Kenali Gejala Alergi Makanan yang Sering Muncul

Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap sesuatu yang kita makan, alergi makanan ini cukup banyak menyerang. Diantaranya sebanyak 5% orang dewasa mengalami alergi makanan dan sedangkan untuk anak sebanyak 8%.

Alergi pada makanan menimbulkan gejala tertentu pada penderitanya, biasanya gejala ini muncul 2 jam setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Gejala yang muncul tersebut ada berbagai macam jenis, diantaranya sensasi kesemutan pada mulut, muntah, kram perut, gatal-gatal, kesulitan bernapas,  diare, penurunan tekanan darah hingga ruam kulit.

Beberapa Jenis Makanan yang Sering Menjadi Pemicu Alergi

  • kacang

Mungkin sebagian orang tidak asing dengan alergi yang disebabkan oleh makanan yang satu ini, orang yang memiliki alergi teradap kacang akan berekasi ketika mengkonsumsi kacang secara langsung ataupun makanan olahan yang mengandung kacang. Beberapa jenis kacang tersebut diantaranya adalah kacang tanah, kacang almond, kacang mete, kacang kenari, kacang pinus dan beberapa jenis kacang lainnya.Meksipun tidak semua jenis kacang dapat memicu alergi, sebaiknya seseorang yang alergi terhadap kacang disarankan untuk menghindari seluruh jenis kacang.

  • Gandum

Alergi gandum merupakan respon terhadap salah satu protein yang ditemukan dalam gamdum, alergi ini ditemukan pada anak-anak hingga usinya mencapai 10 tahun. Reaksi alergi dari gandum dapat berupa gatal, muntah, ruam, bengkak hingga anafilaksis atau reaksi yang cukup berat. Dengan demikian sebaiknya anda menghindari produk makanan, minuman atau konsmetik yang mengandung gandum untuk menghindari reaksi alergi tersebut.

  • Kedelai

Alergi ini disebabkan oleh protein yang terkandung pada kacang kedelai, gejala pada alergi kedelai dapat berupa gatal, pilek, ruam hinggga kesulitan untuk bernafas. Beberapa bayi yang memiliki alrgi terhadap susu sapi juga biasanya memiliki alergi terhadap susu kedelai, pemicu alergi kedelai ini juga  diakibatkan oleh produk kedelai lain, seperti susu hingga kecap. Untuk itu bagi anda yang memiliki alergi terhadap kedelai, pastikan memperhatikan komposisi dari produk makanan atau minuman yang ingin akan anda konsumsi.

  • Makanan Laut

Beberapa makanan laut yang dapat menyebabkan alergi diantaranya cumi, udang, dan lobster. Gejala alergi ini biasanya menyebabkan pemderita merasakan muntah, diare, gatal hinggal sakit perut.

Baca juga : Fakta Bahwa Kurang Tidur Ternyata Berbahaya

  • Telur

Alergi telur juga banyak dialami oleh anak-anak, namun alergi ini bisa menghilang ketika tumbuh dewasa. Gejala yang timbul akibat alegi telur diantaranya adalah gangguan pencernaan atau sakit perut, gatal, ruam, dan gangguan pernafasan.

  • Susu Sapi

Alergi susu sapi lebih banyak terjadi pada bayi atau anak, terutama pada mereka yang sudah pernah mengkonsumsi susu sapi sebelum usianya menginjak 6 bulan. Namu alergi ini bisa menghilang ketika anak sudah mulai tumbuh besar, serta alergi ini juga sangat jarang terjadi pada orang dewasa. Gejala yang timbul mirip dengan gejala alergi yang lain, dengan begitu anda sebaiknya menghindari beberapa makanan yang mengandung susu sapi, Susu bubuk, margarin, yogurt hingga es krim.

Untuk dapat mengetahui apakah anda mengalami alergi makanan, anda bisa melakukan tes alergi seperti tes darah atau tes tusuk kulit, cara terbaik untuk menghindari alergi yaitu dengan menghindari jenis makanan yang menyebabkan reaksi alergi. Reaksi alergi ringan biasanya tidak membutuhkan penanganan karena dapat hilang dengan sendirinya, namun jika reaksi yang timbul sudah berat, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *