Kebiasaan yang Bikin Susah Tidur dan Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia Bisa Mengganggu Kesehatan dan Mental

Istirahat menjadi salah satu kunci kesehatan tubuh kita. Setelah menjalani berbagai aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Saat kita tidur, hampir semua organ di dalam tubuh pun berhenti bekerja untuk sementara sebagai mekanisme pertahanan tubuh yang alami. Saat tidur, penyerapan sari makanan, proses penyembuhan, hingga regenerasi sel di dalam tubuh akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jadi tidak heran jika Anda kekurangan tidur maka ada kemungkinan mengalami gangguan kesehatan. Anda harus mengetahui beberapa penyebab insomnia dan cara mengatasinya agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan kesehatan pun tetap terjaga.

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Insomnia

Praktisi kesehatan setuju bahwa manusia membutuhkan waktu setidaknya 8 jam untuk tidur. Gangguan sulit tidur atau insomnia kerap menjadi momok yang membuat kita sulit mendapatkan waktu tidur ideal yang cukup. Dalam jangka panjang, bahaya penyakit insomnia bisa mengganggu kesehatan dan mental manusia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 kebiasaan bikin susah tidur malam hari!

  1. Konsumsi Kafein yang Berlebihan

Kafein merupakan zat yang bisa membuat adrenalin kita membuncah. Zat yang paling banyak ditemukan pada kopi ini sering menjadi masalah insomnia. Kebiasaan mengkonsumsi kopi juga bisa membuat lambung terasa melilit karena produksi asam lambung meningkat. Hal tersebut bisa berdampak pada seseorang sehingga mengalami susah tidur di malam hari. Jika Anda gemar mengkonsumsi kopi, sebaiknya meminum segelas kopi 6 jam sebelum waktu tidur.

  1. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Salah satu faktor yang sering menyebabkan insomnia adalah pola tidur yang tidak teratur. Aktivitas yang tidak menentu yang sering membuat Anda tetap terjaga di malam hari biasanya membuat Anda merasa ngantuk di siang hari. Alhasil, Anda pun tidur di siang hari terlalu lama sehingga tidak merasa kantuk di malam hari. Pola tidur yang tidak teratur seperti ini membuat gangguan sulit tidur semakin sulit untuk diatasi. Satu-satunya cara untuk mengatasi insomnia akibat pola tidur yang salah adalah dengan mengatur kembali pola tidur Anda.

  1. Gadget

Faktor terbaru yang menjadi penyebab insomnia di era modern seperti ini adalah penggunaan gadget yang berlebihan. Kebiasaan memantau sosial media menjelang tidur justru bisa membuat kita selalu terjaga dan sulit tidur akibat rasa penasaran dan aktivitas otak yang meningkat. Baik itu menonton video atau membaca artikel menjelang tidur menggunakan smartphone kerap membuat kita terlena sehingga tidur larut malam dan bangun terlalu siang.

  1. Stress dan Overthinking

Stress sebenarnya bukanlah sebuah kebiasaan. Tapi kita sering tidak sadar memikirkan sesuatu terlalu berlebihan di malam hari sehingga terus merasa cemas dan sulit tidur. Hentikan kebiasaan berpikir berlebihan di malam hari yang sering berujung pada stress. Gabungan dua hal tersebut tak hanya merusak pola tidur, tapi juga mengganggu mental dan kesehatan Anda.

  1. Kamar yang Berantakan

Kebiasaan ini biasanya dimiliki oleh remaja yang masih dalam masa puber. Secara tidak disadari, kondisi kamar yang berantakan bisa mempengaruhi psikis kita dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika kamar terlalu berantakan dan kotor, ada kecenderungan untuk tidak bisa tidur dengan nyaman akibat suasana yang tidak nyaman.

  1. Pengaruh Obat

Pada beberapa kasus insomnia, penderita yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa mengalami gangguan tidur di malam hari sebagai efek samping obat. Untuk masalah yang satu ini, Anda bisa berkomunikasi dengan dokter agar memberikan obat yang tidak mengganggu jam tidur normal.

Keenam kebiasaan tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan baik agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun jika Anda masih kesulitan dalam berjuang menghadapi insomnia, kami memiliki tips untuk mengatasi penyebab sulit tidur di malam hari. Penasaran?

Tips Mengatasi Insomnia

  • Kamar yang Nyaman

Cara pertama yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana tatanan kamar Anda. Ini sangat krusial karena kamar menjadi tempat kita beristirahat setiap hari. Jika kondisi kamar tidak kondusif, kotor, dan berantakan, maka Anda harus membuat kamar terasa senyaman mungkin. Perhatikan pula pencahayaan di kamar, usahakan jangan terlalu terang agar Anda bisa merasa nyaman di malam hari.

  • Atur Kebiasaan Baru

Langkah selanjutnya adalah membuat kebiasaan baru sehingga Anda bisa langsung tidur di malam hari. Anda bisa menetapkan target jam tidur, lalu mengurangi kebiasaan buruk seperti menggunakan smartphone sebelum tidur agar otak Anda tidak terlalu aktif di malam hari. Cobalah tetap tenang dan buat tubuh merasa rileks agar bisa tidur sesuai dengan target jam yang diinginkan.

  • Olahraga

Banyak penderita insomnia akut yang ternyata tidak memiliki waktu olahraga rutin. Olahraga merupakan cara paling murah untuk tetap sehat karena dengan olahraga metabolism tubuh tetap terjaga. Rasa lelah setelah olahraga juga bisa membuat Anda merasa lebih lelap saat tidur.

  • Gunakan Aroma Therapy

Aroma therapy sering digunakan oleh orang Eropa untuk membuat kamar memiliki bau yang khas. Aroma tertentu memang bisa merangsang sel-sel di dalam otak sehingga kita terhindar dari stress dan tubuh menjadi lebih rileks. Anda bisa menggunakan aroma therapy dengan bau yang disukai agar Anda bisa merasa nyaman di dalam kamar.

Terlepas dari apa yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari, hindari penggunaan obat tidur untuk mengatasi insomnia. Penggunaan obat tidur justru bisa membuat ketergantungan dan menimbulkan efek samping yang bisa mengganggu kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *