Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wanita

Buah Naga Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama Buah Naga? Ya, buah berwarna merah darah dengan daging yang khas dengan rasa manis dan biji kecil berwarna hitam seperti wijen ini memang memiliki nama yang unik. Pada saat pertama kali buah ini masuk ke Indonesia pun, banyak yang menganggap bahwa buah ini terdengar menyeramkan karena identik dengan sosok Naga yang merupakan hewan kolosal terkenal. Alih-alih menyeramkan, buah naga justru memberikan banyak keuntungan bagi kita. Ada banyak manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kita rasakan dari buah yang satu ini.

Ada cerita menarik tentang asal usul nama buah yang satu ini. Jika kita menarik sejarah lebih jauh lagi, di abad ke 19 buah naga masuk ke Asia Tenggara melalui Vietnam dan hanya dikenal sebagai tanaman hias karena masih satu marga dengan jenis pohon kaktus yang tumbuh di tempat yang kering. Bahkan orang China menganggap buah naga bisa membawa berkah jika dikonsumsi karena warna merah dianggap selalu identik dengan kemenangan dan keberuntungan. Tidak heran jika mereka sering meletakkan buah naga di meja altar dan diapit oleh patung-patung naga yang memang menjadi kebanggaan orang China. Hal tersebut membuat tanaman kaktus ini memiliki julukan baru, buah naga.

Nilai Gizi Buah Naga

Di Indonesia sendiri, buah naga mulai dibudidayakan dan dikenal oleh masyarakat di awal tahun 2000an. Sejak saat itulah kita mulai familiar dengan buah naga dan sering mengkonsumsinya secara rutin. Hingga saat ini, buah naga sering ditemukan sebagai olahan makanan dan minuman. Bahkan Anda pun bisa mengkonsumsinya secara langsung saat buahnya sudah masak. Apalagi jika melihat nilai gizi buah naga, ada banyak kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Berikut rincian vitamin yang terkandung dalam buah naga.

Karbohidrat                        88%

Lemak                                 6%

Protein                                6%

Kalori                                   50 kkal*

Vitamin C                            9,4 mg

Serat                                    0,71 gr

Magnesium                        60,4 mg

Air                                        90%

*Berdasarkan AKG dari 2000 kalori

Melihat kandungan dalam buah naga yang berguna bagi tubuh kita, sudah semestinya kita menjadikan buah ini sebagai salah satu suplemen tambahan alami guna memenuhi vitamin dan gizi yang diperlukan.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Setelah melihat sejarah buah naga dan kandungan nilai gizinya, berikut daftar manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Makanan untuk Diet Alami

Buah naga dikenal sebagai salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Apalagi jika melihat komposisi gizi yang terkandung di dalamnya, buah naga memiliki karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak. Karbohidrat diperlukan tubuh untuk diubah menjadi tenaga sehingga Anda masih bisa tetap bertenaga tanpa perlu khawatir menumpuknya kadar lemak di dalam tubuh. Efek positif lainnya, Anda bisa menurunkan kolesterol secara efektif.

  1. Meredakan Radang Tenggorokan dan Sariawan

Vitamin C dikenal sebagai zat yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, Vitamin C juga diperlukan selama masa penyembuhan penyakit tertentu. Mengingat kandungan Vitamin C pada buah naga yang cukup banyak, Anda bisa mengkonsumsi buah ini saat sedang mengalami radang tenggorokan, sariawan, atau masalah penyakit lain yang diakibatkan kurangnya Vitamin C di dalam tubuh. Tekstur buah yang lembut juga membuat Anda tidak perlu bersusah payah untuk menelan.

  1. Menjaga Jantung tetap Sehat

Jantung menjadi organ tubuh yang paling penting. Buah naga sendiri memiliki kandungan phytochemical caption yang akan menjaga jantung tetap sehat dan kuat. Mengkonsumsi buah naga secara rutin bisa meminimalisir resiko terkena serangan jantung dan masalah jatung lain.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan zat besi, vitamin B, serta asam folat sangat baik untuk perkembangan janin. Tidak heran jika buah naga sangat disarankan bagi wanita hamil. Kandungan zat besi akan memastikan produksi hemoglobin tetap stabil. Sedangkan vitamin B dan folat bisa mencegah bayi lahir cacat.

  1. Meredakan Batuk dan Asma

Penderita asma dan mereka yang memiliki masalah dengan pernafasan dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga setiap hari. Buah naga dianggap sebagai obat herbal alami untuk meredakan batuk dan asma. Buah ini cocok sebagai pendamping pengobatan asma agar tidak sering kambuh.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

Tak hanya untuk kesehatan, Anda bisa menggunakan buah naga sebagai skin care alami untuk perawatan kulit wajah. Berikut manfaat buah naga untuk kulit cantik wanita Indonesia!

  1. Mencegah Penuaan Dini

Lulur buah naga bisa membantu meremajakan lapisan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin E pada buah naga bisa meminimalisir kerutan pada kulit wajah.

  1. Menghilangkan Jerawat

Vitamin C pada buah naga bermanfaat untuk kulit dalam memerangi bakteri dan penyakit. Jika Anda memiliki jerawat di area wajah, penggunaan masker buah naga akan membantu mengatasi masalah jerawat dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  1. Mencerahkan Kulit Alami

Tak perlu obat-obatan khusus untuk membuat kulit wajah Anda terlihat cerah alami. Masker buah naga sudah cukup menjaga kilau kulit Anda berkat kandungan vitamin B3.

  1. Menghilangkan Sunburn

Sering terpapar sinar matahari sehingga kulit menjadi belang dan seperti terbakar? Gunakan masker buah naga secara rutin untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari infeksi. Kandungan air pada buah naga juga membantu menjaga kelembapan kulit alami.

Kini Anda mengetahui berbagai khasiat buah naga untuk kesehatan dan menjaga kulit wajah. Yuk, mulai rutin mengkonsumsi buah naga agar tetap sehat dan cantik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *