efektif untuk meringankan sakit kepala. Apalagi jika Anda sudah tidak kuat melakukan aktivitas, maka istirahat dan tidur bisa menjadi solusi tepat. Tidur dengan posisi badan lurus dan di ruangan yang remang-remang untuk meminimalisir sensitivitas mata terhadap cahaya.

  1. Kompres Kening

Cara tradisional untuk mengatasi sakit kepala yang sering dilakukan oleh orang tua sejak zaman dahulu adalah dengan mengompres kepala dengan air hangat. Cara ini bisa membuat otot pada area kepala rileks sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Dengan demikian asupan oksigen ke otak terpenuhi dan rasa sakit pun reda.

  1. Pijat Ringan

Pada sakit kepala yang diakibatkan karena otot leher yang tegang, melakukan pemijatan pada area kepala dan leher bagian belakang bisa membantu meringankan rasa sakit. Pijatan ringan juga bisa membantu penderita merasa lebih nyaman dan rileks.

  1. Jahe

Jahe dikenal sebagai obat sakit kepala tradisional yang paling ampuh dan aman bagi ibu hamil. Anda bisa menyeduh wedang jahe untuk memberikan efek relaksasi. Jahe juga memiliki khasiat yang mirip dengan Sumatriptan, yakni sejenis obat sakit kepala untuk migrain.

  1. Kopi

Kafein pada kopi dalam jumlah yang cukup ternyata bisa membantu mengurangi nyeri sakit kepala. Namun jika Anda memiliki penyakit maagh, kopi tidak dianjurkan untuk mengobati sakit kepala Anda.

Itulah jenis sakit kepala dan metode pengobatan yang alami untuk meredakannya. Jika sakit kepala terus terjadi atau muncul komplikasi lain, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *